Harga Mesin Dan Perhitungan Jasa Laser Cutting Per Cm


Harga Mesin Dan Perhitungan Jasa Laser Cutting Per Cm – Teknologi laser cutting sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan juga banyak digunakan dalam berbagai bidang industri seperti industri kerajinan hingga konstruksi dan manufaktur.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, karena memang penggunaan mesin laser cutting menawarkan lebih banyak keuntungan dibandingkan mesin konvesional. Maka dari itu, berikut ini kami akan menjelaskan mengenai jenis-jenis, harga, dan perhitungan jasa laser cutting secara lengkap.

Baca juga: Perbedaan Plasma Cutting Dan Laser Cutting

Baca juga: Harga Mesin CNC Plasma Cutting

Jenis-Jenis Mesin Laser Cutting

  1. Laser Cutting CO2

Laser Cutting CO2 merupakan salah satu jenis mesin laser cutting yang biasa digunakan untuk memotong dan mengafir. Jenis mesin yang satu ini tersedia dalam dua opsi pilihan, yaitu untuk memotong material berbahan logam dan non-logam. Adapun beberapa contoh bahan non-logam adalah akrilik, kulit sintetis, dan mdf.

Mesin ini bisa digunakan memotong bahan yang memiliki ketebalan bervariasi sesuai dengan power mesinnya. Laser cutting CO2 memiliki power yang cukup tinggi yaitu mulai dari 60 Watt sampai dengan 260 Watt. Selain itu bidang kerjanya juga bervariasi, yaitu 40 x 60 cm, 130 x 90 dan ukuran 130 x 250 cm.

  1. Laser Cutting YAG

Laser cutting YAG atau yang biasa disebut dengan laser kristal merupakan jenis laser cutting yang termasuk dalam golongan laser solid state. Laser ini memiliki beberapa komponen penting seperti YAG (Neodymium-Doped Yttrium Alumunium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Ortho-Vanadate).

Selain itu, mesin ini juga memiliki komponen dioda yang termasuk dalam bagian yang mempunyai masa habis pemakaian (consumable parts). Masa pemakaian komponen adalah sekitar 8.000 sampai dengan 15.000 jam operasional. Inilah yang membuat mesin YAG laser sebagai mesin di kelas menengah.

Penggunaan mesin ini akan memberikan hasil yang lebih halus dengan tingkat ketajaman yang tinggi. Hal ini karena panjang gelombangnya mencapai 1,604 mikrometer. Mesin ini biasa digunakan dalam pembuatan produk yang terbuat dari bahan logam dan plastik.

Baca juga: Harga Kedok Las Otomatis Dan Biasa Berbagai Merk

  1. Fiber Laser

Fiber laser di pasaran dijual dengan harga yang paling mahal dibandingkan jenis lainnya. Hal ini didukung karena adanya daya dioda pompa dan sudah didesain secara khusus. Panjang gelombang mesin ini sama dengan YAG laser. Namun mempunyai intensitas cahaya matahari laser fiber 100 kali lebih halus jika dibandingkan laser CO2. Umur mesin ini juga terbilang cukup lama, yaitu 100.000 jam pengoperasian.