Harga Dan Ukuran Batako Standar SNI


Harga Batako Per Biji – Anda tentu sudah kenal dengan material batako yang sering dipakai pada konstruksi bangunan. Batako adalah bahan bangunan pengganti batu bata. Oleh karenanya fungsi batako sama seperti bata merah. Bisa dipakai untuk tembok, atau bagian lain dari bangunan.

Jika sedang mencari informasi seputar batako, khususnya ukuran dan harganya maka Anda bisa melanjutkan untuk membaca artikel ini. Langsung saja berikut adalah pembahasan lebih jauh seputar batako.



Sekilas Tentang Batako

Batako merupakan batu bata padatan atau concrete brick yang dibuat dari campuran beberapa bahan. Seperti kapur, semen, pasir, dan kricak. Biasanya di Indonesia istilah concrete identik dengan beton. Maka dari itu beton dan batako sering dianggap sama.

Selain itu jika dilihat sekilas tampak menyerupai paving block yang umumnya dipakai untuk jalan atau lantai.

Proses pembuatan batako sendiri pada dasarnya cukup sederhana. Bahan material pembuat seperti semen, pasir kasar, dan air dicampur menjadi satu. Lalu dipadatkan sampai akhirnya berbentuk balok atau menyerupai batu bata.

Tentu saja proses pembuatan tersebut berbeda dengan batu bata yang harus dibakar terlebih dahulu dalam suhu yang tinggi. Pada batako kita hanya perlu mengeringkannya saja di tempat terbuka dan teduh supaya tidak terpapar sinar matahari secara langsung.



Baca juga: Harga Pasir 1 Pickup

Jenis Batako

Di pasaran ada beberapa macam batako dilihat dari bahan bakunya. Yakni batako tras, batako semen, dan batako beton. Berikut penjelasan masing-masing.

Batako Tras

Batako ini sering disebut dengan bata cetak kapur tras atau batako kapur. Sesuai dengan namanya, batako jenis ini dibuat dengan memanfaatkan campuran trass, air, dan batu kapur. Untuk diketahui trass adalah jenis tanah berwarna putih atau putih kecoklatan yang berasal dari lapukan batu-batu gunung berapi.

Pembuatannya sendiri cukup mirip dengan batu bata. Campuran bahan baku tersebut nantinya dicetak dan kemudian dibakar sampai mengeras sebelum siap untuk digunakan. Karena warnanya yang putih batako tras juga disebut dengan bata putih.

Batako Semen



Batako ini juga disebut batako press. Sesuai namanya, batako semen dibuat dari campuran semen dan pasir. Ciri khas dari batako semen adalah luas penampang lubangnya yang lebih dari seperempat dari isi batanya. Batako semen umumnya mempunyai dua atau tiga lubang di sisinya untuk diisi adukan pengikat ataupun spesi.

Batako Beton

Batako beton dibuat dengan bahan baku semen portland atau sejenisnya. Selain itu juga ada batako beton yang dicampur dengan pasir. Kemudian dicetak sehingga dapat memenuhi syarat serta dapat dipakai sebagai material pembuat dinding.

Pengerjaan batako beton ini bisa dengan dua cara. Yakni secara manual, baik dengan alat cetak maupun tangan, dan dengan bantuan mesin.