Desain Tangga Rumah Minimalis


Desain Tangga Rumah – Jika Anda ingin memiliki rumah tingkat, maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tangga rumah. Sebab area ini menjadi akses bagi penghuni rumah untuk naik ke lantai atas.

Tangga rumah ini juga tak bisa dibuat sembarangan. Sebab tangga harus dirancang dengan benar. Selain itu proses instalasi dan finishing juga harus dilakukan dengan tepat sehingga menghasilkan tangga yang mudah untuk diakses dan aman.

Berbicara soal desain, saat ini ada banyak sekali variasi desain tangga yang bisa kita lihat. Mulai dari yang tampak minimalis, alami hingga yang mengusung tema industrial. Masing-masing tangga ini tentu saja mempunyai ciri khas yang bisa Anda serasikan dengan interior rumah.

Selain desain, jenis tangga juga bermacam-macam. Terlebih dahulu mari kita bahas jenis tangga rumah yang bisa Anda terapkan pada rumah.

Jenis-jenis Tangga Rumah

Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya tangga bisa dibagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. Tangga melayang
  2. Tangga spiral
  3. Tangga zig-zag
  4. Tangga penguin

Berdasarkan Materialnya

Sedangkan berdasarkan materialnya, tangga rumah dibagi menjadi:

  1. Tangga kayu
  2. Tangga metal
  3. Tangga beton
  4. Tangga kaca

Baca juga: Harga Railing Tangga

Inspirasi Desain Tangga Rumah

Setelah mengetahui beberapa macam tangga rumah, kami berikan beberapa referensi desain tangga rumah. Sebenarnya desain tangga bisa bermacam-macam. Di internet dan sumber informasi lainnya kita bisa melihat beraneka macam bentuk tangga rumah. Sebagai referensi, kami berikan beberapa gambar desain tangga yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk Anda.

Tangga Kontemporer Minimalis

Tangga dengan desain kontemporer minimalis sering dijumpai pada rumah atau apartemen mewah. Tangga ini tampil memikat dengan pagar tangga yang memakai material kaca. Lalu pada bagian pegangan atau railing tangga menggunakan kayu oak. Begitu juga dengan anak tangganya. Sebagai pemanis Anda bisa menambahkan ambience lamp di bagian anak tangga yang mempercantik tampilan tangga.

Tangga kontemporer umumnya memiliki lebar yang tidak terlalu luas namun tidak terlalu sempit. Tangga ini disesuaikan dengan proporsi bangunan agar tetap serasi.

Tangga dengan Tema Industrial

Tema industrial juga menarik untuk diterapkan pada interior rumah. Anda bisa memulainya dari tangga rumah. Anda bisa menggunakan material besi di bagian pagar tangga hingga menutupi bagian ibu tangga. Selain itu tambahkan pula jeruji besi yang disusun horizontal pada pagar tangga agar kesan industrial semakin kental.

Selain material besi Anda juga bisa menggunakan material kayu, misalnya pada anak tangga. Tujuannya agar tampilan tangga tidak terkesan monoton dan menghadirkan tampilan yang menarik. Sedangkan untuk bentuk Anda bisa memilih bentuk yang simetris, seperti tangga lurus atau berbelok model L.

Floating Stairs

Yang tak kalah memikat dari desain tangga rumah lainnya adalah floating stairs. Sesuai dengan namanya, ciri khas utama dari tangga ini adalah tampilannya yang seakan melayang. Kesan ini tercipta karena bagian induk tangga yang dihilangkan dari struktur desain.

Ada beberapa model tangga floating stairs yang bisa dipilih. Seperti floating stairs dengan railing menggantung, floating stairs tanpa railing atau cantilevered stairs dan lain-lain. 

Hanya saja untuk mendesain tangga melayang seperti ini harus melewati perhitungan yang tepat. Perhitungan beban harus akurat, sehingga memungkinkan anak tangga menahan beban maksimal.

Tangga Melingkar Transparan

Tangga berbentuk spiral menjadi salah satu desain tangga yang unik dan patut untuk dicoba. Anda bisa membuat pagar dan anak tangga yang terbuat dari material kaca. Sedangkan bagian railing atau pegangan tangga dan tiang penyangga dibuat dari bahan stainless steel. Alhasil tampilannya yang terkesan transparan menghadirkan kesan yang minimalis modern.

Yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan tangga seperti ini adalah memastikan kualitas material kaca dan ketebalannya. Untuk keamanan hindari tekstur kaca yang licin dan jangan mendesain lengkungan yang terlalu curam.

Tangga Gantung

Tangga yang satu ini tidak hanya memiliki tampilan yang unik, namun juga sangat cocok digunakan pada rumah berukuran kecil. Selain itu tangga gantung memberikan kesan bahwa tangga tersebut berbobot ringan. Anda bisa memanfaatkan warna putih agar tampilan tangga gantung terlihat lebih menarik.

Tangga dengan Lebar yang Variatif

Jika Anda tidak ingin desain tangga yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba memvariasikan lebar tangga rumah dan terintegrasi dengan rak pada area mezanin. Sehingga tangga rumah memiliki pola yang menarik. Tidak hanya itu, area anak tangga yang terintegrasi dengan rak bisa Anda gunakan untuk meletakkan barang atau dekorasi.

Tangga dengan Railing Unik

Anda bisa membuat railing yang unik untuk tangga rumah Anda. Tidak harus selalu sejajar dengan tangga. Misalnya membuat tiang-tiang besi vertikal agar menghadirkan nuansa yang unik. Atau Anda juga bisa menyusun tiang-tiang besi kecil yang saling silang agar tampilannya lebih atraktif.

Tangga dengan Dinding Parapet

Anda bisa menambahkan dinding pembatas atau yang dikenal dengan istilah parapet. Hadirnya dinding pembatas ini bukan hanya untuk keamanan saja, namun juga bisa membuat tampilan tangga lebih cantik. Serta menjaga agar ruang tangga tidak tampak sempit.

Tangga Semi Privasi

Untuk menghadirkan pembatas yang tidak terlalu tertutup tanpa mengurangi privasi, Anda bisa mencoba menambahkan parapet semi-transparan. Untuk bahannya bisa menggunakan kayu atau baja dekoratif yang membentang menutupi tangga dengan pola tertentu yang unik.

Tangga Terintegrasi Storage

Memiliki rumah yang tidak terlalu luas menjadi tantangan bagi pemilik, apalagi jika berniat menambahkan tangga untuk akses ke lantai dua. Salah satu trik yang bisa dimanfaatkan adalah dengan mengaplikasikan tangga yang terintegrasi dengan storage. Sehingga tidak hanya sebagai akses naik-turun penghuni, namun juga sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang.

Baca juga: Sistem Kantilever

Faktor Penting dalam Desain Tangga

Ada beberapa faktor penting dalam membuat tangga rumah agar Anda bisa mendapatkan tangga yang tepat. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut akan dijelaskan secara singkat.

Desain dan Model

Menentukan desain dan model tangga harus melihat konsep dari rumah itu sendiri. Usahakan untuk memilih desain yang senada agar tampilannya tetap menarik dan tidak terkesan aneh.

Keamanan

Usahakan memilih tangga yang dilengkapi railing. Materialnya bisa kayu atau besi asalkan aman untuk dipakai. Railing tangga berguna untuk menghindari kemungkinan terjatuh dari tangga.

Posisi Tangga

Tangga disarankan berada di area yang mudah dijangkau dari berbagai sudut rumah. Tujuannya untuk mempermudah mobilitas pemilik rumah.

Kualitas Anak Tangga

Berfungsi sebagai pijakan, maka dari itu penting bagi Anda untuk memastikan kualitas anak tangga. Jadi jangan terlalu terpaku dengan tampilannya, namun kualitas adalah yang utama. Pastikan kualitasnya baik sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Material Berkualitas

Pastikan Anda memanfaatkan material bangunan yang berkualitas untuk membuat tangga. Material yang berkualitas tentu saja membutuhkan dana yang lebih banyak. Akan tetapi dengan demikian tangga bisa lebih tahan lama dan menjamin keamanan penghuni saat mengaksesnya.


Loading...