Harga Pilox Warna Clear, Hitam Doff, Putih, Dll

Harga Pilox Warna – Pemakaian cat sudah menjadi hal yang lumrah di tengah kita. Ada banyak kegunaan yang bisa didapat dari cat. Seperti mempermanis tampilan permukaan objek yang dicat, maupun melindungi bidang yang dicat dari berbagai masalah. Mulai dari jamur, karat, kebocoran, dan lain sebagainya.

Anda tentu juga sudah mengetahui bahwa saat ini ada banyak sekali macam cat dilihat dari cara pengaplikasiannya. Salah satu yang populer adalah cat semprot. Ada cukup banyak produsen yang menawarkan cat semprot dengan beragam keunggulan. Akan tetapi sebagian besar masyarakat di Indonesia lebih familiar dengan Pylox.

Oleh karenanya tak mengherankan jika cat semprot juga sering dijuluki Pylox atau Pilox, sekalipun mereknya bukan Pylox. Perlu diketahui, Pylox merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Nippon Paint Indonesia. Pylox adalah cat semprot legendaris yang diklaim memiliki kualitas tinggi dan terbuat dari bahan modifikasi akrilik.

Baca juga: Harga Cat Duco

Sekilas Tentang Cat Semprot

Cat semprot atau spray paint merupakan cat khusus yang cara menggunakannya disemprot dengan alat khusus. Cat semprot atau yang biasa disebut oleh orang-orang Pilox dibuat dengan memperhatikan sejumlah aspek. Mencakup lama kering cat, ukuran partikel cat, bahan yang digunakan, serta tingkat keamanan produk saat disemprotkan.

Cat semprot ini mempunyai beberapa keunggulan. Seperti proses pengerjaan yang lebih cepat, hemat tenaga, hingga bisa digunakan pada detil yang sulit, seperti serat alam atau rotan. Di pasaran cat semprot dijual dalam dua versi, yakni yang dikemas dalam kaleng seperti Pilox dan yang dikemas dalam kemasan biasa sehingga saat memakainya harus memakai spray gun.

Cat semprot sejenis Pilox biasanya dijual dalam kemasan kaleng yang bisa langsung digunakan. Penggunaannya pun juga menjadi lebih mudah. Karena umumnya Anda tidak perlu membutuhkan peralatan tambahan selain cat Pilox dan bidang yang ingin dicat.

Tertarik untuk membeli Pilox? Maka salah satu informasi penting yang harus Anda ketahui adalah harga. Sebab kebanyakan orang masih belum paham betul berapa harga Pilox di pasaran. Akan tetapi tenang saja, sebab di bawah ini kami informasikan daftar harga beberapa produk Pilox yang bisa Anda beli di pasaran.

Daftar Harga Pilox Semua Warna

Merk & Warna Cat Pilox Ukuran Harga
Pylox Nippon Paint Suzuki blue 189 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Pink 113 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Special red 1733 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Special red 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Mediterania green 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint White 102 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Brown 112 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Grey 104 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Black 109 300 cc Rp. 27.000
Pylox Nippon Paint Gold 123 300 cc Rp. 27.000
Pilox Samurai 1144 Green 300 cc Rp. 30.000
Pilox Samurai 2-102 White 300 cc Rp. 30.000
Pilox Samurai 33-6 Red 300 cc Rp. 30.000
Pilox Samurai 1139 Metallic Black 300 cc Rp. 30.000
Pilox Samurai 1102 Yellow 300 cc Rp. 30.000
Pilox Samurai 1103 Honda Blue 300 cc Rp. 30.000
Pilox Samurai 123 Gold 300cc 300 cc Rp. 35.000
Pilox Samurai 1142 Super Violet 300 cc Rp. 35.000
Pilox Samurai 1147 Ocean Blue 300 cc Rp. 35.000
Pilox Samurai 38 Maroon 300 cc Rp. 35.000
Pilox Samurai S140 Celebration Red 300 cc Rp. 39.000
Pilox Samurai Y35 Silver Yamaha 300 cc Rp. 39.000
Pilox Samurai H138 Red Candy 300 cc Rp. 39.000
Pilox Samurai Y3 Silver Metallic 300 cc Rp. 39.000
Pilox Samurai K8002 Lime Green Rp. 39.000
Pilox Samurai Y1222 Black Mio 300 cc Rp. 39.000
Pilox Samurai 2K07W White 300 cc Rp. 79.000
Pilox Samurai 2K07S Silver 300 cc Rp. 79.000
Pilox Samurai 2K07 Black 300 cc Rp. 79.000

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor. Selain itu tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjumpai produk lainnya di luar yang tercantum pada daftar di atas.

Cara Menggunakan Cat Pilox

Mengaplikasikan cat pilox atau cat semprot mungkin terdengar mudah. Walaupun cat Pilox dikemas sedemikian rupa sehingga mudah untuk digunakan, cara menggunakannya harus tetap berpatokan pada teknik khusus. Berikut cara memakai cat semprot yang dapat Anda simak.

Menggunakan Masker

Yang tak kalah penting untuk dilakukan saat pengecatan dengan cat semprot adalah memakai masker. Sebab cat ini mengandung partikel kimia yang berbahaya bagi tubuh dan bisa terbawa oleh udara dengan mudah. Untuk itu jangan lupa memakai masker selama mengaplikasikan cat Pilox.

Memakai Cat Primer

Sebagian orang biasanya memakai cat primer atau cat dasar pada saat ingin mengecat furnitur atau barang lainnya. Cat ini berfungsi membuat permukaan lebih halus dan arta karena dapat mendempul lubang maupun bekas gesekan. Cat ini dipakai sebelum Anda mengaplikasikan cat semprot yang digunakan dengan kertas halus untuk menghaluskan permukaan.

Aplikasikan Secara Perlahan

Ketika menggunakan cat ini aplikasikan dengan hati-hati dan perlahan. Pada lapisan pertama aplikasikan secara tipis dan biarkan kering terlebih dahulu. Atau Anda juga bisa memakai coating pada setiap permukaan vertikal.

Untuk bagian vertikal semprotkan sedikit saja agar cat tidak luntur. Kemudian lanjutkan dengan mengecat bagian horizontal. Ulangi dengan arah atau pola yang sama, agar hasil akhirnya lebih rata.

Tidak Mengayunkan Cat Semprot

Hindari mengayunkan cat semprot. Lebih baik gunakan gerakan secara paralel atau garis lurus. Dengan teknik ini permukaan cat akan lebih rapi dan mempunyai warna yang merata di seluruh permukaan.

Tumpuk Lapisan Cat

Saat mengaplikasikan cat maka akan ada bagian cat yang tertimpa semprotan cat berikutnya. Untuk hal ini pastikan posisi lapisan cat berikutnya menimpa sekitar 50 persen dari lapisan sebelumnya. Tujuannya supaya hasil pengecatan tampak lebih rata.

Pakai Gagang Khusus

Cat pilox yang dijual dalam kemasan kaleng biasanya sudah dilengkapi dengan alat untuk menyemprot. Akan tetapi Anda bisa menggantinya dengan pegangan khusus cat semprot seperti gagang tambahan atau aplikator. Alat bantu semacam ini akan memudahkan Anda untuk mengaplikasikan cat ke bidang yang ingin diwarnai.

Memakai Alat Bantu

Selama mengecat Anda bisa memakai alat bantu untuk memudahkan pekerjaan Anda. Bisa berupa roda putar yang mempermudah Anda untuk mengecat dari segala arah. Atau memakai alat untuk menyangga barang yang ingin dicat agar bisa berdiri tegak dan tidak bergerak ke mana-mana saat dicat.

Memakai Dua Kaleng Sekaligus

Memakai dua kaleng cat Pilox sekaligus bukanlah hal yang salah. Sah-sah saja jika Anda ingin memakai cara ini. Asalkan Anda sudah mulai mahir memakai cat semprot. Kelebihannya Anda bisa mengecat lebih cepat. Jika masih ragu, Anda bisa melihat tutorial di internet ataupun berlatih memakai dua cat Pilox pada permukaan barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Yang pasti saat mengaplikasikan Anda harus berhati-hati dan tetap memperhatikan keselamatan kerja. Sebab umumnya cat ini merupakan barang yang mudah terbakar, yang jika tidak berhati-hati bisa mengancam keselamatan Anda. Di samping itu hindari mengecat di kondisi lembap atau dingin sebab kondisi ini akan membuat proses pengeringan lebih lama.

Dan yang tak kalah penting bersihkan alat yang Anda gunakan untuk mengecat sampai bersih. Lalu simpan di tempat yang aman.

Baca juga: Harga Cat Besi Dan Kayu

Tips Memilih Cat Semprot

Memilih cat Pilox bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya ada banyak sekali produk Pilox yang bertebaran di pasaran dengan banderol harga yang bervariasi. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda simak ketika ingin membeli cat Pilox:

  1. Tentukan jenis cat yang ingin dibeli. Di pasaran ada cat Pilox yang dikemas kaleng dan juga ada cat semprot yang dijual dalam bentuk kemasan seperti cat biasa. Maka dari itu silakan tentukan terlebih dahulu cat yang mana yang ingin dibeli.
  2. Gunakan cat semprot water based. Disarankan untuk memilih produk water based atau berbasis pelarut air yang lebih aman untuk digunakan dibandingkan cat solvent atau berbasis minyak.
  3. Lihat tanggal kedaluwarsa. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsa saat membeli cat Pilox. Cat memang mempunyai masa pakai yang jika sudah melewati tanggal tidak sebagus saat dalam kondisi baru.
  4. Perhatikan komposisi cat. Yang terakhir jangan lupa untuk memperhatikan apa saja yang ada dalam cat yang akan Anda beli. Pastikan cat yang Anda pilih tidak mengandung logam berat atau zat-zat membahayakan lainnya secara berlebihan.