Perbedaan Mesin Router Dan Trimmer Profil Kayu


Perbedaan Mesin Router Dan Trimmer Profil Kayu – Router dan trimmer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah kayu. Kedua jenis alat ini memiliki perbedaan masing-masing. Namun tak jarang masih ada beberapa orang yang sulit untuk membedakan keduanya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan antara mesin router dan trimmer profil kayu. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Harga Mesin Profil Kayu Berbagai Merk

Perbedaan Mesin Router dan Trimmer

Mesin Router

Mesin router memiliki fungsi utama untuk membuat berbagai macam profil, sponing kusen pintu dan jendela, alur dan bisa digunakan untuk meratakan bagian pinggiran kayu. Bahkan mesin router tangan juga bisa digunakan untuk meratakan pelapis sintetik dan membuat alur kayu.

Bentuk mesin ini tidak berbeda jauh dengan bor vertical. Jika bor vertical menggunakan mata bor dalam bentuk besi yang meruncing, maka mesin router mempunyai kapala pisau dengan bentuk dan desain bervariasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kerja. Perputaran pisau router jauh lebih lebih cepat jika dibandingkan dengan bor vertical, sehingga mesin ini mempunyai daya ukir yang sangat tajam.

Mesin router juga memiliki bentuk yang bervariasi, penggunaannya ada yang dengan cara dipegang (handhled) dan ada juga yang bentuk menyerupai meja. Proses produksinya ada yang langsung dari pabrik dan ada juga yang dibuat sendiri dari bahan kayu. Mesin router yang dibuat sendiri ini biasa disebut sebagai mesin router kayu.

Baca juga: Harga Lis Profil Kayu Dan Skirting Kayu

Cara Menggunakan Mesin Router

  1. Siapkan dulu kayu yang ingin dikerjakan dan pastikan bahwa kondisinya sesuai standar pengerjaan.
  2. Lalu posisikan kayu tersebut agar stabil dan jika perlu Anda bisa menggunakan alat klem.
  3. Pasang pisau baja router di bagian poros mesin. Penggunaan jenis pisau disesuaikan dengan fungsi yang ingin diperoleh.
  4. Selanjutnya pasang pengantar paralel pada mesin kemudian kencangkan baut penjepitnya.
  5. Buka poros pengunci untuk menyetting kedalaman pisau. Caranya adalah dengan naik turunkan alas, dan jika sudah pas maka bisa dikencangkan lagi.
  6. Penyetan ini bisa diuji coba pada kayu yang sudah tidak terpakai. Jika dirasa kurang baik maka pengaturan bisa diulangi.
  7. Siapkan mesin, biarkan pisau berputar selama beberapa saat sampai stabil.
  8. Gunakan mesin sesuai tujuan.
  9. Jika proses pengerjaan sudah selesai, angkat ke atas dari kayu lalu matikan dan tunggu sampai pisaunya berhenti berputar.

Jenis-Jenis Mesin Router Berdasarkan Dayanya

  • Mesin Router Daya 0,5 HP

Router dengan daya ini biasa digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan dan kecil.

  • Mesin Router Daya 0,75 HP

Mesin router ini termasuk ke dalam mesin router sedang yang biasa digunakan untuk kegiatan industri kecil.

  • Mesin Router Daya 1 HP

Mesin router menengah ini biasa digunakan untuk industri menengah

  • Mesin Router daya 1,5 HP

Mesin router 1,5 HP ini merupakan mesin router besar yang mampu digunakan di industri kayu secara terus menerus dan banyak sekaligus.

Baca juga: Jenis Mata Profil Kayu Dan Router Kayu Lengkap

Mesin Trimmer