Biaya Servis Pemanas Air (Water Heater)


Biaya Servis Water Heater – Jika Anda perhatikan di dalam rumah ada cukup banyak peralatan rumah tangga yang digunakan sehari-hari. Ada yang sering digunakan, dan ada pula yang jarang. Terlepas dari intensitas penggunaan peralatan ada kalanya peralatan tersebut mengalami permasalahan sehingga perlu diperbaiki. Tak terkecuali pemanas air atau water heater.

Water heater menjadi alat yang cukup penting pada kamar mandi. Terlebih jika Anda suka mandi dengan air hangat atau tinggal di daerah yang bersuhu dingin. Tentu akan merepotkan jika pemanas air mengalami permasalahan atau kerusakan.

Di kondisi seperti itu sangat disarankan untuk menyerahkannya kepada yang ahli. Anda bisa menghubungi service center resmi masing-masing merek atau menghubungi jasa servis pemanas air terpercaya. Yang menjadi pertanyaan berapa biaya servis pemanas air?

Daftar Biaya Servis Pemanas Air

Mengenai hal tersebut tergantung dari permasalahan atau pekerjaan yang dilakukan nantinya. Sebenarnya biaya perbaikan water heater ini bisa beragam. Masing-masing penyedia jasa atau service center memiliki tarif tersendiri. Akan tetapi sebagai gambaran Anda bisa simak daftar biaya berikut.

Jasa Harga
Biaya Kunjungan dan Pengecekan (Tanpa Service)* Rp 75.000,-
Service Pemanas Air Elektrik (Tidak Pakai Tabung) Rp 100.000,-
Service Pemanas Air Gas Rp 100.000,-
Service Pemanas Air Solar Rp 225.000,-
Service Pemanas Air Kompresor AC Rp 125.000,-
Instalasi Unit Elektrik / Gas Rp 150.000,-
Instalasi Unit Solar Rp 225.000,-

Sebagai catatan, biasanya masing-masing penyedia jasa memiliki ketentuan tersendiri mengenai biaya dan hal-hal lainnya. Sebagai contoh untuk memeriksa kerusakan pada pemanas air ada yang mengenakan biaya pengecekan, sekalipun customer nantinya tidak jadi melakukan perbaikan.