Perbedaan Cat Kayu Air dan Cat Kayu Thinner

Candra Irawan

Perbedaan Cat Kayu Air dan Cat Kayu Thinner โ€“ Pada umumnya cat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis beberapa jenis berdasarkan pada jenis resin binder yang digunakan, jenis pelarutnya, atau bahkan berdasarkan jenis filler yang digunakan. untuk cat kayu sendiri terdapat dua jenis cat kayu yang dapat digunakan sehari โ€“ hari.

Adanya perbedaan tipe atau jenis cat kayu solvent base dengan water based yang cocok untuk digunakan sesuai dengan proyek sangat penting untuk menyelesaikan sebuah proyek dan mendapat hasil yang sempurna. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan dari cat kayu solvent based dengan cat kayu water based tersebut.

 

perbedaan anatara kedua cat tersebut dapat dilihat dari bahan campurannya atau dapat juga dilihat dari bahan dasar pembuatan cat kayu tersebut, atau beberapa faktor lainnya. Untuk lebih lanjutnya akan dibahas perbedaan antara kedua cat kayu seperti pembahasan dibawah ini.

Perbedaan Cat Kayu Air dan Thinner

Bisanya cat kayu yang sering digunakan adalah cat kayu Solvent Based dan cat kayu Water Based. Dimana cat kayu solvent ini menggunakan bahan organk yang dikenal dengan VOC (Colatile Organik Compound) dan juga merupakan cat yang mengandung bahan mineral seperti formalin, merkuri dan timbal.

Dimana VOC tersebut merupakan bahan organik yang dapat menguap dan membuat cat mengeras. Dimana bahan tersebut menguap dan melepaskan gas yang mengandung bahan organik keudara. Bahan organik tersebut terbuat dari pertikimia dan tanaman yang nantinya akan menimbulkan gas di atmosfer ketika menguap sehingga dapat mengeluarkan bau yang sangat kuat yaitu bau cat yang kita ketahui selama ini.

Berbanding terbalik dengan cat kayu solvent tersebut, untuk cat kayu campuran air ini sebagian besar terbuat dari air. Untuk cat tipe ini akan mengeluarkan VOC dalam jumlah yang rendah keudara. Efek yang diberikan dari udara tersebut membuat cat ini lebih cocok digunakan demi keamanan dan kesehatan lingkungan serta manusia.

 

Perbedaan Aplikasi dan Cara Membersihkan Kedua Cat Tersebut

Berikut ini adalah beberapa perbedaan aplikasi cat kayu campuran air dengan cat solvent based berdasarkan dari cara aplikasinya yaitu:

Bagikan:

Tags