Harga Dempul Besi Ukuran Kaleng Kecil Dan Besar

Harga Dempul Besi Kaleng Kecil Dan Besar – Dalam dunia pertukangan atau otomotif ada sebuah istilah dempul. Jika mencarinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dempul adalah bahan penutup lubang pada kayu dan sebagainya, dibuat dari kapur dan minyak cat.

Bagi orang awam tentu sedikit sulit untuk mendapat gambaran tentang dempul hanya dari penjelasan singkat tersebut. Untuk itu kami jabarkan lebih jauh seputar dempul. Terutama dempul besi yang banyak dicari oleh masyarakat.

Apa itu Dempul

Dempul adalah sebuah media yang dipakai untuk mengisi pori-pori suatu material yang berlubang. Dempul juga biasa dipakai untuk meratakan suatu bagian pada sebuah material sebelum dilakukan proses finishing atau pengecatan. Biasanya dempul dibuat dari campuran belerang, tepung cat, dan boraks. Umumnya dempul mempunyai karakteristik lentur, namun mempunyai daya yang kuat.

Dempul ini bisa digunakan untuk berbagai jenis material. Mulai dari kayu, plastik, besi, bahkan juga bisa dipakai untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak atau penyok.

Kita bisa membeli dempul yang dibuat oleh pabrikan dengan mudah di toko-toko terdekat. Di samping itu dempul yang dijual di pasaran juga mempunyai beberapa warna, serta mempunyai tingkat keawetan yang berbeda-beda. Umumnya dempul juga dijual bersama dengan primer yang dipakai untuk pengeras dempul.

Merek dempul yang beredar saat ini tergolong banyak. Maka dari itu penting bagi kita untuk mencermati produk yang akan dipilih. Termasuk mencermati kode kedaluwarsa.

Baca juga: Jenis Dan Dempul Mobil Yang Bagus

Fungsi Dempul

Dempul mempunyai beberapa kegunaan. Sebelum Anda membelinya Anda perlu mengetahui apa saja kegunaan dari dempul. Sehingga Anda tidak sampai salah beli nantinya. Berikut kami jelaskan beberapa kegunaan dari dempul.

Menutup Lubang

Pada material kayu mungkin Anda pasti sering menjumpai permukaan yang tidak rata. Bahkan ada pula bagian yang berlubang sehingga tidak memungkinkan untuk diamplas. Atau pada tembok yang juga tidak rata atau berlubang di salah satu bagian.

Kita perlu meratakan bagian tersebut terlebih dahulu agar hasil pengecatan nantinya lebih maksimal. Untuk itu kita membutuhkan bahan yang dapat dipakai untuk menambal atau meratakan bagian tersebut. Itulah mengapa banyak orang yang menggunakan dempul atau putty. Bahan ini bisa kita manfaatkan untuk menutup lubang-lubang sehingga permukaan benda tersebut menjadi rata dan kita bisa melakukan pengecatan dengan sempurna.

Mengatasi Cacat Warna

Anda mungkin juga pernah menjumpai permukaan suatu material mengalami cacat warna. Permasalahan ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti adanya jamur noda pada material berbahan kayu. Hal ini tentu saja menyebabkan warna terlihat tidak senada apabila Anda memaksakan untuk mengecatnya.

Kita harus mengatasi permasalahan noda jamur terlebih dahulu. Caranya dengan memakai plamir. Dengan begitu permukaan media nantinya akan tampak senada setelah dicat.

Menutupi Warna Asli

Apabila Anda berencana menerapkan warna-warna yang mencolok seperti merah atau biru, Anda tidak bisa langsung mengaplikasikan cat tersebut ke permukaan bidang yang ingin dicat. Anda harus melapisinya dengan lapisan dasar untuk menutupi warna asli material yang akan dicat, seperti tembok atau kayu.

Dengan demikian warna cat yang Anda aplikasikan nantinya tidak terganggu oleh warna asli material tersebut. Untuk hal ini kita bisa memanfaatkan dempul. Tidak hanya untuk menutupi lubang yang ada pada permukaan saja, dempul juga bisa dipakai untuk menutupi warna asli tembok maupun kayu.

Bisa untuk Finishing Warna Solid

Dempul dapat juga digunakan untuk finishing warna solid, khususnya pada permukaan media yang memiliki warna yang cukup kuat. Dengan adanya bahan tersebut kita tinggal memakai staining atau warna yang diinginkan saja.

Daftar Harga Dempul Besi

Setelah mengetahui apa saja fungsi dempul maka Anda sudah pasti tahu apakah produk ini memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Jika iya, maka Anda perlu mencari informasi mengenai harga dempul besi di pasaran. Sehingga Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang perlu dikeluarkan.

Harga dempul maupun dempul untuk besi bisa dibilang cukup variatif. Masing-masing toko biasanya menjual dengan banderol harga yang berbeda. Selain itu di beberapa daerah ada yang menjual dempul dengan harga yang sedikit lebih mahal dibanding daerah-daerah lainnya. Tidak hanya itu, merek dempul yang bisa kita jumpai juga beragam. Sebagai referensi silakan Anda simak harga dempul besi di bawah ini.

Nama Produk Harga
ALFAGLOSS 250gram Rp18.000
Autoglow 1 Kg Rp60.000
AUTOLUX 66 PE Putty 4 KG Rp115.000
AUTOLUX 66 PE Putty BESAR / Plastik Besi Fiber Rp25.000
Dempul Alfaglos Max 2.900g Rp77.000
Dempul Army Rp75.000
Dempul Bodytech Rp97.000
Dempul Dynatop 1 kg Rp34.000
Dempul Plastik Power Lux 4 kg Rp120.000
Dempul San Polac 1 kg Rp45.000
ISAMU Lacquer putty 1 Kg Rp55.000
Isamu Polico Putty Rp21.000
ROSPOLAC DEMPUL PLASTIK & BESI Rp84.300
San Polac Dempul Besi dan Plastik Rp39.000
Sanpolac Dempul Kayu Besi Mobil Motor 250Gr Kecil Rp18.000

Harga Produk Dengan Gambar

NAMA HARGA GAMBAR
DEMPUL ISAMU 250 GRAM / DEMPUL BESI DEMPUL MOBIL RP20.000
DEMPUL SANPOLAC 1 KG / DEMPUL MOBIL DEMPUL BESI + HARDENER RP37.000
SANPOLAC DEMPUL BESI 250 GRAM POLYMER PLASTIC PLASTIK SAN POLAC DUCO RP18.000
DEMPUL BESI ISAMU 1 KG / DEMPUL MOBIL RP53.500
DEMPUL BESI / KAYU / PLASTIK MERK ALFAGLOSS 250GRAM RP17.000
DEMPUL AUTOLUX 66 PE PUTTY 1 KG / DEMPUL MOBIL RP38.500
DEMPUL BESI DAN PLASTIK HALUS LABA LABA ISI HIJAU 1KG RP35.000
DEMPUL ALFAGLOS 1 KG / DEMPUL BESI /DEMPUL KAYU RP36.500
DEMPUL BESI / KAYU / PLASTIK MERK ALFAGLOSS 3KG RP108.000
DEMPUL ISAMU POLICO PUTTY 1/4 KG DEMPUL PLASTIK BESI KAYU FIBER MOBIL RP22.000
DEMPUL AUTOGLOW 1 KG MOBIL/MOTOR/BESI/KAYU RP65.000
DEMPUL CLASSY 1 KG KILO PLASTIK MOBIL MOTOR BESI KAYU HARDENER RP33.312
DEMPUL AUTOLUX 66 PE PUTTY 4 KG / DEMPUL MOBIL RP125.000

Pilihan Produk Dempul Besi

Apabila Anda masih belum memiliki gambaran ingin pilih yang mana, berikut ada beberapa pilihan produk dempul besi yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan. Langsung saja berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Isamu: dempul ini mempunyai tekstur yang lebih lembut dan lunak. Kelebihannya dapat dipakai langsung meskipun tidak memakai resin. Isamu juga cocok dipakai untuk finishing.
  2. Sanpolac: merupakan salah satu produk dempul yang paling banyak dijual di pasaran. Sanpolac atau juga sering disebut dempul plastic ini bisa dipakai untuk mengisi atau membentuk. Penggunaannya dicampur dengan hardener atau resin. Produk ini juga cocok dipakai finishing, dengan tekstur keras dan cepat mengering.;
  3. Autolux 66 PE Putty: dempul besi dengan base  resin polyester bisa langsung diaplikasikan di atas permukaan logam. Produk ini juga biasa dipakai untuk dempul bodi kendaraan.
  4. Nax PE Putty: dempul dua komponen ini bisa dipakai secara langsung di atas permukaan logam dengan mudah. Tidak hanya mempunyai permukaan halus dan mudah untuk diamplas, dempul ini juga mempunyai daya rekat yang terbilang baik.
  5. Alfagloss: dempul ini terdiri dari base dan hardener dan bisa dipakai untuk mendempul besi maupun kayu. Penggunaan Alfagloss sangat mudah dan dapat dipakai untuk dasar pengecatan berbagai macam jenis cat. Dempul ini juga mempunyai daya rekat yang baik, cepat kering, mudah diamplas, serta bisa menutupi lubang-lubang kecil.
  6. Impra Wood Filler: jika mencari dempul untuk kayu, maka ini salah satu produk yang bisa Anda pilih. Dempul buatan Propan ini bisa dipakai untuk mengisi pori-pori kayu sehingga permukaannya menjadi halus dan rata. Ada empat varian yang bisa dipilih dengan banderol harga mulai Rp 35 ribu.
  7. BioColours Wood Putty & Filler: selain Impra juga ada BioColours yang menjadi salah satu dempul kayu berkualitas. Dempul ini dibuat dari akrilik waterbased dan dapat meratakan permukaan kayu, serta memperbaiki cacat lubang. Anda bisa memakai dempul ini untuk menyeragamkan warna kayu juga. Di pasaran harga dempul kayu ini sekitar Rp 26 ribu.

Baca juga: Harga Cat Duco Per Kaleng

Kekurangan Dempul Bodi Mobil

Bodi mobil yang terbuat dari pelat dan mengalami keretakan atau berlubang bisa diatasi dengan dempul. Akan tetapi jadikan opsi ini menjadi pilihan terakhir. Sebab kualitas bodi yang memakai dempul juga menjadi berbeda. Jika pengerjaannya kurang bagus warna pada bodi juga akan terlihat belang.

Kekurangan lain yang perlu Anda ketahui adalah adanya risiko keretakan jika banyak memakai dempul sebelum mengecat ataupun komposisi bahan dempul yang tidak tepat. Adanya dempulan pada bodi mobil juga bisa mempengaruhi harga jual mobil tersebut saat dijual kembali nantinya. Sebab bagaimanapun juga material dempul dengan pelat yang menjadi bahan dasar bodi mobil adalah berbeda. Dan hal ini bisa dibedakan dari suaranya saat diketuk.