Harga Dan Ukuran Rel Pintu Geser


Harga Dan Ukuran Rel Pintu Geser – Terdapat salah satu material konstruksi yaitu pintu. Pintu terdapat beberapa jenisnya sesuai dengan cara penggunaannya sepeti pintu dengan model engsell sampai pintu geser yang juga sering disebut dengan sliding door.



Saat ini daripada penggunaan pintu engsel, pintu geser ini lebih diminati. Hal tersebut dikarenakan pintu geser ini dinilai dapat menunjang tampilan dari bagian ruang atu kamar yang lebih minimalis dan dapat lebih menghemat tempat. Tidak heran apabila pintu ini banyak diguanakan untuk ruangan yang sempit. Pintu geser dapat terdiri dari satu panel atau dua panel tergantung pada kebutuhannya.

Baca juga: Harga, Jenis Dan Ukuran Rel Laci

Baca juga: Harga Pintu Geser Kaca (Sliding Door)

Dalam pengunaannya pintu geser itu memerlukan roda dan rel agar dapat digeser ke samping. Disebutkan pada beberapa sumber bahwa pintu geser ini telah dipakai sejak awal abad pertama masehi yang digunakan pada rumah – rumah romawi. Pintu ini juga dapat dikatakan sebagai pintu gulung yang biasanya terbuat dari bahan baku logam besi.

Pintu ini memiliki cara kerja menggunakan dua sistem operasional, dengan menggunakan motor listrik atau elektri yang biasa juga disebut dengan pintu geser otomatis atau pintu geser elektrik. Dan juga dengan cara manual dengan menggunakan alat bantu yang dapat disebut dengan takel atau chain block.

Dimana rel pintu tersebut sebagai sarana untuk menjalankan daun pintu saat dibukan atu ditutup dengan cara digeser, ditarik, didorong, ataupun dilipat. Sebagai komponen utama dari pintu geser yang memiliki peranan penting, maka rel tersebut harus terbuat dari material yang kuat, tahan karat, dan korosi, sertah pemasangannya harus dengan benar.

Baca juga: Harga Borongan Baja Ringan Per Meter

Apabila rel pintu tidak terbut dari material yang kuat dan pemasangan yang benar maka rel pintu tersebut akan cepat rusak dan sulit untuk membuka maupun menutup pintu. Semakin pesatnya kemajuan teknologi, rel pintu sudah dimodifikasi dengan segala macam bentuk dan model yang dapat digunakan untuk semua jenis pintu. Mulai dari pintu dengan material kayu, logam, PVC, bahkan dengan material kaca dapat menggunakan rell sebagai sarana buka dan tutup pintu.



Bagian – Bagian Pintu Geser

Sebelum kita membahas apa saja jenis dan harga dari rel pintu geser, ada lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu beberapa bagian – bagian dari pintu geser tersebut. Berikut ini adalah beberapa bagian dari pintu geser yaitu:

  • Rel sliding. Rel ini digunakan sebagai rel yang dapat menjaga alur perputaran roda sliding agar tetap stabil.

  • Braket. Bagian ini berupa konektor yang menghubungkan antara rel sliding dengan dinding

  • Gantungan dan roda. Penggunaan roda dengan jenis nilon sangat disarankan untuk penggunaan didalam ruangan dan roda baja untuk penggunaan diluar ruangan. Gantungan tersebut dipasang 2 buah pada satu pintu. Dalam perbaikan piring dpaat digunakan untuk memasangan gantungan ke pintu, kayu aluminium dan pintu komposit digantung dengan pelat pemasanga atas atau samping.



  • Stopper roda sliding. Stopper tersebut difungsikan untuk menahan agar pintu dapat berhenti tepat pada lokasi yang telah ditentukan. Stopper ini juga berfungsi untuk menjaga pintu agar tidal terlepas atau bergeser posisinya.

  • Pemandu bawah pintu. Bagian ini memiliki fungsi sebagai penjaga pintu tidak berayun. Panduan bawah tersebut sangatlah penting agar fungsi pintu benar dan memastika pengoperasian pintu yang sempurna. Bagian ini biasanya dipasang pada lantau atau dinding atau dibawah aun pintu. Panduan ini biasanya bergerak di alur pintu atau di saluran yang dipasang ke alur pintu.

Baca juga: Harga Seng Plastik Rata Dan Gelombang

Jenis Rel Pintu

Karena cara kerja dari pintu geser adalah harus menggesernya saat membuka ataupun menutup, maka pintu tersebut memerlukan rel untuk mempermudah operasinya. Oleh karena itu dalam pemaangan pintu geser harus juga memangang relnya. Terdapat dua jenis rel pintu geser yang umumnya dijual dipasaran, yaitu rel sistem pelor atau gotri dan juga rel sistem roda.