Model Desain Plafon Ruang Tamu


Model Desain Plafon Rumah – Bagi sebagian besar orang yang tidak begitu memperhatikan struktur bangunan, mungkin plafon merupakan bagian paling akhir yang baru diperhatikan. Padahal plafon memiliki peran yang cukup penting untuk menambah keindahan sebuah ruangan di dalam rumah. Bisa Anda bayangkan jika sebuah rumah tidak dilengkapi dengan adanya plafon. Tentu tampilan ruangan akan terlihat kurang menarik.

Plafon juga biasa digunakan sebagai tempat paling tepat untuk menyembunyikan semua instalasi listrik dan juga air pada bagian rangkan plafon sehingga tidak akan terlihat. Bahkan plafon rumah yang dipasang dengan baik juga dapat memperlancar sirkulasi udara dan mampu untuk meredam suara, khususnya bagi ruangan musik atau semacamnya.

plafon gypsum

Nah, setelah mengetahui bagiamana pentingnya plafon dalam rumah, kami akan memberikan insipirasi desain plafon ruang tamu yang bisa Anda coba di rumah. Namun sebelum itu, kami disini akan membahas terlebih dahulu mengenai jenis-jenis plafon rumah. Mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Jenis-Jenis Plafon Rumah

Sekarang ini plafon rumah tersedia dalam berbagai macam jenis sehingga dapat disesuaikan dengan konsep interior supaya tampilannya terlihat semakin serasi. Berikut ini adalah jenis-jenis plafon rumah yang perlu Anda ketahui:

  1. Plafon Rumah Gypsum

Plafon Rumah Gypsum

Plafon rumah gypsum cocok untuk digunakan pada rumah yang memiliki konsep minimalis modern. Jenis plafon ini terdiri dari berbagai macam model, yaitu seperti kubah atau bertingkat. Plafon gypsum sangat mudah untuk kita temukan di pasaran dan umumnya dijual dengan harga yang terbilang sangat terjangkau.

Meskipun demikian, plafon gypsum ternyata juga memiliki kekurangan. Adapun untuk kekurangan yang dimiliki oleh plafon rumah gypsum terletak pada daya serapnya yang sangat tinggi terhadap air. Dengan demikian beban akan semakin bertambah dan bahkan plafon ini mudah sekali roboh jika misalnya sering terjadi kebocoran pada bagian atap.

  1. Plafon Rumah GRC

Plafon Rumah GRC

Plafon rumah yang dibuat dari bahan GRC atau Glass Fiber Reinforced Cement Board ini cukup populer untuk digunakan. Hal ini karena harganya yang sangat ekonomis dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap api ataupun air serta jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan plafon rumah triplek.

Sedangkan untuk masalah pemasangannya, plafon rumah GRC bisa digunakan pada rangka besi atau bisa juga kayu. Kekurangan yang dimiliki oleh jenis plafon rumah ini adalah pada proses intalasinya yang sangat rumit sehingga membutuhkan jasa tukang yang benar-benar ahli untuk mendapatkan hasil yang rapi.

Baca Juga: Harga Papan Triplek Tebal

  1. Plafon Rumah PVC

Plafon Rumah PVC

PVC atau Polyvinyl Chloride dikenal sebagai bahan dasar untuk pembuatan pipa air. Namun sekarang ini PVC juga banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan plafon rumah. Jenis plafon ini memiliki banyak kelebihan, yaitu bobot yang cukup ringan sehingga akan memudahkan ketika proses pemasangan, memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap api, air, dan juga anti air. Tampilannya bahkan sylish dan tersedia dalam berbagai pilihan warna sehingga bisa disesuaikan dengan konsep interior rumah.

Namun harga plafon rumah PVC ini sangat mahal dan tidak bisa dilakukan pengecatan secara manual sehingga Anda harus memasang plafon rumah yang baru apabila ingin mengganti warna.

Inspirasi Desain Plafon Gypsum untuk Ruang Tamu

Dari beberapa jenis plafon rumah diatas, yang paling banyak diaplikasikan dan diminati oleh sebagian besar orang adalah plafon gypsum. Selain harganya yang terjangkau, plafon gypsum mampu memberikan tampilan yang menawan pada ruang tamu Anda. Berikut ini adalah inspirasi desain plafon gypsum untuk ruang tamu minimalis yang bisa Anda coba.

  • Plafon Gypsum Bertingkat

Plafon Gypsum Bertingkat

Ruangan ini menggunakan desain plafon minimalis yang sangat sederhana. Keindahan interior akan semakin bersinar karena adanya plafon bertingkat yang berada di sisi sebelah ruangan. Disamping itu, juga nampa ada lampu dinding yang dipasang hingga sedemikian rupa. Suhu di dalam ruangan bisa lebih cepa dingin karena keindahan plafon rumah yang ideal.

  • Gaya Plafon Minimalis Favorite

Gaya Plafon Minimalis Favorite

Desain plafon minimalis yang satu ini merupakan salah satu desain yang paling favorite di setiap rumah yang menggunakan gaya minimalis. Dengan menggunakan gaya arsitektur yang terkesan modern, plafon rumah ini menyembunyikan lampu pijar secara sempurna. Ruangan tidak terlihat sangat terang, tetapi hangat dan pastinya nyaman.  Pada bagian tengah plafon rumah ini kosong, namun ada penerangan tambahan seperti lampu meja dan lampu lantai sehingga bisa menjadi sumber penerangan yang cukup memadai.

  • Plafon Minimalis Untuk Interior yang Modern

Plafon Minimalis Untuk Interior yang Modern

Plafon minimalis ini terlihat sangat cantik dan memiliki bentuk yang tidak beraturan. Justru bentuk yang seperti demikian dapat menciptakan kesan modern yang santai. Sangat cocok sekali untuk digunakan pada ruang tamu atau bisa ruangan bekerja, inspirasi yang kreatif bisa muncul karena kehadiran tatanan plafon minimalis yang jauh dari simetris.

  • Plafon Minimalis Miring

Plafon Minimalis Miring

Plafon minimalis miring memiliki keindahan tersendiri yang sangat unik. Maka dari itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk mendekorasi interior rumah dengan gaya plafon rumah miring, tak ada salahnya jika Anda mengkombinasikan plafon jenis ini dengan jenis lantai kayu (parquet).

Tips Desain Plafon Ruang Tamu Berbahan Gypsum

Saat mendesain plafon ruang tamu dari bahan gypsum, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya desain plafon nantinya sesuai dengan interior. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika desain plafon ruang tamu berbahan gypsum:

plafon gypsum

  1. Pilih Model Plafon yang Sesuai Ruang Tamu

Pada dasarnya, plafon gypsum terdiri dari 3 model yaitu, supended, dome, dan chatedral. Perbedaannya terletak pada bentuk kontur plafon yang dimana suspended mempunyai kontur rata, dome bentuknya menyerupai kubah, dan untuk chatedral mempunyai kontur yang menyesuaikan atap.

Saat menentukan model plafon gypsum yang ingin dipasang maka Anda harus menyesesuaikannya dengan tema dan juga ukuran ruang tamu Anda. Untuk model dome dan juga chatedral bisa memberikan kesan yang cukup luas pada ruangan minimalis.

Baca Juga:  Harga Plafon Dan Lis Gypsum

  • Pemilihan Plafon Berkualitas

Pemilihan plafon gypsum selalu mengutamakan keberlangsungan serta ketahanan dari plafon itu sendiri. Ketika memilih plafon gypsum usahakan untuk menggunakan plafon yang memiliki bobot ringan dan tidak mudah rusak jika terkena rembesan air.

Plafon yang memiliki bobot ringan memiliki tujuan agar terhindar dari plafon lepas akibat rangka yang tidak mampu menopang beratnya. Selain itu, pastikan bahwa material yang dipilih mempunyai pori-pori yang cukup rapat untuk mencegah terjadinya kebocoran.

  • Penggunaan Warna yang Tepat

Untuk memperindah tampilan ruang tamu minimalis maka Anda bisa menambahkan cat pada plafon gypsum. Pilihlah warna yang sesuai sehingga bisa memberikan kesan yang senada pada ruang tamu Anda. Hindari penggunaan warna gelap pada plafon rumah karena bisa membuat ruang tamu minimalis Anda terkesan sangat sempit.


Loading...