Harga Gerobak Sorong / Dorong Murah


Harga Gerobak Dorong Murah – Untuk mempermudah kita dalam mengerjakan suatu proyek konstruksi, kita memerlukan alat bantu. Ada banyak sekali peralatan yang bisa dipakai untuk mempermudah proses pengerjaan pembangunan. Salah satunya adalah gerobak sorong.

Anda pastinya sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. Gerobak sorong atau juga biasa disebut gerobak dorong untuk konstruksi adalah sebuah alat yang dipakai untuk membawa material bangunan dalam jumlah banyak.

Membawa material dengan tangan kosong tidaklah efektif dan akan membuang banyak waktu. Selain itu akan semakin sulit jika material itu berupa butiran halus seperti pasir. Maka dari itu digunakan gerobak sorong untuk mempermudah proses pengangkutan bahan bangunan dari satu tempat ke tempat lain.

Gerobak dorong bisa dimanfaatkan untuk membawa berbagai material. Mulai dari pasir, semen, batu bata, batako, besi, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan bantuan alat ini kita bisa membawa material dalam jumlah besar dengan lebih mudah dan cepat.

Di pasaran merek gerobak dorong untuk bangunan cukup beragam. Sehingga Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu berapa harga alat ini?

Baca juga: Harga Tukang Bangunan Sistem Borongan

Daftar Harga Gerobak Dorong

Gerobak dorong yang tersedia di toko-toko bangunan memiliki harga yang bisa berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan merek yang tidak sama, hingga spesifikasi gerobak dorong itu sendiri.

Untuk diketahui, gerobak dorong memiliki bak yang kapasitasnya bisa berbeda-beda, sehingga mempengaruhi harga jualnya. Untuk lebih jelasnya simak daftar harga di bawah ini.

1 Artco Banana Green Rp. 575.000
2 Artco Jumbo Rp. 650.000
3 Artco Merah Rp. 525.000
4 Hercules 400 Super Rp. 425.000
5 Hercules 400 Platinum Rp. 525.000
6 Alpha terminator Rp. 475.000
7 Kingkong Wheelbarrow Rp. 400.000
8 Kiu Kiu Wheelbarrow Rp. 485.000
9 RIEKI Wheelbarrow Rp. 330.000
10 DAS GLUCK Singa Biru Rp. 500.000
11 DAS GLUCK Singa Mas Rp. 650.000
12 DAS GLUCK Singa ECO Rp. 600.000
13 DAS GLUCK Singa Ijo Rp. 500.000
14 Tristar US500 V3 Rp. 485.000
15 Tristar US500 V3 XL Rp. 500.000
16 Tristar US500 V4 Rp. 550.000
17 Polar Trailer 8376 Rp. 2.150.000
18 Gorilla Carts GOR6PS Rp. 1.950.000
19 Gorilla Carts GOR4PS Rp. 1.400.000
20 WORX Aerocart Rp. 1.200.000
21 Jackson Steel M6T22 Rp. 925.000
22 True Temper 6-Cubic Rp. 1.200.000

Kegunaan Gerobak Dorong

Di atas telah disinggung beberapa manfaat yang bisa diambil dari gerobak dorong. Berikut ini akan kami jelaskan lebih lengkap fungsi dari alat ini.

Untuk Pekerjaan Berkebun

Kita bisa mendapatkan gerobak dorong untuk taman. Walaupun sekilas tampak mirip, gerobak sorong ini memiliki sedikit perbedaan dari gerobak sorong untuk konstruksi. Alat ini diciptakan khusus untuk mengangkut beban yang relatif ringan.

Biasanya alat ini dipakai untuk mengangkut berbagai jenis sayur ataupun buah. Di samping itu gerobak sorong ini juga sering dimanfaatkan untuk membawa bibit atau pupuk.

Gerobak ini memiliki beberapa bagian, di antaranya bak, rangka logam, dan satu roda. Akan tetapi juga ada gerobak dorong taman yang memiliki beberapa roda. Karena dimensinya yang lebih kompak, gerobak ini tidak bisa membawa banyak barang. Biasanya bak pada gerobak ini memiliki volume maksimum 50-80 liter. Jauh lebih kecil dari gerobak sorong bangunan yang bisa mencapai dua kali lipatnya atau 140 liter.

Akan tetapi hal itu sekaligus membuatnya mudah untuk dipakai, baik pria maupun wanita. Serta bisa bermanuver dengan lebih baik.

Untuk Pekerjaan Konstruksi

Karena digunakan untuk pekerjaan konstruksi, maka gerobak ini memiliki daya angkut yang lebih besar. Gerobak sorong ini mempunyai kapasitas yang besar dan bisa menopang beban yang lebih berat. Hanya saja harganya pun lebih mahal dari gerobak sorong untuk taman.

Gerobak ini terdiri dari beberapa bagian. Seperti tempat untuk meletakkan material bangunan, roda, papan kaki, hingga dua pegangan dengan penutup karet atau plastik. Jumlah roda gerobak ini bisa hanya satu atau beberapa buah.

Gerobak ini bisa digunakan untuk membawa peralatan, kayu, beton, sisa material konstruksi, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Gerobak Sorong

Ketika hendak membeli gerobak sorong maka ada sejumlah pertimbangan yang perlu Anda pikirkan. Berikut penjelasan selengkapnya untuk memudahkan Anda menentukan gerobak dorong yang tepat sesuai kebutuhan.

Bentuk dan Ukuran

Gerobak dorong mempunya bentuk dan ukuran yang bisa berbeda-beda. Masing-masing mempunyai karakteristik yang tidak sama. Maka dari itu Anda perlu memperhatikannya dan memastikan bahwa gerobak dorong yang Anda pilih bisa dipakai dengan mudah di lokasi kerja tanpa halangan.

Material

Biasa cuaca menjadi salah satu musuh bagi alat konstruksi. Maka dari itu saat memilih gerobak sorong jangan lupa untuk memperhatikan materialnya. Pastikan bahwa gerobak yang ingin Anda beli dibuat dari material berkualitas dan tahan cuaca.

Daya Angkut

Kapasitas bak gerobak dorong juga perlu dicermati. Semakin besar daya angkutnya maka akan semakin besar pula dimensinya. Untuk itu pilih yang sesuai dengan kebutuhan, jangan terpaku memilih gerobak dorong yang memiliki daya angkut paling besar.

Terlebih jika gerobak dorong dipakai di ruang tertutup. Anda perlu memastikan dimensi lebarnya tidak melebihi lebar pintu atau area sempit lainnya. Biasanya gerobak dorong yang banyak dipilih memiliki kapasitas sekitar 70-130 kg. Akan tetapi ini bukan menjadi patokan, Anda bisa mencari gerobak dorong dengan daya angkut tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Jumlah Roda

Mungkin Anda lebih familiar dengan gerobak dorong satu roda. Padahal sebenarnya masih ada model-model lain yang mempunyai lebih dari satu roda. Gerobak dorong dengan satu roda mempunyai beberapa keunggulan, seperti kemampuan manuver yang lebih baik, bisa digunakan dengan mudah di medan tikungan atau belokan, serta lebih mudah untuk didapatkan.

Hanya saja kekurangan gerobak dorong ini adalah muatan yang akan terasa lebih berat saat didorong. Di samping itu gerobak dorong ini juga berpotensi sulit untuk digunakan di tanah yang berlumpur.

Sedangkan gerobak sorong dengan roda lebih dari satu akan dapat menopang beban yang lebih berat. Hanya saja gerobak semacam ini akan sedikit menyulitkan pekerja saat harus melewati jalanan yang menikung.

Ukuran Roda juga perlu dicermati. Semakin besar diameternya maka akan semakin fleksibel pergerakannya. Umumnya diameter roda gerobak sorong yang direkomendasikan adalah 35 cm sampai 45 cm.

Konstruksi Frame

Jika Anda perhatikan beberapa gerobak sorong dari beberapa merek mempunyai konstruksi frame yang berbeda. Karena mempunyai peran penting dalam hal kekuatan dan stabilitas, maka Anda tidak boleh melewatkannya. Anda perlu memastikan bahwa produk Anda yang pilih dibuat dengan frame dari pipa padat. Pastikan pula bahwa frame gerobak sorong tersebut terpasang kuat di seluruh bagian. Anda juga bisa mencermati bagaimana kondisi las dan ada atau tidaknya karat pada permukaan frame.

Pegangan

Untuk gerobak dorong satu roda Anda bisa memilih jenis dengan dua pegangan paralel. Sebab dengan bentuk seperti itu berat dapat didistribusikan secara merata, sehingga pekerjaan Anda akan lebih mudah.

Selain itu yang tidak kalah penting pegangan gerobak sorong harus nyaman, panjang, dan memiliki overlay dengan lapisan karet atau plastik.

Tips Roda Gerobak Sorong

Roda gerobak sorong bisa mengalami kerusakan seiring pemakaian. Terlebih jika sering dipakai untuk membawa muatan yang berat. Untuk itu Anda bisa mengganti ban luar dan ban dalam dengan ban Vespa. Biasanya merek-merek ban yang menawarkan produk ban Vespa mempunyai kualitas material yang bagus dan tahan lama.

Anda tinggal menyesuaikan ukurannya saja. Sedangkan untuk velg gerobak Anda bisa memperkuatnya dengan menambahkan potongan-potongan besi yang berfungsi sebagai penguat pada velg tersebut.


Loading...