Harga Talang Air Galvalum


Harga Talang Air Galvalum – Pada sebuah konstruksi pasti terdapat saluran air. Oleh karena itu pasti setiap bangunan memili talang air, akan tetapi terdapat sebagian orang yang tidak terlalu sering memikiran talang air ini, padahal saluran air ini beriringan dengan atap rumah.



Talang air ini dapat menambah karakter rumah dan juga dapat membantu melindungi rumah dari kerusakan yang diakibatkan oleh kelembaban dan hujan deras. Penggunaan talang air yang tepat dapat meningkatkan tampilan rumah selama beberapa dekade mendatang.

Pada artikel ini akan membahas tentang talang air galvalum. Akan tetapi sebelumnya akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan oleh konsumen sebelum memilih dan membeli pipa yang digunakan untuk talang air pada rumah maupun bangunannya.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Talang Air PVC

Mengenal Talang Air

Talang air ini memiliki peran yang penting dalam mengarus sirkulasi air hujan yang jatuh pada atap rumah. Hal itu dapat dikarena bentuk atap rumah maupun gerung memiliki kemiringan tertentu seperti bentuk pelana, limas dan lain sebagainya perlu dilengkapi dengan talang, terlebih lagi apabila telah memasuki musim penghujan dimana Indonesia sebagai negara tripis dengan curah hujan yang cukup tinggi jadi talang air akan sangat dibutuhkan

Talang air merupakan jaringan yang berbentuk seperti pipa dan memiliki fungsi utama yaitu menjadi jalan bagi air hujan yang jatuh pada atap rumah atau gedung ke aliran air yang sudah ditentukan, seperti saluran khusus air hujan, area sumur resapan, dan tangki penampungan air hujan.

Apabila anda tidak memasang talang air tersebut maka air hujan akan langsung mengalir bebas dari atap dan dapat menimbulkan rembesan pada plafon atau dinding. Adanya rembesan air yang tidak terkontrol tersebut juga dapat menyebabkan korsleting pada kabel listrik yang ada didalam plafon rumah atau gedung.



Baca juga: Cara Membuat Talang Cor Beton Anti Rembes

Ukuran Talang Air

Dalam mengalirkan air hujan tersebut pada umumnya dibutuhkan talang pipa dengan diameter minimal 3 inci dan akan diteruskan pada talang horizontal dengan kemiringan 0,5 sampai 1%. Untuk pengukurannya harus disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi rumah atau gedung yang dibangun. Dan kapasitas dari talang akan disesuaikan dengan kemampuan konstruksi rumah. Berikut ini adalah standar dari pipa talang air yaitu:

  • Diameter 3 inci untuk volume air 255 liter/menit
  • Diameter 4 inci untuk volume air 547 liter/menit
  • Diameter 5 inci untuk volume air 990 liter/menit
  • Diameter 6 inci untuk volume air 1610 liter/menit
  • Diameter 8 inci untuk volume air 3470 liter/menit

Baca juga: Cara Mengatasi Segregasi Beton Dan Penyebabnya

Tipe – Tipe Talang Air

Berikut ini adalah beberapa tipe ralang air yang banyak digunakan pada masyarakat yaitu:

  • Tipe Talang Air K Style. Untuk tipe ini merupakan talang air yang paling populer digunakan saat ini karena menciptakan efek dekoratif. Biasanya talang ini dipasang pada sudut rumah dengan desain minimalis. Tipe ini dapat menampung lebih banyak air hijan dibandingkan dengan talang air jenis lainnya. Hal tersebut membuat talang air ini menjadi pilihan yang idela apabila daerah tempat tinggal sering turun hujan.

  • Tipe Talang Air Victorian Ogee. Talang air ini cocok untuk tampilan rumah dengan gaya tradisional dan klasik. Talang air tipe ini terbuat dari aluminium yang ringan dan perawatannya mudah. Akan tetapi talang ini merupakan talang yang dangkal, jadi cocok untuk rumah yang tidak terlalu besar.



  • Tipe Talang Air Half-Round. Talang ini terlihat seperti huruf U. untuk penggunaan talang ini cocok pada rumah lama samapai rumah baru yang bergaya modern. Talang ini mdah dibersihkan dari rating dan daun karena bentuknya seperti tabung yang dipotong menjadi dua.

Baca juga: Pengertian Dan Kegunaan Fiberglass Untuk Bangunan

Material Talang Air