Harga Lem Tembak Kecil Listrik Dan Tanpa Listrik

Harga Lem Tembak Tanpa Listrik / Cordless – Ada banyak sekali peralatan yang dapat dimanfaatkan dalam membanguna atau merenovasi sebuah bangunan. Masing-masing alat ini memiliki bentuk yang tidak sama. Fungsinya pun juga berbeda-beda. Sehingga Anda perlu mengetahuinya, berikut cara memakainya.

Salah satu peralatan yang sering digunakan, khususnya saat mengerjakan hal yang berkaitan dengan kelistrikan adalah lem tembak. Anda dapat menggunakannya untuk beberapa keperluan. Di samping itu alat ini juga dapat digunakan dengan mudah.

Biasanya alat ini dipakai untuk merekatkan material PVC, kayu, atau kain. Selain dalam dunia konstruksi, lem ini juga sering dipakai untuk membuat suatu kerajinan tangan. Misalnya untuk membuat boneka, bros, flannel, dan lain sebagainya.

Lem tembak mempunyai daya kering yang tergolong cepat dan daya rekat yang baik. Di samping itu lem ini juga diklaim lebih tahan lama dibandingkan dengan lem konvensional.

Lantas berapa harga lem tembak ini? Berikut ini kami paparkan informasi seputar lem tembak, tak terkecuali harga, fungsi, hingga cara memakainya. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Lem Tembak

Lem tembak juga dikenal dengan sebutan glue gun. Bukan tanpa alasan, jika diperhatikan alat ini memiliki bentuk menyerupai sebuah pistol. Itulah yang membuatnya dinamakan demikian.

Alat yang berupa pistol ini berfungsi untuk memanaskan lem batang yang disisipkan ke dalamnya sehingga lem tersebut meleleh dan dapat digunakan untuk merekatkan suatu benda. Alat pemanas tersebut dapat bekerja dengan bantuan aliran listrik. Setelahnya lem batang yang dimasukkan ke dalamnya dipanaskan dan meleleh lalu dikeluarkan dari ujung alat tembak yang berbentuk kerucut.

Sebenarnya kita bisa saja menggunakan lem batang tanpa alat tersebut. Kita bisa membakarnya langsung dengan api, misalnya dari korek api. Sehingga lem tersebut meleleh dan bisa diaplikasikan pada permukaan benda. Hanya saja hal ini lebih merepotkan. Di samping itu lelehan lem tersebut akan terlihat menghitam. Lelehan lem tersebut juga bisa mengenai tangan atau area lain yang tidak semestinya.

Lem tembak mempunyai ciri khas pada aromanya. Berbeda dengan lem lainnya, lem ini tidak memiliki aroma yang menyengat sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan aroma yang dihasilkan dari penggunaan lem ini.

Baca juga: Harga Lem HPL Berbagai Merk Rekomendasi

Fungsi Lem Tembak

Lem tembak memiliki sejumlah kegunaan. Sebelum mengetahui harganya, memahami apa saja fungsi lem tembak tak kalah penting. Sehingga saat Anda membelinya nanti Anda sudah tahu bahwa alat tersebut dapat dipakai untuk kebutuhan Anda.

Memperbaiki Barang Rusak

Jika ada barang yang patah atau rusak Anda bisa memperbaikinya dengan lem tembak. Akan tetapi perlu dicatat bahwa lem ini hanya bisa diaplikasikan pada material berbahan kayu, kain, plastik, dan beberapa jenis lainnya.

Untuk Mengemas Barang

Lem tembak juga bisa dimanfaatkan untuk merekatkan kardus agar sisi atas dan bawahnya tertutup dengan baik. Lem tembak juga dapat dipakai untuk packing dengan memakai kotak. Ya tentu saja ini sangat membantu banyak orang, terlebih jika harus mengemas barang ke dalam kardus atau kotak.

Membuat Kerajinan Tangan

Lem tembak sudah lama digunakan untuk menghasilkan sebuah kerajinan tangan. Biasanya lem ini dipakai untuk menempelkan hiasan pada beberapa permukaan, seperti kain. Lem tembak mempunyai daya rekat yang sangat kuat dan membuat hasil kerajinan terlihat lebih rapi dibandingkan dengan memakai jenis lem lainnya.

Daftar Harga Lem Tembak

Harga lem ini di pasaran cukup beragam. Di samping itu Anda bisa membelinya secara terpisah. Jika ingin membeli alatnya, Anda biasanya juga akan mendapatkan lem batang atau refill lem tembak. Akan tetapi juga tersedia lem batang yang biasanya dijual eceran dan dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko. Mulai toko elektronik, minimarket, atau bahkan supermarket. Sebagai referensi tambahan, silakan simak daftar harga di bawah ini.

Merk Alat Lem Tembak Harga
Hot Melt Glue Gun 10 Watt Rp. 14.000
Hot Melt Glue Gun J-128 20 Watt Rp. 36.000
Hot Melt Glue Gun YB703 20 Watt Rp. 37.000
Orange Glue Gun 10 Watt Rp. 21.000
Viper Glue Gun 20 Watt Rp. 21.000
Happy PT-G01B Glue Gun 20 Watt Rp. 21.000
Kenmaster Glue Gun 10 Watt Rp. 24.000
Kenmaster Glue Gun 15 Watt Rp. 25.000
Kenmaster Glue Gun 40 Watt Rp. 37.000
Kenmaster Glue Gun 80 Watt Rp. 55.000
Nankai Junior Glue Gun 10 Watt Rp. 25.000
Nankai Junior Glue Gun 40 Watt Rp. 35.000
Toho Glue Gun 10 Watt Rp. 51.000
Toho Glue Gun 40 Watt Rp. 82.000
Dekko Glue Gun 15 Watt Rp. 66.000
Dekko Glue Gun DG-11 60 Watt Rp. 96.000
Winner Glue Gun TL-9202 25 Watt Rp. 64.000
Michael Glue Gun 60 Watt Rp. 100.000
Ingco Glue Gun 100 Watt Rp. 81.000
Sellery Glue Gun 80 Watt Rp. 105.000
Stanley Glue Gun 100-240V Rp. 109.000
Rapid Glue Gun 40 Watt Rp. 105.000
Universal Glue Gun 20 Watt Rp. 45.000
Eagle Glue Gun 20 Watt Rp. 40.000
C-Mart Glue Gun 60 Watt Rp. 125.000
Prohex Glue Gun 80 Watt Rp. 140.000

Harga Isi Lem Tembak

Ukuran Lem Batang Harga Eceran (Rp)
Isi Lem tembak diameter 0,7 cm dan panjang 20 cm 900
Isi Lem tembak warna hitam panjang 20 cm 1.200
Isi Lem tembak panjang 28 cm 2.125
Isi Lem tembak panjang 30 cm 2.200

Harga Lem Tembak Cordless Tanpa Listrik

PRODUK HARGA GAMBAR
S12 CORDLESS GLUE GUN (Ø11.2MM) INGCO CGGLI1201 LEM TEMBAK LILIN CAIR RP182.500
CORDLESS GLUE GUN ALAT LEM TEMBAK LEM TANGAN BESAR 20 50 WATT INGCO RP224.000
MESIN GLUE GUN CORDLESS LEM TEMBAK BATERAI 20V RP230.000
GLUE GUN CORDLESS 15 WATT, TOSITA GT-12228 RP171.925
HOT MELT GLUE GUN WIRELESS S-609 JOER TANPA KABEL – ALAT LEM TEMBAK RP98.999
HOT MELT GLUE GUN WIRELESS S-608 JOER TANPA KABEL – ALAT LEM TEMBAK RP88.998
RYU GLUE GUN CORDLESS RCG 7 GLUEGUN ALAT TEMBAK + BONUS 2 BATANG LEM RP240.000
BLACK + DECKER PISTOL LEM TEMBAK TANPA KABEL 12V USB GLUE GUN RP462.000
KRISBOW CORDLESS GLUE GUN /HOT MELT GLUE GUN WIRELESS /LEM TEMBAK RP499.000
BOSCH PKP 3.6 LI CORDLESS LI-ION GLUE GUN RP1.800.000

Perlu kami tekankan bahwa harga lem di atas tidak mengikat. Kemungkinan besar terdapat selisih harga, meskipun hanya kecil. Kendati demikian Anda tetap bisa memanfaatkan daftar harga di atas sebagai referensi sebelum langsung mendatangi toko yang menjual lem tembak.

Cara Memakai Lem Tembak

Lem tembak atau glue gun didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk dioperasikan. Akan tetapi tetap saja kita perlu mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan supaya tidak ada kesalahan saat menggunakannya nanti. Berikut kami jelaskan singkat tahap menggunakan lem tembak:

  1. Baca petunjuk penggunaan terlebih dahulu. Bisa jadi Anda menjumpai petunjuk tersebut di balik kemasan atau dalam manual book.
  2. Cermati dan pastikan bahwa alat tembak tidak cacat dan dapat berfungsi dengan baik.
  3. Selanjutnya pastikan mulut pipa pada alat tembak bersih. Jika terdapat kotoran bersihkan terlebih dahulu agar proses pengeleman nanti tidak terdapat kendala.
  4. Masukkan lem batang ke bagian belakang alat tembak sampai mentok.
  5. Jika sudah terpasang sempurna hubungkan kabel lem tembak ke colokan listrik.
  6. Tunggu alat tembak sampai panas dan sudah bisa dipakai untuk melelehkan lem. Mengenai durasi waktunya berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang cukup lama.
  7. Jika sudah panas tekan pelatuk pada alat tembak dengan hati-hati untuk mengeluarkan lem yang sudah dilelehkan.
  8. Aplikasikan perlahan pada bidang yang diinginkan.

Kekurangan Lem Tembak

Mempunyai beberapa fungsi tak membuat lem ini bebas dari kekurangan. Ada dua kekurangan yang ada pada lem ini. Berikut penjelasan yang bisa Anda simak dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan tambahan.

Fungsi Spesifik

Lem tembak mempunyai fungsi yang bisa dibilang cukup spesifik. Artinya lem ini hanya bisa digunakan untuk beberapa keperluan tertentu. Tidak seperti lem lain, misalnya lem PVAc yang bisa dipakai untuk beragam keperluan. Mulai dari perekatan laminasi, untuk konstruksi, sampai media kayu maupun kertas.

Kurang Estetik

Dalam beberapa hal memakai lem tembak dinilai kurang estetik. Misalnya saat memakai lem ini untuk membuat bros. Lem ini memiliki lapisan film yang bisa membuat hasil kerajinan menjadi sedikit kurang menarik. Di samping itu lem ini juga cenderung membesar saat dingin dan memadat. Tidak bisa diaplikasikan tipis rata seperti jenis lem lain.

Baca juga: Harga Lem Silikon Sealant Merk Terbaik

Tips Memilih Lem Tembak

Pastikan Temperatur Sesuai Kebutuhan

Glue gun tersedia dalam dua macam temperatur, yakni rendah dan tinggi. Temperatur rendah memiliki suhu sekitar 120°C dan cocok dipakai untuk kerajinan tangan. Sementara temperatur tinggi mempunyai suhu 170°C dan biasa dipakai untuk logam atau kaca.

Nyaman Dipakai

Ada cukup banyak pilihan lem tembak yang tersedia di pasaran. Maka dari itu pastikan bahwa lem tembak yang Anda pilih nyaman untuk dipakai dan tidak terlalu berat.

Cek Diameter

Lem batang mempunyai diameter yang berbeda-beda. Biasanya berkisar 7-10 mm. Maka dari itu saat membeli lem tembak jangan lupa mencermatinya.

Fitur Tambahan

Ada beberapa lem tembak yang mempunyai fitur tambahan. Misalnya cepat panas, ada tombol switch, atau ada kaki penyangga. Pertimbangkan opsi tersebut untuk memudahkan Anda dalam memakainya.