Desain Tangga Rumah Minimalis


Desain Tangga Rumah – Jika Anda ingin memiliki rumah tingkat, maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tangga rumah. Sebab area ini menjadi akses bagi penghuni rumah untuk naik ke lantai atas.

Tangga rumah ini juga tak bisa dibuat sembarangan. Sebab tangga harus dirancang dengan benar. Selain itu proses instalasi dan finishing juga harus dilakukan dengan tepat sehingga menghasilkan tangga yang mudah untuk diakses dan aman.



Berbicara soal desain, saat ini ada banyak sekali variasi desain tangga yang bisa kita lihat. Mulai dari yang tampak minimalis, alami hingga yang mengusung tema industrial. Masing-masing tangga ini tentu saja mempunyai ciri khas yang bisa Anda serasikan dengan interior rumah.

Selain desain, jenis tangga juga bermacam-macam. Terlebih dahulu mari kita bahas jenis tangga rumah yang bisa Anda terapkan pada rumah.

Jenis-jenis Tangga Rumah

Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya tangga bisa dibagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. Tangga melayang
  2. Tangga spiral
  3. Tangga zig-zag
  4. Tangga penguin

Berdasarkan Materialnya

Sedangkan berdasarkan materialnya, tangga rumah dibagi menjadi:



  1. Tangga kayu
  2. Tangga metal
  3. Tangga beton
  4. Tangga kaca

Baca juga: Harga Railing Tangga

Inspirasi Desain Tangga Rumah

Setelah mengetahui beberapa macam tangga rumah, kami berikan beberapa referensi desain tangga rumah. Sebenarnya desain tangga bisa bermacam-macam. Di internet dan sumber informasi lainnya kita bisa melihat beraneka macam bentuk tangga rumah. Sebagai referensi, kami berikan beberapa gambar desain tangga yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk Anda.

Tangga Kontemporer Minimalis

Tangga dengan desain kontemporer minimalis sering dijumpai pada rumah atau apartemen mewah. Tangga ini tampil memikat dengan pagar tangga yang memakai material kaca. Lalu pada bagian pegangan atau railing tangga menggunakan kayu oak. Begitu juga dengan anak tangganya. Sebagai pemanis Anda bisa menambahkan ambience lamp di bagian anak tangga yang mempercantik tampilan tangga.

Tangga kontemporer umumnya memiliki lebar yang tidak terlalu luas namun tidak terlalu sempit. Tangga ini disesuaikan dengan proporsi bangunan agar tetap serasi.



Tangga dengan Tema Industrial

Tema industrial juga menarik untuk diterapkan pada interior rumah. Anda bisa memulainya dari tangga rumah. Anda bisa menggunakan material besi di bagian pagar tangga hingga menutupi bagian ibu tangga. Selain itu tambahkan pula jeruji besi yang disusun horizontal pada pagar tangga agar kesan industrial semakin kental.

Selain material besi Anda juga bisa menggunakan material kayu, misalnya pada anak tangga. Tujuannya agar tampilan tangga tidak terkesan monoton dan menghadirkan tampilan yang menarik. Sedangkan untuk bentuk Anda bisa memilih bentuk yang simetris, seperti tangga lurus atau berbelok model L.

Floating Stairs

Yang tak kalah memikat dari desain tangga rumah lainnya adalah floating stairs. Sesuai dengan namanya, ciri khas utama dari tangga ini adalah tampilannya yang seakan melayang. Kesan ini tercipta karena bagian induk tangga yang dihilangkan dari struktur desain.