Harga Dan Ukuran Batako Standar SNI


Harga Batako Per Biji – Anda tentu sudah kenal dengan material batako yang sering dipakai pada konstruksi bangunan. Batako adalah bahan bangunan pengganti batu bata. Oleh karenanya fungsi batako sama seperti bata merah. Bisa dipakai untuk tembok, atau bagian lain dari bangunan.

Jika sedang mencari informasi seputar batako, khususnya ukuran dan harganya maka Anda bisa melanjutkan untuk membaca artikel ini. Langsung saja berikut adalah pembahasan lebih jauh seputar batako.

Sekilas Tentang Batako

Batako merupakan batu bata padatan atau concrete brick yang dibuat dari campuran beberapa bahan. Seperti kapur, semen, pasir, dan kricak. Biasanya di Indonesia istilah concrete identik dengan beton. Maka dari itu beton dan batako sering dianggap sama.

Selain itu jika dilihat sekilas tampak menyerupai paving block yang umumnya dipakai untuk jalan atau lantai.

Proses pembuatan batako sendiri pada dasarnya cukup sederhana. Bahan material pembuat seperti semen, pasir kasar, dan air dicampur menjadi satu. Lalu dipadatkan sampai akhirnya berbentuk balok atau menyerupai batu bata.

Tentu saja proses pembuatan tersebut berbeda dengan batu bata yang harus dibakar terlebih dahulu dalam suhu yang tinggi. Pada batako kita hanya perlu mengeringkannya saja di tempat terbuka dan teduh supaya tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Harga Pasir 1 Pickup

Jenis Batako

Di pasaran ada beberapa macam batako dilihat dari bahan bakunya. Yakni batako tras, batako semen, dan batako beton. Berikut penjelasan masing-masing.

Batako Tras

Batako ini sering disebut dengan bata cetak kapur tras atau batako kapur. Sesuai dengan namanya, batako jenis ini dibuat dengan memanfaatkan campuran trass, air, dan batu kapur. Untuk diketahui trass adalah jenis tanah berwarna putih atau putih kecoklatan yang berasal dari lapukan batu-batu gunung berapi.

Pembuatannya sendiri cukup mirip dengan batu bata. Campuran bahan baku tersebut nantinya dicetak dan kemudian dibakar sampai mengeras sebelum siap untuk digunakan. Karena warnanya yang putih batako tras juga disebut dengan bata putih.

Batako Semen

Batako ini juga disebut batako press. Sesuai namanya, batako semen dibuat dari campuran semen dan pasir. Ciri khas dari batako semen adalah luas penampang lubangnya yang lebih dari seperempat dari isi batanya. Batako semen umumnya mempunyai dua atau tiga lubang di sisinya untuk diisi adukan pengikat ataupun spesi.

Batako Beton

Batako beton dibuat dengan bahan baku semen portland atau sejenisnya. Selain itu juga ada batako beton yang dicampur dengan pasir. Kemudian dicetak sehingga dapat memenuhi syarat serta dapat dipakai sebagai material pembuat dinding.

Pengerjaan batako beton ini bisa dengan dua cara. Yakni secara manual, baik dengan alat cetak maupun tangan, dan dengan bantuan mesin.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis batako lain dilihat dari material pembuatnya. Misalnya batako yang dibuat dengan semen, pasir, dan batu bara. Ada pula yang mencampurkan styrofoam ke dalam adonan batako agar lebih ringan.

Ukuran Batako

Ukuran batako terbilang bervariasi. Sehingga kita bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya batako tras di pasaran mempunyai ukuran panjang sekitar 20-30 cm, tebal 8-10 cm, dan tinggi 14-18 cm. Lalu batako semen atau batako pres mempunyai panjang sekitar 36-40 cm, dengan tebal 8-10 cm, dan tinggi 18-20 cm.

Agar lebih jelas Anda bisa melihat spesifikasi ukuran batako di bawah ini:

Jenis Batako Ukuran (Panjang x Lebar x Tinggi) cm
Batako dinding luar 40x20x20
Batako dinding pengisi 40x10x20 dengan tebal 10 cm
Batako semen PC Panjang 36-40 cm, lebar 8-10 cm, dan tinggi 18-20 cm
Batako beton bentuk U 29x14x14
Batako beton bentuk H 29x14x14
Batako beton bentuk kolom 29x29x14
Batako beton balok        300x6x10
Batako beton bentuk lengkung 50×30
Batako standar 30x10x15

Daftar Harga Batako

Jenis Batako Harga Per Buah
Batako Ukuran 36x17x8cm Rp. 3.300
Batako Press Semen Rp. 1.900
Loster Beton Batako Kawat Rp. 15.000
Batako Press Mesin Kualitas Nomor 1 Rp. 3.600
Batako Press Hitam Rp. 1.700
Batako Press Jombang Rp. 2.850
Press Franco 3 Lubang Rp. 1.200
Batako Jogja Rp. 3.600
Batako Press Lock Rp. 2.100
Batako Putih Rp. 3.600
Batako Semen Rp. 3.100
Batako Murni Rp. 2.900
Batako Press 3 Lubang Rp. 1.050
Batako Reguler 2 Lubang Rp. 3.900
Batako Reguler 3 Lubang Rp. 3.700
Batako Conblock Murni Rp. 5.050

Daftar Harga Batako Press

Spesifikasi  Satuan Harga
Batako Franco 3 Lubang Buah Rp 1.200
Batako Jogja Buah Rp 3.600
Batako Press Lock Buah Rp 2.100
Batako Putih Buah Rp 3.600
Batako Semen Buah Rp 3.100
Batako Murni Buah Rp 2.900
Batako Press 3 Lubang Buah Rp 1.050
Batako Reguler 2 Lubang Buah Rp 3.900
Batako Reguler 3 Lubang Buah Rp 3.700
Batako Conblock Murni Buah Rp 5.050

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Batako diminati karena mempunyai beberapa kelebihan. Akan tetapi di sisi lain batako juga mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini yang membuat batako bisa saja tidak cocok untuk pekerjaan tertentu. Lebih jelasnya berikut plus dan minus dari batako.

Kelebihan Batako

  1. Pembuatan yang lebih mudah.
  2. Ukuran batako seragam.
  3. Batako berukuran besar bisa membuat proses pemasangan lebih cepat sehingga lebih hemat biaya.
  4. Batako berlubang memiliki kemampuan untuk mengisolasi udara.
  5. Pemasangan batako bisa lebih rapi karena ukurannya seragam.
  6. Dapat tidak diplester untuk tampilan dinding ekspos.
  7. Dapat dipotong dengan lebih mudah.
  8. Tidak perlu direndam air sebelum digunakan.
  9. Kedap air sehingga risiko adanya rembesan air lebih kecil.
  10. Memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bata merah.
  11. Batako juga kedap suara karena mempunyai kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan bata.

Kekurangan Batako

  1. Tidak lebih kuat dari bata merah.
  2. Bia retak atau bahkan pecah, terutama jika lubang pada batako tidak diisi adukan semen.
  3. Kurang bisa diandalkan untuk insulasi panas dan suara.

Fakta Seputar Batako

Ada beberapa fakta seputar bahan bangunan batako yang perlu Anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan karakteristiknya yang membuatnya berbeda dengan bahan bangunan lainnya. Berikut adalah beberapa fakta mengenai batako:

  1. Batako mempunyai dimensi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bata merah. Kendati demikian bobot batako ini lebih ringan. Beratnya hanya sepertiga berat bata merah dengan luas yang sama.
  2. Secara teknis proses pengerjaan dinding batako 4 kali lebih cepat dibandingkan bata merah. Sehingga waktu pengerjaan lebih singkat dan biaya yang dikeluarkan dapat ditekan.
  3. Lebih ramah lingkungan dan mampu meredam suara lebih baik.
  4. Dapat dipasang dengan cepat, namun dengan tetap mematuhi standar dan persyaratan mengenai pembuatan beton.
  5. Cenderung menghantarkan panas ke dalam ruangan. Maka dari itu penggunaan batako ini banyak dihindari masyarakat yang tinggal di daerah tropis.
  6. Pengerjaan plester dan pengecatan lebih mudah karena permukaan batako yang rata.
  7. Menurut sebagian orang tampilan visual batako kurang menarik saat diekspos. Sehingga jarang orang yang menggunakan batako dengan teknik diekspos.
  8. Batako terbilang rapuh, maka dari itu penggunaan batako berlubang untuk area interior seringkali dihindari.
  9. Biasanya batako hanya dipakai sebagai dinding non struktural yang tidak memikul beban yang berat. Sedangkan jika ada beban yang cukup berat maka disarankan untuk memasang kolom beton bertulang untuk menopang beban tersebut.

ukuran batako

Alat untuk Memasang Batako

Ada beberapa peralatan yang biasa digunakan untuk memasang batako. Berikut adalah beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan sebelum mulai mengaplikasikan batako:

  1. Pahatan batu bata: dengan pahatan Anda bisa membelah batu bata maupun batako yang keras. Tidak hanya itu, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan batu bata. Sehingga sangat berguna dalam proses pemasangan dinding batako maupun bata.
  2. Bor listrik beton: ada cukup banyak produk bor listrik beton yang tersedia di pasaran. Fungsinya cukup beragam.Seperti memotong permukaan besi, kayu, maupun beton. Pastikan Anda membeli produk yang berkualitas agar tidak mudah rusak saat digunakan nanti.
  3. Palu: palu bisa dipakai untuk memecahkan batu. Selain itu palu juga dapat dipakai untuk membuat lubang pada dinding maupun memotong beton.

Baca juga: Harga Batu Bata Merah

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar harga dan ukuran batako yang ada di pasaran. Tidak menutup kemungkinan di toko material bangunan Anda bisa mendapatkan batako yang lebih murah, atau justru sebaliknya. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu seputar harganya sebelum memutuskan untuk membelinya.


Loading...