Mengenal Apa Itu HPL Dan Harganya


Harga Dan Merk HPL – Saat ini kita bisa melihat ada begitu banyak furnitur atau perabotan rumah tangga yang indah. Tidak hanya menarik dari segi bentuknya saja, namun juga tampilan dan warnanya. Jika Anda perhatikan ada beberapa furnitur yang tampak seperti dilapisi dengan lembaran khusus.

Pelapis ini merupakan pelapis berbahan sintetis yang ada banyak macamnya. Akan tetapi pada kesempatan ini kita bahas lebih jauh seputar HPL.



Sekilas Tentang HPL

HPL (High Pressure Laminates) adalah produk pelapis luar atau penutup berbahan plastik sintetis yang memiliki bentuk lembaran laminasi bertekanan tinggi. Umumnya HPL mempunyai beberapa lapisan. Antara lain lapisan kraft (kraft paper), lapisan dekoratif (decor paper), dan lapisan laminasi bening (overlay paper).

Lapisan-lapisan tersebut diproduksi di bawah tekanan sekitar 1000 kg per meter persegi, dengan suhu mencapai 140 derajat Celcius. Lewat proses tersebut terciptalah lembaran laminasi yang padat, keras, kuat, tahan lama, dan bertekstur.

Tidak hanya itu, HPL juga dapat diaplikasikan pada permukaan vertikal maupun horizontal. Selain itu juga dapat dipanaskan untuk membentuk lekuk tertentu, tergantung tingkat ketebalan HPL.

HPL ditemukan dan dibuat pertama kali oleh Leo Hendrik Baekeland, seorang ahli kimia asal Belgia di tahun 1896. Awalnya ia bertujuan membuat suatu produk berbahan plastik sintetis sebagai alternatif isolator murah untuk peralatan listrik.



Dalam penggunaannya HPL biasanya ditempelkan pada permukaan berbahan kayu dengan memakai lem kuning. HPL bisa dengan mudah dijumpai pada furnitur, seperti kitchen set, nakas atau meja samping tempat tidur, lemari, kabinet, wall panel dan lain sebagainya.

HPL menjadi salah satu pelapis sintetis yang sering digunakan. Salah satu alasannya adalah materialnya yang lebih tahan lama dan mempunyai beragam pilihan warna maupun motif. Kita bisa memilih HPL dengan warna solid, ataupun bermotif, seperti logam, batuan, hingga serat kayu.

Tidak hanya itu, ketebalan HPL juga cukup beragam. Mulai dari 0,8 mm, sampai 1,5 mm. Sedangkan dimensinya mencapai 244 x 122 cm. Selain itu ada cukup banyak merek yang memasarkan produk HPL. Mulai dari Taco, Artform, Grasmerino, ORI, Arborit, hingga Violam.

Penggunaan HPL dinilai lebih mudah karena bisa langsung ditempelkan ke permukaan kayu. Lain halnya dengan cat yang membutuhkan waktu lebih lama karena harus menunggu cat kering. Maka dari itu HPL perlahan mulai menggantikan peran cat semprot duco atau melamik sebagai finishing furnitur.



Baca juga: Harga Lem HPL Berbagai Merk

Motif dan Warna HPL

Sudah disinggung di atas bahwa HPL mempunyai pilihan warna, corak, hingga motif yang beragam. Di sisi lain HPL mempunyai beberapa macam finishing, di antaranya semigloss, solid, glossy, hingga doff atau matte. Di samping itu juga ada HPL yang mempunyai motif tekstur kayu atau motif timbul. Ada banyaknya pilihan tersebut memudahkan calon pembeli untuk menentukan mana yang sesuai dengan keinginan ataupun senada dengan interior.