Harga Triplek Berbagai Ukuran


Harga Tiplek Multiplek Terbaru – Triplek menjadi salah satu bahan bangunan yang sangat penting dalam proses setiap pembangunan gedung atau rumah. Triplek atau bahasa kerennya plywood merupakan lembaran kayu yang sangat tipis dan biasanya saat pembuatannya diperlukan mesin khusus dengan ukuran tertentu. Di pasaran ada banyak sekali jenis triplek yang beredar di Indonesia mulai dari  ukuran tebal triplek hanya 4 mm sampai 12 atau bahkan lebih. Sedangkan beberapa model triplek yang sering kita jumpai diantaranya triplek teakwood, triplek aluminium, sengon dan masih banyak lagi.

Harga triplek terbaru juga bervariasi tergantung ketebalan dan juga bahan yang digunakan. Misalnya saja triplek Soft Wood yang memiliki ciri khas lebih lunak dan biasanya berbahan dasar dari kayu albasia dimana banyak dijumpai di daerah Jawa Barat. Triplek dengan kayu ini juga lebih lembut dibandingkan dengan triplek yang terbuat dari bahan angsana atau sengon. Sedangkan untuk harga triplek sesuai ketebalan dari triplek itu sendiri ada yang dijual mulai Rp 52 ribu dan ada pula harganya yang mencapai ratusan ribu.

Selain triplek Soft Wood ada juga jenis Triplek Hard Wood yang tentunya memiliki ciri khas permukaan lebih kasar. Triplek jenis ini banyak dijumpai pada pada pembuatan furnitur seperti meja, kursi dan lemari, sedangkan kayunya berasal dari pohon yang keras seperti meranti. untuk harganya sendiri tergantung dari ketebalannya mulai Rp 43 ribu untuk ukuran 33 mm sampai Rp 225 ribu yang memiliki ketebalan hingga 18 mm.

Berbagai Jenis Triplek Bangunan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa banyak sekali jenis triplek yang tersedia di pasaran. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai beberapa jenis tersebut:

  1. Melaminto

Triplek Melaminto

Melaminto atau yang biasa disebut dengan decorative plywood merupakan salah satu jenis kayu lapis yang sering dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan papan kayu. Bagian permukaannya sudah dilapisi dengan melanin dan polyester sehingga memiliki teksture yang lebih licin dan mulus. Karena bagian permukaannya licin dan mulus maka triplek ini sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar kitchen set seperti tatakan pisau.

  1. Medium Density Fiberboard (MDF)

Triplek Medium Density Fiberboard (MDF)

Triplek ini merupakan hasil campuran antara serat kayu yang lunak dan keras yang kemudian ditampilkan langsung dengan menggunakan lem atau lilin. Memiliki pori-pori yang lebih rapat jika dibandingkan dengan particle board sehingga bagian permukaannya akan lebih rata dan kualitasnya juga lebih baik. Jenis triplek ini banyak dimanfatkan sebagai material pokok furniture rumah seperti alas meja.

  1. Teakblock

Triplek Teakblock

Teakblock adalah material triplek yang terbuat dari lembaran papan kayu jati yang kemudian ditumpuk menjadi satu. Triplek ini memiliki harga yang sangat tinggi dan biasa digunakan sebagai material pelapis papan kayu. Harganya yang mahal sesuai dengan kualitas yang dimilikinya. Triplek ini memiliki kekuatan yang sangat bagus dan motifnya sangat beragam.