Harga Kedok Las Otomatis Dan Biasa Berbagai Merk


Harga Kedok Las Otomatis Dan Biasa Berbagai Merk – Dalam bidang industri, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang beresiko tinggi. Pekerjaan tersebut tak jarang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Misalnya saja seperti pegerjaan pengelasan yang sering dianggap sepele.



Jika diamati dengan seksama, dalam mengerjakan proyek pengelasannya para tukang seringkali menggunakan pelindung yang alakadarnya. Hal seperti ini jelas salah karena telah mengabaikan keselamatan kerjanya. Mungkin efeknya masih belum terasa dalam waktu dekat. Biasaya baru terasa jika hal seperti ini dilakukan dalam jangka panjang.

Adapun salah satu prosedur penggunaan safety pelindung diri ketika melakukan  las adalah penggunaan kedok las atau topeng las. Topeng las dalam hal ini memiliki peran yang sangat penting karena bisa dijadikan sebagai pelindung bagian wajah seperti mata, kulit wajah, paru-paru dan hidung.

Baca juga: Harga Mesin CNC Plasma Cutting Dan Cara Menggunakannya

Baca juga: Berbagai Posisi Pengelasan Sesuai Standar ISO

Jenis-Jenis Kedok Las

Kedok las atau topeng las pada umumnya terbagi dalam dua jenis, yaitu:

  1. Kedok Las Otomatis

Kedok las otomatis merupakan salah satu jenis kedok las yang paling banyak digunakan. Alasannya tak lain karena kedok las otomatis sangat praktis untuk digunakan. Namun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kedok las manual. Meski demikian, kedok las otomatis diyakini jauh lebih aman.



Jenis kedok las ini memiliki beragam fitur terbaru yang sangat dibutuhkan oleh para welder. Salah satunya adalah auto darkening, dimana fitur ini bisa membuat kaca las pada topeng menjadi gelap saat terkena cahaya atau percikan api yang berasal dari perangkat pengelasan.

  1. Kedok Las Manual

Kedok las manual adalah jenis kedok las yang masih banyak dijual di pasaran, namun sudah jarang digunakan oleh welder. Terkecuali para welder yang memiliki budget minim. Jenis topeng las ini membutuhkan pegangan yang cukup kuat dari welder supaya tidak jatuh ketika digunakan.

Topeng las ini sudah dilengkapi dengan kaca yang akan memudahkan para welder untuk melihat produk yang ingin las. Tetapi topeng las ini tidak dilengkapi dengan fitur pengatur kegelapan kaca helm secara otomatis. Sehingga bisa dibilang tidak begitu aman dari segi kesehatan jika digunakan secara berkelanjutan.



Selain itu, topeng las ini juga sangat berat sehingga bisa membuat leher menjadi sakit atau pegal. Maka tak heran, jika kini banyak sekali welder yang meninggalkan tipe topeng las ini dan lebih memilih untuk menggunakan kedok las otomatis.

Baca juga: Harga Mesin Las Listrik, Mig, Argon Yang Bagus

Baca juga: Cara Setting Ampere Las Listrik Dan Ukuran Kawat

Kelebihan Kedok Las Dibandingkan Kacamata Las

Harga kacamata las memang lebih murah daripada kedok las. Namun meski demikian, penggunaan kedok las lebih direkomendasikan karena memiliki banyak kelebihan seperti berikut ini: