Harga Plitur Kayu Murah Terbaik


Harga Plitur Kayu Murah Terbaik – Pada saat ini kita sering mendengan pernis dan plitur kayu apabila ingin membeli perabotan atau furniture yang berbahan dasar kayu.



Hampir setiap furnitur yaitu seperti meja, kursi, lemari atau beberapa produk lainnya biasa dilapisi dengan pernis atau plitur kayu tersebut. hal itu ditujukan agar perabotan atau furnitur tersebt tampak lebih mengkilap dan indah.

Baca juga: Sirlak Untuk Pelitur Kayu Dan Cara Membuatnya

Baca juga: Harga Dan Ukuran Pintu WPC

Sebagian banyak orang masih banyak yang bingung mengenai pernis kayu dengan plitur kayu. Hal yang membedakan antara pernis dengan plitur kayu adalah jika menggunakan plitru kayu harus mencampurnya dengan pelarut terlebih dahulu. Sama dengan cat tembok biasanya yang harus ditambahkan sedikit air agar lebih encer dan tidak terlalu keras, plitur kayupun juga hars ditambahkan dengan sedikit pelarut agar mudah dalam penggunaannya. Pelarut yang biasa digunakan adalah thinner.

Ciri – Ciri Plitur Kayu

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari plitur yaitu:



  • Terbuat dari bahan dasar oker. Dimana oker sendiri adalah ranah lunak yang telah melewati proses oksidasi. Proses tersebut yang kemudian membuat oker memiliki variasi warna yang cukup banyak, seperti warna kunng keemasan, kuning emas, coklat dan lain sebagainya.
  • Pada saat digunakan harus dicampur dengan bahan pelarut. Cara penggunaan dari plitur ini sebelumnya harus dicampur dengan bahan pelarut dimana bahan campuran yang digunakan berupa spirtus. Akan tetapi plitur juga dapat dicampur dengan thinner untuk melarutkannya.
  • Menghasilkan warna. Pada saat pengaplikasian plitur ini akan memberikan warna pada permukaan kayu ang diolesi oleh plitru ini. Warna yang dihasilkan tersebut didapat dari oker. Plitur dapat digunakan sebagai solusi apabila kayu memiliki warna yang tidak merata.

Baca juga: Harga Cat Kayu Dan Besi Ukuran 1-5 Kg

Baca juga: Harga Kayu Glugu Gelondongan Dan Per Batang

Perbedaan Pernis Kayu Dan Plitur Kayu

Pernis memiliki hasil warna yang transparan keras sehingga dapat memberikan lapisan film. Warna pernis kayu pada umumnya transparan dan memberikan penampilan gloss atau semi gloss. Sedangkan plitur kayu merupakan bahan finishing yang sering digunakan pada abad ke – 19.

Plitur atau politer tersebut terbuat dari bahan resin alam yaitu serangga yang hidup di india dan juga thailand. Untuk warna dari plitur kayu sendiri adalah transparant, akan tetapi lebih cenderung menguning karena resin dari serangga tersebut. plitur ini merupakan shellac yang tersedia dalam bentuk kepingan tipis lalu akan dilarutkan menggunakan ethanol atau spiritus.