Harga Dan Kualitas Kayu Kumea


Harga Dan Kualitas Kayu Kumea – Belakangan ini kayu kumea semakin banyak diminati ketimbang jenis kayu lainnya. Bahkan jenis kayu yang satu ini mulai diekspor ke berbagai negara seperti Korea, China hingga Eropa. Alasannya tak lain karena kayu kayu yang berasal dari pulau Sulawesi ini memiliki bobot yang terbilang sangat berat dengan tekstur cukup keras.

Kayu ini pada umumya digunakan sebagai material bahan bangunan. Kumea sendiri termasuk dalam kategori kayu yang kuat, keras, dan mempunyai corak yang sangat menarik sehingga sangat wajar sekali jika dijadikan sebagai pilihan utama.

Baca juga: Pengertian Kayu Laminasi Dan Penggunaannya

Baca juga: Kualitas Kayu Akasia Dan Harganya Di Pasaran

Mengenal Kayu Kumea

Kayu kumea atau Manilkara Merrilliana H.J.L merupakan pohon yang memiliki kayu dengan ciri khas warna coklat kemerahan. Jenis kayu bangunan ini memiliki warna yang tidak berbeda jauh dengan kayu merbau. Cara membedakannya juga terbilang sangat mudah, Anda bisa melihat warna gubal kayu yang memiliki warna coklat muda.

Gubal ini sendiri merupakan bagian dari kayu yang ada diantara kulit pohon dengan kayu teras. Umumnya gubal mempunyai warna yang jauh lebih terang dan menarik daripada kayu keras atau inti.  Pada bagian inilah nantinya kayu akan tetap terus tumbuh dan hidup.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kumea merupakan jenis kayu yang berasal dari provinsi Sulawesi Selatan. Kayu ini memang tidak begitu populer, namun mempunyai kualitas terbaik yang menjadi daya tarik sendiri. Kayu kumea termasuk dalam kelompok kayu kelas kuat level I dan II.

Level I membuatnya memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap serangan berbagai serangga, seperti rayap kayu kering, rayap tanah, dan juga bubuk kayu kering. Sedangkan untuk kelas level II membuatnya memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan jamur pelapuk.

Baca juga: Harga Dan Kualitas Kayu Nyatoh

Baca juga: Harga Kayu Jati Gelondongan Per Kubik

Kegunaan Kayu Kumea dalam Bangunan

Kayu jenis kumea bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan material bangunan dan furnitur. Penggunaan kayu kumea untuk bangunan bisa menciptakan kesan yang hangat dan mewah. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya untuk bangunan:

  1. Lantai Kayu Indoor

Kumea bisa dimanfaatkan sebagai salah satu material kayu yang sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Selain memiliki kualitas tinggi dan sangat awet, kayu ini memiliki warna yang indah dengan tektur mengkilap. Sehingga nantinya tidak membutuhkan banyak polesan untuk mempercantik tampilannya.

  1. Decking Kayu Outdoor