Ide Inspirasi Gambar Potongan Atap


Ide Inspirasi Gambar Potongan Atap – Atap merupakan salah satu konstruksi yang memiliki peran sangat penting dalam pembangunan rumah. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi bangunan dari berbagai macam cuaca seperti terik matahari dan hujan.

Bentuk atap ternyata juga bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan dan sirkulasi dalam rumah. Maka dari itu, penting sekali merencanakan atap yang tepat untuk bangunan rumah. Dengan memilih model atap yang tepat maka sudah pasti mampu memberikan perlindungan pada penghuninya dan menambah nilai estetika dari rumah.



Meski demikian, bentuk atap untuk bangunan rumah yang dipilih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitar. Perencanaan atap sendiri merupakan gambar rancangan bentuk atap yang ingin dibangun sekaligus menggambarkan bentuk atap setelah proses pembangunan selesai. Sehingga dibutuhkan ketelitian lebih dalam pembuatan perencanaan tersebut.

Bagi Anda yang bingun mengenai cara menggambarkan perencanaan atap, berikut ini kami akan memberikan ide inspirasi gambar potongan atap beserta pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca juga: Analisa Dan Contoh RAB Atap Baja Ringan

Implementasi Bentuk Potongan Atap

Berikut ini adalah beberapa bentuk potongan atap yang bisa dipilih untuk diaplikasikan pada bangunan rumah.

  1. Atap Datar

Atap datar merupakan bentuk atap yang memiliki tampilan paling sederhana. Model atap ini memiliki bentuk horizontal tanpa adanya pertemuan sisi.



Atap rumah ini biasa digunakan pada rumah-rumah yang menerapkan desain minimalis. Dengan menggunakan model atap ini maka tampilan rumah akan menjadi ringkas dan lurus.

  1. Atap Pelana

Atap pelana merupakan atap yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Bentuk atap ini biasa digunakan untuk bangunan tertentu seperti bangunan sekolah dan perkantoran. Ciri-ciri atap ini yaitu memiliki bentuk berupa dua bidang trapesium dengan sudut 30 sampai 40 derajat yang bertemu pada bagian puncak.



Bentuk atap ini memang cocok jika digunakan di Indonesia karena bisa mengalirkan air hujan dan panas dengan baik.

Baca juga: Menghitung Luas Dan Rangka Atap Baja Ringan

  1. Atap Gergaji

Bentuk atap yang selanjutnya adalah atap gergaji. Model atap ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan besar seperti pabrik atau gedung industri.

Hal tersebut karena atap gergaji memiliki bentuk yang curam sehingga dapat melindungi mesin pabrik dan para pekerja dari cahaya matahari secara langsung. Namun sekarang ini, model atap gergaji juga sudah mulai banyak digunakan untuk rumah hunian.

  1. Rencana Atap Perisai (Limasan)

Atap perisai juga biasa disebut dengan atap limas. Model atap ini dibuat dengan empat bidang yaitu dua bidang segitiga dan dua bidang trapesium.



Keempat bidang tersebut nantinya akan terhubung menjadi satu pada bagian puncak sehingga dinamakan sebagai bubungan. Model atap yang satu ini juga merupakan model yang paling sering dijumpai di Indonesia.

  1. Atap Kombinasi Pelana dan Perisai

Bentuk atap ini adalah kombinasi dari atap perisai dengan atap pelana. Bisa juga dikatakan bahwa bentuk atap yang satu ini merupakan bentuk sempurna dari bentuk atap perisai dan pelana.