Biaya Servis Pemanas Air (Water Heater)


Biaya Servis Water Heater – Jika Anda perhatikan di dalam rumah ada cukup banyak peralatan rumah tangga yang digunakan sehari-hari. Ada yang sering digunakan, dan ada pula yang jarang. Terlepas dari intensitas penggunaan peralatan ada kalanya peralatan tersebut mengalami permasalahan sehingga perlu diperbaiki. Tak terkecuali pemanas air atau water heater.

Water heater menjadi alat yang cukup penting pada kamar mandi. Terlebih jika Anda suka mandi dengan air hangat atau tinggal di daerah yang bersuhu dingin. Tentu akan merepotkan jika pemanas air mengalami permasalahan atau kerusakan.



Di kondisi seperti itu sangat disarankan untuk menyerahkannya kepada yang ahli. Anda bisa menghubungi service center resmi masing-masing merek atau menghubungi jasa servis pemanas air terpercaya. Yang menjadi pertanyaan berapa biaya servis pemanas air?

Daftar Biaya Servis Pemanas Air

Mengenai hal tersebut tergantung dari permasalahan atau pekerjaan yang dilakukan nantinya. Sebenarnya biaya perbaikan water heater ini bisa beragam. Masing-masing penyedia jasa atau service center memiliki tarif tersendiri. Akan tetapi sebagai gambaran Anda bisa simak daftar biaya berikut.

Jasa Harga
Biaya Kunjungan dan Pengecekan (Tanpa Service)* Rp 75.000,-
Service Pemanas Air Elektrik (Tidak Pakai Tabung) Rp 100.000,-
Service Pemanas Air Gas Rp 100.000,-
Service Pemanas Air Solar Rp 225.000,-
Service Pemanas Air Kompresor AC Rp 125.000,-
Instalasi Unit Elektrik / Gas Rp 150.000,-
Instalasi Unit Solar Rp 225.000,-

Sebagai catatan, biasanya masing-masing penyedia jasa memiliki ketentuan tersendiri mengenai biaya dan hal-hal lainnya. Sebagai contoh untuk memeriksa kerusakan pada pemanas air ada yang mengenakan biaya pengecekan, sekalipun customer nantinya tidak jadi melakukan perbaikan.

Di samping itu perlu Anda ketahui bahwa di biaya atau harga di atas hanya untuk jasa servis saja. Dengan kata lain biaya tersebut belum termasuk harga sparepart jika perlu dilakukan penggantian.



Baca juga: Harga Pompa Air Shimizu Semua Tipe

Macam-macam Servis Pemanas Air

Setelah mengetahui kisaran biaya servis water heater, selanjutnya kita bahas apa saja layanan perbaikan yang umum ditawarkan kepada pelanggan. Silakan simak pembahasan di bawah ini.

Pengecekan

Pengecekan dilakukan untuk mengetahui kerusakan apa yang terdapat pada alat water heater. Contoh kerusakannya seperti proses pemanasan air yang lebih lama, adanya sengatan listrik pada aliran air, tersumbatnya aliran air, kebocoran, permasalahan pada batang anoda, dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum dilakukan perbaikan teknisi akan mengecek terlebih dahulu untuk mengetahuinya.

Servis Pemanas Air Elektrik

Jika menggunakan water heater elektrik permasalahan yang bisa muncul adalah air sulit panas, debit air minim, dan air yang tidak keluar. Air yang sulit panas tersebut dikarenakan adanya kebocoran pada pipa air atau hubungan silang antara air panas dan air dingin. Sedangkan debit air yang minim atau tidak keluar sama sekali bisa dikarenakan pipa air panas yang tersumbat atau non-return value yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.



Servis Pemanas Air Gas

Apabila menggunakan water heater gas, permasalahan yang kerap muncul adalah pemanas air gas yang menyala dan mati terus-menerus. Hal ini biasanya dikarenakan termostat atau transistor yang mengalami permasalahan.

Selain itu permasalahan lain pada pemanas air gas adalah munculnya percikan api. Biasanya hal ini dikarenakan gas LPG yang sudah habis, magnetic valve yang melemah atau regulator yang bermasalah. Atau permasalahannya juga bisa karena alat yang tidak memercikkan api. Biasanya hal ini dikarenakan pompa yang melemah, modul pemantik yang bermasalah, atau aliran air yang tersumbat.

Baca juga: Harga Water Heater Listrik Dan Gas

Servis Pemanas Air Solar

Pemanas air yang memanfaatkan panas cahaya matahari juga bisa mengalami masalah. Seperti masuknya air kotor ke dalam tabung. Atau anoda magnesium yang tidak diganti, safety value yang bermasalah, dan lain sebagainya.

Untuk anoda magnesium disarankan menggantinya setiap 4 tahun apabila lingkungan sekitar bersih. Selain itu Anda juga perlu memeriksa safety value karena fungsinya sebagai pengaman tekanan berlebih. Safety value ini perlu dinaikkan secara berkala supaya penyumbatan tidak terjadi.



Servis Pemanas Air Kompresor AC

Pemanas air ini menggunakan kompresor AC yang berfungsi sebagai pemanas. Biasanya kerusakan alat pemanas air ini adalah air yang tidak dapat keluar, jumlah air yang sedikit, dan aroma tak biasa pada air.

Instalasi Unit Elektrik/Gas

Penyedia jasa juga bisa menawarkan layanan instalasi unit. Untuk pemasangan pemanas air elektrik mula-mula dilakukan instalasi pipa air. Pipa tersebut nantinya untuk air panas dan juga air dingin. Pemasangan unit biasanya akan dipasang minimal 1,5 meter dari lantai kamar mandi. Fungsinya untuk mencegah cipratan air mengenai pemanas air.

Sedangkan pemasangan pemanas air gas tidak jauh berbeda dengan water heater elektrik. Yang membedakan pemanas air gas nantinya harus disambungkan ke gas dengan memakai selang.

Instalasi Unit Solar

Pemasangan pemanas air solar dilakukan dalam beberapa tahap. Akan tetapi disarankan pemasangannya dilakukan bersamaan dengan instalasi pipa air bersih atau saat membangun rumah. Pemasangan diawali dengan menentukan titik keran air panas. Selanjutnya teknisi harus menyiapkan dak beton untuk meletakkan pemanas air solar.