Hal Penting Seputar Safety Scaffolding

Candra Irawan

Hal Penting Seputar Safety Scaffolding – Scaffolding ini merupakan work platform sementara dimana pengertiannya yaitu suatu konstruksi penyokong sementara seperti disebutkan sebelumnya, konstruksi ini dapat digunakan pada suatu pekerjaan diketinggian untuk mendukung peralatan, pekerja serta material lainnya selama sedang melakukan pengerjaan suatu konstruksi tersebut. Pada kenyataannya scaffolding ini sering dikhususkan pada platform atau penyokong sementara yang terbuat dari pipa besi.

Dalam dunia industri konstruksi ini, pemasangan dan penggunaan scaffolding haruslah sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja atau sering dikenal dengan istilah K3. Diketahui bahwa setiap tahunnya banyak pekerja bidang konstruksi yang terluka bahkan tewas yang dikarenakan terjadi kecelakaan scaffolding.

 

Terdapat berbagai penyebab mulai dari kesalahan pekerja sendiri atau bisa juga karena scaffolding tersebu tidak terbuat dengan benar yang dapat mengakibatkan ambur dan membuat jatuh korban. Oleh karena itu beberapa pekerja scaffolding ini harus mengetahui beberapa hal penting seputar safety (kemanan) scaffolding tersebut. Dalam artikel kali ini akan membahas hal – hal tersebut yang selanjutnya akan dijelaskan dibawah ini.

Hal Penting Seputar Safety Scaffolding

Dengan melihat beberapa jenis kecelakaan kerja yang sering terjadi disebabkan scaffolding ini, maka para pekerja yang bekerja di scaffolding harus memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam safety scaffolding. Dimana pekerja scaffolding harus mampu mengidentifikasi dan mengenali semua potensi bahaya dan juga mengetahui langkah – langkah apa yang perlu diambil bila terjadi bahaya. Berikut ini adalah hal yang perlu diketahui mengenai safety scaffolding yaitu:

– Bahaya yang mungkin timbul saat berada di scaffolding, seperti bahaya bekerja di ketinggian, bahaya dari kabel listrik, dan bahaya dari benda atau peralatan lainnya

Bagikan:

Tags