Mengenal Apa Itu HPL Dan Harganya


Harga Dan Merk HPL – Saat ini kita bisa melihat ada begitu banyak furnitur atau perabotan rumah tangga yang indah. Tidak hanya menarik dari segi bentuknya saja, namun juga tampilan dan warnanya. Jika Anda perhatikan ada beberapa furnitur yang tampak seperti dilapisi dengan lembaran khusus.

Pelapis ini merupakan pelapis berbahan sintetis yang ada banyak macamnya. Akan tetapi pada kesempatan ini kita bahas lebih jauh seputar HPL.

Sekilas Tentang HPL

HPL (High Pressure Laminates) adalah produk pelapis luar atau penutup berbahan plastik sintetis yang memiliki bentuk lembaran laminasi bertekanan tinggi. Umumnya HPL mempunyai beberapa lapisan. Antara lain lapisan kraft (kraft paper), lapisan dekoratif (decor paper), dan lapisan laminasi bening (overlay paper).

Lapisan-lapisan tersebut diproduksi di bawah tekanan sekitar 1000 kg per meter persegi, dengan suhu mencapai 140 derajat Celcius. Lewat proses tersebut terciptalah lembaran laminasi yang padat, keras, kuat, tahan lama, dan bertekstur.

Tidak hanya itu, HPL juga dapat diaplikasikan pada permukaan vertikal maupun horizontal. Selain itu juga dapat dipanaskan untuk membentuk lekuk tertentu, tergantung tingkat ketebalan HPL.