Harga Plitur Kayu Murah Terbaik

Harga Plitur Kayu Murah Terbaik – Pada saat ini kita sering mendengan pernis dan plitur kayu apabila ingin membeli perabotan atau furniture yang berbahan dasar kayu.

Hampir setiap furnitur yaitu seperti meja, kursi, lemari atau beberapa produk lainnya biasa dilapisi dengan pernis atau plitur kayu tersebut. hal itu ditujukan agar perabotan atau furnitur tersebt tampak lebih mengkilap dan indah.

Baca juga: Sirlak Untuk Pelitur Kayu Dan Cara Membuatnya

Baca juga: Harga Dan Ukuran Pintu WPC

Sebagian banyak orang masih banyak yang bingung mengenai pernis kayu dengan plitur kayu. Hal yang membedakan antara pernis dengan plitur kayu adalah jika menggunakan plitru kayu harus mencampurnya dengan pelarut terlebih dahulu. Sama dengan cat tembok biasanya yang harus ditambahkan sedikit air agar lebih encer dan tidak terlalu keras, plitur kayupun juga hars ditambahkan dengan sedikit pelarut agar mudah dalam penggunaannya. Pelarut yang biasa digunakan adalah thinner.

Ciri – Ciri Plitur Kayu

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari plitur yaitu:

  • Terbuat dari bahan dasar oker. Dimana oker sendiri adalah ranah lunak yang telah melewati proses oksidasi. Proses tersebut yang kemudian membuat oker memiliki variasi warna yang cukup banyak, seperti warna kunng keemasan, kuning emas, coklat dan lain sebagainya.
  • Pada saat digunakan harus dicampur dengan bahan pelarut. Cara penggunaan dari plitur ini sebelumnya harus dicampur dengan bahan pelarut dimana bahan campuran yang digunakan berupa spirtus. Akan tetapi plitur juga dapat dicampur dengan thinner untuk melarutkannya.
  • Menghasilkan warna. Pada saat pengaplikasian plitur ini akan memberikan warna pada permukaan kayu ang diolesi oleh plitru ini. Warna yang dihasilkan tersebut didapat dari oker. Plitur dapat digunakan sebagai solusi apabila kayu memiliki warna yang tidak merata.

Baca juga: Harga Cat Kayu Dan Besi Ukuran 1-5 Kg

Baca juga: Harga Kayu Glugu Gelondongan Dan Per Batang

Perbedaan Pernis Kayu Dan Plitur Kayu

Pernis memiliki hasil warna yang transparan keras sehingga dapat memberikan lapisan film. Warna pernis kayu pada umumnya transparan dan memberikan penampilan gloss atau semi gloss. Sedangkan plitur kayu merupakan bahan finishing yang sering digunakan pada abad ke – 19.

Plitur atau politer tersebut terbuat dari bahan resin alam yaitu serangga yang hidup di india dan juga thailand. Untuk warna dari plitur kayu sendiri adalah transparant, akan tetapi lebih cenderung menguning karena resin dari serangga tersebut. plitur ini merupakan shellac yang tersedia dalam bentuk kepingan tipis lalu akan dilarutkan menggunakan ethanol atau spiritus.

Berikut ini adalah tabel perbedaan dari pernis kayu dan plitur yang dapat memudahkan pembaca untuk mengerti perbedaan antara kedua jenis tersebut (pernis dan plitur) yaitu:

Pengaplikasian Plitur kayu

Dalam pengalplikasiannya pada dasarnya plitur ini berbeda dengan pernis. Apabila menggunakan pernis anda dapat langsung menggunakannya pada furnitur, tidak dengan plitur. Anda diharuskan untuk mencampurkan plitur dengan bahan pelarut terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar plitur tersebut dapat lebih encer dan dapat digunakan dengan baik untuk mengoles permukaan furnitur menggunakan kuas.

Baca juga: Harga Mesin Amplas Kayu Dan Dinding / Tembok

Baca juga: Harga Dan Kualitas Kayu Kumea

Efek Penggunaan Plitur Kayu

Apabila pernis kayu hanya memberikan efek glossy saja atau efek mengkilap pada permukaan furnitur, akan tetapi berbeda dengan plitur kayu. Plitur kayu akan memberikan perubahan warna pada permukaan furnitur tersebut sekaligus memberikan efek mengkilap pada sisi – sisi yang telah diolesi oleh plitur tersebut. jadi jika ingin mengubah warna dari furnitur kayu dan sekaligur membuatnya menjadi tampak berkilau atau mengkilap maka dapat digunakan plitur.

Fungsi dari Plitur Kayu

Antara cat, pernis maupun plitur pasti memiliki beberapa fungsi yang dapat memberikan efek menarik pada furnitu dengan bahan dasar kayu. Berikut ini adalah bebrapa fungsi dari plitur kayu yaitu:

  • Memberikan perlindungan permukaan furnitur kayu. Pada umumnya permukaan kayu dapat sangat mudah tergores dan dihinggapi debu. Dalam menghindari hal itu maka dapat memanfaatkan plitur untuk melinfungi permukaan perabot rumah yang berbahan dasar kayu.
  • Memberikan penampilan menarik. Dengan adanya plitur ini juga dapat memberikan penampilan menarik pasalnya furnitur yang berbahan dasar kayu dapat dibuat lebih cantik dengan pengaplikasian plitur kayu ini.
  • Membuat furnitur lebih awet dan tahan lama. Dalam pengaplikasian plitur ini juga dapat membuat furnitur lebih awet dan tahan lama, hal tersebut dikarenakan plitr memang memiliki fungsi agar perabot kayu dapat bisa lebih terjaka kualitasnya.

Baca juga: Desain Moulding Kayu Untuk Mempercantik Dinding

Baca juga: Pengertian Kayu Laminasi Dan Penggunaannya

Cara Penggunaan Plitur Kayu

Berikut ini adalah beberapa cara – cara penggunaan plitur pada kayu yaitu:

1) mempersiapkan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan pada umumnya seperti plitur, amplas, kain lap atau kuas, wadah, masker, dan pengencer (spirtus, thinner, atau air)

2) siapkan media yang akan diplitur. Setelah menyiapkan bahan maka selanjutnya adalah menyiaokan media yang akan diplitur. Pastikan media tersebut memiliki permukaan kayu yang benar – benar telah kering dari kotoran maupun sisa minya. Amplas seluruh permukaan kayu agar halus.

3) encerkan plitur. Untuk langkah selanjutnya plitur dapat diencerkan dengan bahan pengencernya. Pada langkah ini jangan lupa dengan menggunakan masker

4) Mengaplikasikan cairan plitur. Setelah plitur diencerkan maka segeralah mengaplikasikannya pada permukaan kayu, agar mendapat hasil lebih baik disarankan untuk menggunakan kain yang telah digulung seperti bola. Celupkan kain tersebut kemudian oleskan secara merata pada permukaan kayu

5) Tunggu sampai kering. Setelah plitur dioleskan pada permukaan kayu maka tunggulah sampai kering. Apabila telah kering maka dilanjutkan dengan pengamplasan. Pada tahap ini akan menemukan serat – serat kayu yang akan timbul. Maka settelah lapisan film kering sebaiknya segera diamplas.

6) aplisaikan plitur lagi. Apabila telah diamplas, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan plitur kembali. Kemudia amplaslah kembali saat permukaan kayu sudah cukup kering dan permukaan belum merata. Supaya menghasilkan hais yang memuasakan biasanya plitur diaplikasikan minimal 2 kali.

Harga Plitur kayu

Berikut ini adalah tabel dari list beberapa harga dari plitur kayu tersebut berdasarkan dari beberapa merk yaitu:

Catatan: Diketahui bahwa harga plitur kayu terbaru dapat menjadi tolak ukur saat anda memilih atau membeli plitur baik di toko besi maupun secara online. Untuk harga dari plitur sendiri juga dapat berubah – ubah seiring berjalannya waktu dan juga berbeda – beda pada setiap daerah penjualannya.

Baca juga: Harga Mesin Profil Kayu Berbagai Merk

Baca juga: Perbedaan Mesin Router Dan Trimmer Profil Kayu

Demikian artikel ini yang membahas mengenai plitur kayu yang sangat berguna pada suatu penggunan furnitur dengan material utamanya adalah kayu. Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dalam mengetahui cairan yang dapat melapisi furnitur yang terbuat dari kayu.

You might also like