Harga Kayu Kalimantan Per Kubik Dan Batang


Harga Kayu Kalimantan Dan Jenisnya – Kayu merupakan salah satu harta terpenting bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, material yang satu ini tergolong fleksibel dan dapat diolah menjadi berbagai macam hal. Mulai dari peralatan makan dan minum, furnitur, kerajinan tangan, kusen, pintu, jendela, hingga pondasi pada rumah. Tentu saja beberapa yang kami sebutkan itu hanyalah segelintir saja manfaat kayu yang bisa kita dapatkan.

Kemudahannya untuk diolah menjadi berbagai jenis barang ini dikarenakan karakteristiknya. Di samping itu juga dikarenakan ada begitu banyak jenis kayu yang bisa kita jumpai di sekitar kita. Mulai dari kayu jati yang paling terkenal akan seratnya yang indah dan kuat, kayu meranti, kayu sengon, dan lain-lain.



Begitu banyaknya kayu yang dipasarkan di Indonesia dikarenakan kawasan Indonesia yang memang banyak ditumbuhi berbagai macam pohon dan tersebar hampir di semua wilayah. Akan tetapi dari beberapa pulau, Kalimantan menjadi salah satu penghasil kayu yang cukup diminati oleh masyarakat. Kayu Kalimantan terkenal berkualitas dan tahan lama.

Maka dari itu kayu Kalimantan sering dimanfaatkan untuk membuat mebel maupun konstruksi bangunan. Tidak hanya itu saja, kayu ini juga sering diekspor ke luar negeri. Beberapa jenis kayu yang berasal dari Kalimantan adalah kayu meranti, bengkirai, ulin, balau, kapur, keruing, dan merbau.

Dari beberapa jenis tersebut kayu meranti menjadi yang sering digunakan. Biasanya kayu ini dimanfaatkan untuk membuat daun pintu atau kusen. Alasannya karena bobotnya yang tergolong ringan. Di samping itu juga atau kayu balau merah yang dikenal tahan terhadap rayap maupun cuaca panas dan lembap.

Kayu bengkirai juga mempunyai kualitas yang tak kalah baik. Beberapa keunggulan dari kayu ini adalah kemudahannya untuk dipotong, diserut, diukir, dan lain-lain. Maka dari itu kayu ini kerap dipakai oleh tukang.



Seperti yang sudah disimak di atas, masing-masing kayu Kalimantan mempunyai karakteristik tersendiri. Sehingga kegunaannya pun juga berbeda-beda. Maka dari itu penting bagi kita untuk mempelajari ciri khas dari jenis-jenis kayu Kalimantan tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga: Harga Kayu Ulin Balok Dan Papan

Jenis Kayu Kalimantan

Supaya kenal lebih dekat dengan beberapa jenis kayu dari Kalimantan berikut kita bahas bersama ciri khas dan juga kegunaannya.

Kayu Meranti

Kayu meranti sebenarnya dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam, seperti meranti merah, putih, dan kuning. Ciri-ciri kayu ini adalah warnanya yang cukup bervariasi. Di samping itu bagian gubalnya terlihat lebih muda atau bahkan cenderung putih.