Harga Kayu Merbau Dan Kelebihannya


Kayu Merbau – Sampai saat ini kayu masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat. Material ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk konstruksi bangunan, furnitur, atau elemen dekorasi pada suatu bangunan. Di pasaran Anda juga bisa menjumpai cukup banyak jenis kayu yang bisa dibeli sesuai keinginan.

Harga yang ditawarkan tentu bermacam-macam. Tergantung dari jenis, kualitas, daya tahan, atau ciri khas dari kayu tersebut. Apabila Anda mencari kayu yang awet, merbau bisa menjadi salah satu pertimbangan. Kayu yang satu ini dikenal mempunyai karakteristik yang keras dan masuk dalam kelas awet II.



Dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna/CITES (2006) kayu merbau masuk ke dalam kategori apendiks II. Artinya kayu ini tergolong tidak terancam punah.

Di beberapa daerah seperti Maluku dan Papua Barat kayu ini dikenal dengan istilah kayu besi. Sementara di Papua Nugini kayu ini disebut kwila. Selain itu kayu merbau masih mempunyai sebutan lain, seperti mirabow, malacca teak, atau moluccan ironwood.

Baca juga: Harga Kayu Kalimantan Dan Jenisnya

Asal Kayu Merbau

Kayu merbau adalah kayu asal Indonesia. Kayu ini tumbuh di daerah luar Jawa seperti Kalimantan, Maluku, Sulawesi, hingga Papua Barat. Kayu ini tidak tergolong spesies kayu yang langka atau bahkan terancam punah. Sebab banyak kalangan yang menanam pohon ini seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap kayu merbau.

Fungsi Kayu Merbau

Untuk Konstruksi dan Furnitur

Kayu merbau yang memiliki ciri khas tersendiri mempunyai beberapa kegunaan. Kayu ini biasanya dimanfaatkan untuk konstruksi berat. Contohnya untuk balok, tiang, atau bantalan jembatan maupun rumah. Di samping itu kayu merbau juga bisa dipakai untuk pembuatan furnitur lantaran materialnya yang keras.



Untuk Parket Lantai dan Kusen

Kayu merbau juga mempunyai motif yang menarik, sehingga kayu ini biasa dipakai untuk parket lantai. Sebagian orang juga memanfaatkan kayu ini sebagai kusen dan pintu. Tidak perlu khawatir dengan daya tahannya. Kayu merbau tahan terhadap serangga seperti rayap. Sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk Material Interior

Selain yang sudah kami sebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan kayu merbau untuk decking outdoor, ataupun papan tangga rumah. Dengan penataan yang tepat Anda akan mendapatkan interior rumah yang menarik dan indah.

Minyak Pohon Merbau untuk Obat Tradisional

Dari segi kesehatan, minyak yang dihasilkan oleh pohon merbau bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional. Konon minyak kayu ini mempunyai khasiat yang baik terhadap kesehatan tubuh.



Sifat Kayu Merbau

Kayu merbau mempunyai beberapa sifat yang membuatnya berbeda dari jenis kayu lainnya. Kayu ini termasuk dalam golongan kayu berat atau BJ 0,63-1,04 pada kadar air 15%, serta termasuk ke dalam kelas kuat I – II. Kayu ini mempunyai kemampuan untuk terhindar dari risiko jamur pelapuk maupun terserang rayap kayu kering. Sehingga kayu ini tergolong tahan lama dan memiliki durabilitas yang baik.