Harga Dan Ukuran Pipa PVC Maspion


Harga Pipa Paralon Maspion – Pipa air bisa jadi merupakan salah satu barang yang bisa di temui di hampir setiap rumah. Salah satu jenis material bangunan ini berfungsi menyalurkan air ke dalam rumah untuk mencuci pakaian, piring ataupun menyiram tanaman. Pipa paralon atau pvc juga biasa digunakan untuk talang hujan yang bertugas untuk mengarahkan air hujan dan mengalirkannya ke saluran air. Di toko material bangunan ada banyak jenis pipa air. Namun secara garis besar pipa dibagi menjadi dua, yakni pipa plastik dan pipa logam.

Untuk pipa plastik ada beberapa macam, yaitu Polivinil Klorida (PVC), klorin Polivinil diklorinasi (CPVC), pipa PEX dan PolyPipe. Sementara untuk pipa air logam ada pipa tembaga, pipa stainless steel dan pipa baja galvanis. Perlu diketahui, tidak semua jenis pipa bisa berguna atau efektif saat dipakai untuk tujuan tertentu. Sebab setiap jenis pipa memiliki fungsi yang berbeda-beda.



Pipa PVC merupakan jenis pipa plastik yang digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi. Pipa ini dirancang untuk menyalurkan air dingin. Bila digunakan untuk air panas bisa menyebabkan pipa air pecah. Umumnya pipa air PVC berwarna putih, namun juga bisa ditemui pipa PVC yang berwarna abu-abu. Sedangkan pipa CPVC biasa digunakan untuk air panas maupun air dingin. Pipa CPVC lebih fleksibel dengan dinding-dinding sebab memiliki ukuran yang lebih tipis dari pipa PVC. Kemudian pipa PEX juga biasa digunakan untuk air panas maupun dingin. Hanya saja kelebihan pipa PEX ini adalah daya tahan panas yang lebih tinggi dari berbagai jenis pipa lainnya.

Untuk pipa tembaga, yang paling umum digunakan adalah pipa logam. Pipa ini biasa digunakan di rumah-rumah. Hanya saja pipa air logam memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan pipa plastik. Meski begitu pipa ini memiliki kelebihan yang terletak pada daya tahan terhadap korosi yang tinggi dan bisa menahan suhu tinggi.

Proses Produksi Pipa PVC

Produksi pipa PVC bisa dilakukan dengan beberapa cara. Akan tetapi secara garis besar pipa ini dibuat dengan proses polimerisasi suspensi. Untuk diketahui, PVC pada dasarnya adalah polimer dengan bahan baku minyak bumi terendah di mana 57% massa jenisnya merupakan klor.

Proses polimerisasi suspensi dilakukan dengan cara mengintroduksi monomer vinil klorida dengan air dan bahan kimia tambahan. Proses ini dilakukan dalam wadah reaktor polimerisasi. Kandungan pada wadah tersebut dicampur terus-menerus untuk mempertahankan suspensi dan keseragaman ukuran pada cairan resin PVC yang tercipta lewat proses tersebut.



Setelah proses reaksi selesai cairan resin akan dipisahkan dari monomel vinil klorida dan air yang berlebihan untuk dijadikan sebagai bahan reaksi pada proses selanjutnya. Selanjutnya cairan PVC dikeringkan dengan bantuan udara panas sehingga nantinya menghasilkan butiran PVC.