Konsep Fasad Bangunan Minimalis Modern


Fasad Bangunan Minimalis Modern – Anda tentu sudah tahu bahwa sebuah rumah atau bangunan mempunyai beberapa bagian. Dan bagian-bagian tersebut biasanya memiliki sebutannya masing-masing. Salah satunya adalah fasad. Mungkin Anda masih merasa asing dengan istilah tersebut.

Akan tetapi Anda sebenarnya sudah tidak asing dengannya. Untuk diketahui, fasad berasal dari bahasa façade, atau dari bahasa Italia, faccita atau faccia. Arti dari kata tersebut adalah wajah.



Sehingga dapat kita artikan bahwa fasad bangunan ibarat wajah dari bangunan tersebut. Atau dalam istilah lain bisa disebut tampak luar atau depan bangunan.

Jika diartikan lebih jauh fasad adalah elemen atau bagian pertama dari bangunan yang bisa dilihat oleh orang lain. Fasad bangunan bisa menunjukkan karakter, keindahan, dan keunikan bangunan.

Fasad bangunan atau rumah biasanya terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan gaya arsitekturnya. Selain itu masing-masing macam tersebut memiliki ciri atau karakteristik yang berbeda. Misalnya fasad bangunan minimalis modern.

Dari beberapa macam fasad jenis yang satu ini masih memiliki banyak peminat, terutama di Indonesia. Tampilannya yang identik dengan kesan simpel, tapi, dan menarik membuatnya banyak diadopsi di berbagai macam jenis bangunan.



Sehingga tidak susah untuk mencari referensi fasad bangunan minimalis modern. Sebagai bahan untuk ide Anda dalam mempercantik rumah idaman, berikut kami bagikan beberapa gambar fasad rumah minimalis modern.

Baca juga: Desain Ruko Minimalis Modern

Inspirasi Desain Fasad Modern Minimalis

Fasad Rumah Kecil yang Modern

Rumah kecil masih diminati oleh banyak orang, terutama keluarga baru. Biaya yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit sehingga Anda bisa mengalokasikannya untuk hal lain, seperti mempermanis fasad rumah.

Karena mengusung konsep minimalis dan modern, maka fasad rumah mungil tidak membutuhkan banyak pernak-pernik. Cukup bentuk yang sederhana, dengan warna dominan putih dan abu-abu serta dipercantik dengan aksen kayu yang menghiasi dinding.



Agar unsur modern lebih kental Anda bisa bermain-main dengan material berwarna gelap di beberapa bagian. Dan dihiasi dengan aksen bebatuan di salah satu sudut agar tampak lebih menarik. Anda bisa menambahkan tanaman di sekitar teras, berikut kursi dan meja untuk bersantai di saat senggang.

Fasad Rumah Dua Lantai

Apabila Anda ingin mempunyai rumah dua lantai Anda tetap bisa mengaplikasikan fasad dengan desain yang minimalis dan modern. Contohnya seperti desain rumah di bawah ini yang tampak simpel dengan bentuk serba kotak. Tampilannya pun terlihat bersih dan rapi dengan warna dominan putih dan kaca persegi panjang berukuran besar yang turut menjadi daya tarik dari rumah ini.

Fasad Kayu Minimalis

Apabila Anda suka dengan suasana alam, Anda bisa memanfaatkan elemen kayu untuk menghiasi rumah Anda. Tidak hanya terlihat lebih alami, fasad juga akan terkesan lebih hangat.



Mengenai desainnya Anda bisa berkreasi sendiri sesuai keinginan. Atau Anda bisa mengambil inspirasi dari desain di bawah ini. Aksen kayu disusun sedemikian rupa sehingga terlihat minimalis namun juga tetap modern. Anda bisa memakai cat khusus sebagai finishing untuk membuat kayu terlihat lebih cantik.

Fasad Rumah dengan Taman

Anda juga dapat menghadirkan konsep minimalis modern seperti contoh desain di bawah ini. Tampilan depan rumah dibalut dengan cat dominan putih. Agar tak monoton di depan rumah terdapat taman kecil yang hijau dan menyejukkan mata. Area pintu masuk utama, teras dan garasi juga memiliki daya tarik tersendiri dengan warna cokelat alami yang diperoleh dari aksen kayu.

Fasad Rumah Kontemporer Modern

Desain rumah yang kontemporer akan membuatnya tampak unik dan mengundang mata untuk melirik. Sama halnya dengan desain rumah yang satu ini. Kesan simpel dan modern tampak sangat jelas begitu kita melihat desainnya.

Fasad Rumah Monokrom

Inspirasi desain rumah dua lantai ini mempunyai sentuhan gaya modern dan minimalis yang begitu kental. Jika diperhatikan rumah ini memiliki bentuk-bentuk geometri yang tidak rumit, yang didominasi dengan warna monokrom. Tampilannya yang simpel justru menjadi karakter yang menonjol dari fasad rumah ini.

Fasad Rumah Mid-Century

Anda juga bisa menjadikan desain rumah ini sebagai ide untuk membuat fasad rumah idaman. Dilihat dari depan rumah ini memiliki langit-langit datar dan juga terdapat banyak sudut. Daya tarik selanjutnya terletak pada pintu geser dengan kaca penuh.

Pemilihan pintu ini akan membuat interior di dalam rumah lebih terang saat siang hari dan pandangan mata tidak terhalang oleh dinding rumah saat melihat ke luar. Anda juga bisa menambahkan tanaman hijau, atau menonjolkan beberapa bagian dengan warna yang kontras. Atau memberikan focal point untuk menghadirkan kesan yang kuat.

Fasad Rumah Skandinavia

Rumah bergaya Skandinavia yang satu ini tidak hanya menarik, namun juga menghadirkan nuansa yang modern sekaligus minimalis. Kebanyakan rumah bergaya ini juga dipermanis dengan halaman hijau yang luas pada bagian fasad. Kesan minimalis juga diperkuat dengan tidak digunakannya ornamen berlebih.

Tidak hanya itu, atap rumah dibuat datar dengan awning untuk menonjolkan kesan bangunan Skandinavia. Daya pikat lain dari konsep fasad rumah ini adalah hadirnya pintu geser kaca sebagai pintu utama rumah.