Harga Ukuran Besi Beton Polos Dan Ulir


Daftar Harga Besi Beton – Di kota-kota besar kita dapat menjumpai dengan mudah bangunan-bangunan tinggi yang menjulang tinggi. Namun perlu diketahui bahwa bangunan-bangunan tersebut membutuhkan material besi beton. Material ini merupakan besi yang dipakai untuk penulangan konstruksi beton ata yang dikenal sebagai beton bertulang. Dalam membangun gedung, besi beton dibungkus dengan beton cor hingga menjadi sebuah balok, kolom, plat beton dan menjadi satu kesatuan yang dapat menahan beban.

Di Indonesia, besi beton sering digunakan dalam pembangunan gedung. Alasannya adalah material ini lebih mudah didapat, sehingga dinilai lebih ekonomis dibanding konstruksi lainnya. Besi beton juga bisa dikatakan sebagai salah satu bahan konstruksi yang paling penting.



Sebab besi beton digunakan dalam berbagai bentuk untuk hampir semua struktur baik besar ataupun kecil. Besi beton mempunyai banyak kelebihan, seperti memiliki kuat tekan yang lebih tinggi dibanding kebanyakan bahan lain, sangat kokoh, tidak membutuhkan biaya pemeliharaan yang tinggi, mempunyai usia layan yang panjang, dan lain sebagainya.

harga-besi-beton

Baca juga: Cara Menghitung Berat Jenis Besi Beton

Besi Beton SNI

Besi beton merupakan rangka yang dapat digunakan untuk memperkuat struktur beton dalam sebuah konstruksi atau bangunan. Untuk besi betn SNI dapat diartikan bahwa besi beton tersebut telah mengikuti aturan produksi yang sesuai dengan standarisari dari pemerintah Indonesia, sehingga besi beton ini lebih aman untuk digunakan.

Besi beton yang memiliki atau memenuhi SNI ini apabila memiliki toleransi sesuai peraturan yang berlaku maka akan sama seperti ukuran seng talang. Saat proses produksi dari besi beton ini juga wajib memperhatikan dan menyesuaikan standar yang mengacu pada setiap variabel di tabel besi beton SNI yang akan dijelaskan pada pembahasann selanjutnya.

Baca juga: Harga Besi Kolom Yang Sudah Jadi (Kolom Praktis)

Jenis dan Varian Besi Beton

Besi beton terdiri dari dua jenis, yakni besi beton polos dan ulir. Untuk jenis polos seluruh permukaan besi beton bertekstur polos. Sementara untuk besi beton ulir seluruh permukaan besinya berstruktur. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa jenis serta varian dari besi beton tersebut yaitu:



Besi Beton Polos

Sama dengan namanyan yaitu polos, maka dapat diartikan bahwa permukaan besi beton ini tidak terdapat motof tertentu. Ciri penampang yang berbentuk bundar memanjang dengan permukaan mulus. Jenis ini pada umumnya di Indonesia cukup banyak yang menggemari, hal tersebut disebabkan karena besi beton jenis ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan besi beton ulir.

Dan untuk mendapatkan besi polos ini cukup mudah karena setiap toko bangungan pasti menjualnya. Berbeda dengan besi beton ulir, yang tidak semua toko bangunan menyediakannya. Untuk besi jenis ini memiliki sifat yang lentur dan mudah untuk dibentuk serta memiliki daya tahan tekan minimal 240Mpa. Jenis ini pada umumnya diaplikasikan untuk mengikat batang besi beton ulir. Besi beton polos memiliki

Besi Beton Ulir