Harga Lem HPL Berbagai Merk (Fox, Crona, Dll)


Harga Lem HPL Merk Fox, Crona, Dll – Kehadiran material HPL atau High Pressure Laminating sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari furnitur. Mungkin Anda sudah familiar dengan material ini namun tidak tahu namanya. Secara singkat HPL bisa diartikan sebagai lembaran pelapis mebel.

HPL adalah bahan atau material yang dibutuhkan pada pembuatan furnitur ataupun kebutuhan interior. HPL ini dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk finishing material. Bahan ini bisa dibuat dari resin, penolin, maupun craft paper.



Pada saat pemasangan kita tidak bisa menempelkannya begitu saja. Kita membutuhkan perekat khusus supaya HPL bisa menempel pada suatu bidang. Pada kesempatan ini mari kita bahas lebih lanjut seputar lem HPL, mulai dari harga hingga tips memilih lem HPL yang bagus.

Karakteristik Lem HPL

Lem HPL tidak sama seperti lem pada umumnya. Alasannya lem ini dibuat dengan memakai bahan-bahan kimia yang cukup kompleks. Dengan perpaduan sejumlah bahan kimia tersebut lem HPL bisa menghasilkan daya rekat yang bagus dan berkualitas.

Tidak hanya sebagai perekat, beberapa zat kimia yang terkandung di dalam lem HPL juga berfungsi sebagai pengawet dan mempercepat proses pengeringan lem. Hal ini dikarenakan lem HPL bukan merupakan jenis lem yang sering digunakan atau biasa disimpan dalam waktu yang lama. Maka dari itu diperlukan zat kimia yang membuat lem tidak mudah mengering atau berjamur, sehingga lem dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Lem HPL sebenarnya bisa digunakan untuk merekatkan beberapa jenis material. Seperti besi, kayu, ataupun triplek. Lem ini juga sering dijadikan sebagai bahan pelapis, sehingga material tidak mudah berkarat ataupun berjamur. Lem HPL juga bisa diaplikasikan ke permukaan plastik maupun craft paper sehingga tampak lebih mengkilap dan bertekstur.



Lem HPL mempunyai tekstur yang lebih kental dan padat jika dibandingkan dengan jenis lem lainnya. Tidak hanya itu, lem ini juga mempunyai aroma yang lebih tajam dan terkadang aroma ini masih ada walaupun lem sudah mengering. Dengan tekstur tersebut lem HPL dapat melekat dengan mudah di berbagai jenis permukaan.

Selain itu proses pengolesan juga lebih mudah karena lebih cepat merata. Alhasil tidak membutuhkan waktu yang lama. Pekerjaan pengeleman juga tidak membutuhkan tenaga ekstra.

Dalam proses pengolesan lem kita bisa menggunakan kuas. Akan tetapi tidak boleh sembarang kuas. Disarankan untuk memakai kuas putih dengan ujung tumpul dan tidak terlalu tebal. Kuas yang seperti ini lebih mudah digunakan untuk meratakan lem dan tidak membuat perekat berceceran ke bagian yang tidak diinginkan. Sebagai tambahan, kuas dengan ujung seperti itu juga biasa dipakai untuk mengecat dinding.

Selain itu kita juga bisa memakai sarung tangan khusus selama proses pengeleman. Disarankan memakai sarung tangan berbahan kain atau lateks. Tidak dianjurkan memakai sarung tangan plastik yang tipis karena rentan sobek dan licin di tangan.



Baca juga: Harga HPL Taco Berbagai Motif

Jenis Lem HPL