Desain Ruang Makan Minimalis


Desain Ruang Makan – Rumah yang nyaman dan indah menjadi salah satu kunci untuk menghadirkan suasana yang membuat kita betah berlama-lama di dalamnya. Tak mengherankan jika saat ini banyak sekali pemilik rumah yang tertarik untuk mempercantik rumahnya, terutama di sisi interior.

Ada banyak bagian yang bisa kita ubah di bagian interior rumah. Salah satunya adalah ruang makan. Di bagian ini kita bisa bermain dengan pemilihan warna, perabotan hingga dekorasi.

Tak perlu membayangkan banyaknya dana yang harus dikeluarkan untuk mempercantik tampilan ruang makan rumah Anda. Faktanya Anda tetap bisa merombak ruang makan dengan biaya yang tidak mahal.

Pada artikel ini kami berikan beberapa referensi desain ruang makan minimalis, mulai dari desain low budget, hingga desain yang tampak berkelas. Langsung saja berikut beberapa referensi yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Desain Ruang Makan Low Budget

Ruang Makan dengan Pencahayaan Alami

Memanfaatkan pencahayaan alami untuk ruang makan bukanlah keputusan yang salah. Dengan demikian kita bisa menghemat biaya listrik karena area ruang makan tidak memerlukan cahaya tambahan di pagi dan siang hari.

Agar mendukung pencahayaan, Anda bisa memilih warna interior yang senada. Anda bisa memilih warna-warna cerah agar terlihat lebih cerah.

Baca juga: Desain Kantor Minimalis

Ruang Makan Menyatu dengan Dapur

Menggabungkan dapur dengan ruang makan bisa menjadi keputusan yang tepat untuk rumah yang memiliki luas terbatas. Konsep seperti ini akan membuat Anda lebih menghemat ruang. Selain itu tampilan ruang makan dan dapur juga akan terlihat lebih lega. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat sekat ruang.

Manfaatkan dekorasi interior yang menarik jika kedua ruang memiliki fungsi dan aktivitas yang berbeda. Sehingga keduanya mempunyai pembatas yang jelas.

Ruang Makan Berukuran Mungil

Walaupun ruang yang tersedia terbatas, Anda tetap bisa menghadirkan ruang makan yang menarik dan nyaman. Misalnya dengan menyatukan desain ruang makan kecil dengan dapur. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan ukuran meja dan kursi makan.

Penataan perabotan juga perlu dicermati sehingga desain ruang makan tetap nyaman dan tidak terkesan sempit. Sebagai pendukung gunakan warna-warna terang, seperti putih sebagai warna dominan. Di samping itu manfaatkan pencahayaan yang ada di dalam rumah dengan baik.

Ruang Makan Vintage

Belakangan hal-hal berbau vintage banyak diminati, termasuk untuk desain interior. Jika Anda mempunyai kursi lama yang sudah tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya untuk ruang makan rumah.

Biarkan kursi-kursi tersebut memiliki warna yang beragam. Sebab hal ini menjadi salah satu ciri khas konsep vintage. Anda bisa memadukan kursi tersebut dengan meja makan vintage dan dipermanis dekorasi yang senada.

Desain Ruang Makan Minimalis

Ruang Makan Mungil dan Sederhana

Jika memiliki ruang makan dengan luas yang terbatas, Anda tetap bisa menerapkan konsep minimalis di area tersebut. Kuncinya adalah penataan dan pemanfaatan ruang. Gunakan perabotan, meja, hingga kursi makan yang tampak sesuai dengan ukuran ruang makan. Jangan sampai memilih furnitur yang terlalu besar untuk menghindari kesan sempit pada ruang makan.

Ruang Makan dengan Meja Bundar

Meja makan bundar menjadi pilihan yang tepat jika di rumah ada banyak anggota keluarga. Anda bisa memilih meja makan dengan konsep minimalis dan dipadukan dengan rak dinding beserta dekorasi tambahan secukupnya yang memperkuat kesan minimalis.

Ruang Makan dengan Meja Gantung

Kebanyakan orang kebingungan saat menyiasati ruang makan yang terbatas. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan meja gantung yang dipasang di salah satu sudut dapur. Anda juga bisa menambahkan bangku kayu untuk menunjang estetika. Alhasil Anda tetap memiliki ruang untuk makan.

Desain Ruang Makan Bernuansa Alam

Memadukan Ruang Makan dengan Taman

Jika di rumah ada taman hijau, Anda bisa mengatur posisi ruang makan agar berhadapan dengan taman tersebut. Sehingga suasana makan akan terasa lebih menyenangkan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan sliding door besar, misalnya dengan ukuran 2 meter, yang dipadukan dengan kusen dan rel kuat untuk memegang lembaran kaca yang besar.

Sehingga Anda tinggal membuka pintu geser tersebut untuk mendapatkan udara segar dan suasana yang lebih nyaman.

Ruang Makan Terintegrasi

Anda bisa menggabungkan ruang makan dengan ruang televisi untuk meraih efisiensi penggunaan ruang. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan jendela luas yang menghadap ke taman agar pencahayaan yang masuk ke area tersebut lebih maksimal.

Manfaatkan juga artificial lighting dengan menerapkan lampu spotlight plus track line. Lampu ini memudahkan Anda untuk mengatur posisinya sesuai kebutuhan di antara kedua area tersebut.

Ruang Makan di Lahan Terbatas

Kini lahan terbatas bukan menjadi halangan untuk menghadirkan ruang makan yang bisa kita pakai untuk menyantap hidangan bersama keluarga tercinta. Walaupun ruangan yang tersedia terbatas kita tetap bisa menambahkan meja dan kursi makan di sana.

Misalnya seperti referensi yang satu ini. Kita bisa menghadirkan ruang makan mungil di area dengan bukaan yang serba lebar dan ditemani rancangan tangga yang unik.

Baca juga: Desain Tangga Rumah Minimalis

Tips Desain Ruang Makan

Banyak yang kebingungan bagaimana menghadirkan ruang makan yang tidak hanya cantik tapi juga nyaman. Maka dari itu ada beberapa tips yang bisa Anda baca untuk mewujudkan hal tersebut.

Pilihan Meja Makan

Memilih meja makan terdengar mudah, namun sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti ukuran yang harus sesuai dengan ukuran ruang makan. Misalnya untuk ruang makan yang kecil, hindari memilih meja makan berbentuk persegi panjang. Sebagai alternatifnya Anda bisa  memilih meja makan berbentuk bulat yang lebih hemat ruang.

Di samping itu material dan warna juga tak boleh luput dari perhitungan. Usahakan untuk menyesuaikan warna meja makan dengan cat dinding ruang makan. Sehingga tampilannya terlihat senada.

Warna Dinding

Pada ruang makan pilih warna dinding yang terang, seperti kuning. Sebab warna cerah bisa membuat aktivitas makan terasa lebih menyenangkan. Atau jika tidak Anda bisa memilih warna netral seperti abu-abu atau krem.

Material

Material yang diaplikasikan pada ruang makan juga perlu diperhatikan. Jika ingin menghadirkan kesan alami Anda bisa memilih material kayu asli maupun kayu olahan. Dengan begitu suasana yang alami dan sejuk bisa terasa di ruang makan. Atau juga bisa memilih material ekspos yang saat ini diminati cukup banyak orang.

Pencahayaan

Jangan lupakan soal pencahayaan. Untuk menghadirkan suasana hangat Anda bisa memilih lampu kekuningan pada lampu gantung di atas meja makan. Anda bisa memilih desain lampu gantung yang unik agar menambah kesan menarik di ruang makan.

Dekorasi

Sebagai pemanis tambahan, Anda bisa memberikan dekorasi di ruang makan. Anda bisa menambahkan rak dinding dengan tambahan beberapa pernak-pernik atau hiasan gantung maupun kolase foto. (hargaper)


Loading...