Harga Dan Ukuran Engsel Sendok (Huben, Taco, Dll)


Harga Dan Ukuran Engsel Sendok (Huben, Taco, Dll) – Sebuah furnitur biasanya terdiri dari beberapa bagian. Misalnya pada lemari atau furnitur lipat lainnya ada komponen kecil yang dinamakan engsel. Engsel adalah suatu alat yang dipakai untuk memasang furnitur mempunyai sistem bukaan. Contohnya adalah lemari, pintu, atau jendela. Adanya engsel membuat furnitur atau benda lainnya bisa dibuka dan ditutup dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Ada cukup banyak jenis engsel yang bisa kita gunakan. Salah satu yang cukup populer adalah engsel sendok. Mari kita bahas lebih jauh seputar engsel yang satu ini.



Sekilas Tentang Engsel Sendok

Sesuai dengan namanya, jika diamati engsel ini memiliki bentuk layaknya sebuah sendok. Engsel ini sering digunakan pada furnitur atau elemen interior bergaya minimalis. Salah satu kelebihan engsel ini adalah kemudahannya untuk diatur posisinya. Kita bisa mengaturnya naik-turun ataupun maju-mundur.

Pemakaian engsel sendok juga membuat tampilan furnitur atau peralatan lainnya lebih rapi. Sebab engsel tidak terlihat dari luar. Selain itu juga ada engsel sendok yang mempunyai kemampuan slow motion. Artinya saat ditutup sistem engsel akan menutup secara perlahan.

Selain itu engsel sendok juga bisa dipasang pada 3 posisi pintu terhadap dinding samping. Pertama posisi pintu di dalam, lalu di luar dan terakhir di tengah. Untuk posisi pintu di dalam bisa dengan memakai engsel jenis lain, seperti kupu-kupu atau piano. Akan tetapi khusus untuk posisi pintu di tengah hanya dapat dilakukan dengan menggunakan engsel sendok.

Baca juga: Harga HPL Taco Per Lembar

Jenis Engsel Sendok

Engsel sendok bisa dibagi menjadi beberapa macam dengan bentuk dan karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasan masing-masing jenis engsel sendok yang bisa Anda ketahui.



Engsel Sendok Lurus

source: homedepot.com

Engsel sendok lurus atau full overlay hinge merupakan engsel sendok dengan lengan yang dibuat lurus. Biasanya engsel ini digunakan untuk pintu luar dan juga dipasang pada pintu paling ujung dari kabinet. Dengan penggunaan engsel ini yang terlihat dari sisi depan kabinet hanya pintunya saja. Sedangkan bagian dari dinding kabinet tertutup oleh daun pintu.

Pemasangan engsel sendok lurus dilakukan dengan mencoak bagian pintu dengan diameter 25 mm dan kedalaman 8-10 mm. Akan tetapi engsel perlu dipasang pada daun pintu dan menyesuaikan jaraknya dengan sisi bagian atas pintu.

Engsel Sendok ½ Bengkok



source: homedepot.com

Engsel yang satu ini mempunyai lengan yang sedikit bengkok. Ketika dipasang pintu yang memakai engsel ini hanya menutupi setengah dari ketebalan dinding kabinet. Engsel sendok ini cocok dimanfaatkan pada pertemuan dua pintu pada satu dinding kabinet. Sehingga nantinya akan ada celah di antara pintu. Proses pemasangan engsel sendok ½ bengkok ini mirip dengan engsel sendok lurus. Akan tetapi umumnya engsel ini dipasang di bagian tengah kabinet.

Engsel Sendok Full Bengkok