Harga Kayu Glugu Gelondongan Dan Per Batang


Harga Kayu Glugu Gelondongan Dan Per Batang – Meskipun sekarang ini sudah tersedia berbagai macam material lain seperti galvalum, penggunaan kayu masih banyak digunakan dan dipilih oleh sebagian masyarakat. Kayu biasanya digunakan sebagai salah satu material bangunan atau bahan dalam pembuatan berbagai macam furniture atau keperluan lainnya.



Hal tersebut karena kayu mempunyai beberapa sifat tertentu yang tidak dimiliki oleh jenis material lainnya. Contohnya yaitu pengolahannya yang bisa dibilang sangat mudah dibandingkan material lain. Jenis kayu yang bisa digunakan pun sangat beragam, salah satunya adalah kayu glugu.

Kayu glugu di pasaran biasanya dijual secara gelondongan atau bentuk lain yang memiliki harga terjangkau. Jenis kayu yang satu ini memiliki tektur yang sangat keras dan serat yang indah. Kekuatan kayu glugu juga sangat bagus sehingga mampu menopang reng dan genteng pada atap bangunan.

Baca juga: Harga Kayu Usuk Berbagai Jenis Dan Ukuran

Mengenal Kayu Glugu

Kayu glugu merupakan salah satu jenis kayu bangunan yang dibuat dari pohon kelapa. Pohon kelapa sendiri adalah pohon yang biasa tumbuh di wilayah tropis, termasuk di Indonesia. Pohon ini bisa ditemukan dengan mudah di kawasan atau wilayah di tepi pantai.

Pohon kelapa yang bisa dijadikan sebagai kayu glugu merupakan pohon kelapa yang usianya sudah mencapai 60 tahun lebih, terutama pohon yang sudah tidak produktif. Jika ingin mengolah pohon kelapa sebagai kayu glugu maka bisa diolah dengan dua cara, yaitu pengolahan secara alami dan pengolahan yang dilakukan dengan proses pemadatan atau densifikasi.



Jika dilihat dari segi fisik, kayu glugu memiliki berat yang sangat ringan, yaitu sekitar 0,74. Maka tak heran jika termasuk dalam jenis kayu kelas kuat II (berat jenis 0,6 sampai 0,9). Namun meski demikian ada juga yang memasukkan kayu glugu ke dalam kelas kuat III. Sedangkan untuk daya tahannya, kayu glugu termasuk dalam kelas III, yang hanya mampu bertahan selama 1,5 tahun jika terserang oleh jamur atau rayap.

Baca juga: Harga Kayu Untuk Bangunan

Baca juga: Kualitas Kayu Akasia Dan Harganya Di Pasaran

Kegunaan Kayu Glugu

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kayu glugu biasa digunakan dalam pembuatan berbagai macam furniture seperti lemari, kursi, meja dan lain sebagainya. Selain itu, kayu glugu yang memiliki umur tua biasa digunakan dalam pembuatan gazebo dengan tampilan menarik.

Kayu glugu tua yang dimanfaatkan untuk membuat gazebo merupakan pilihan yang tepat. Ini karena glugu tua memiliki serat yang bagus dan keras sehingga membuatnya mampu tahan lama. Hal tersebut tentu berbeda jauh dengan kayu glugu yang masih muda. Jika kayu glugu muda dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan gazebo pastinya akan mudah rusak karena memang tingkatan kekuatannya berbeda jauh dengan kayu glugu tua.