Cara Menghitung Berapa Kebutuhan Genteng


Berapa Kebutuhan Genteng Per Meter – Dalam urusan membangun atau melakukan renovasi semuanya harus diperhitungkan dengan tepat. Tujuannya agar konstruksi yang dibangun dapat berdiri dengan kokoh, awet dan aman dari berbagai risiko.

Tidak hanya itu, memperhitungkan segala hal yang berkaitan dengan pembangunan atau renovasi juga berhubungan dengan dana yang harus disiapkan. Maka dari itu sebelum melakukan eksekusi salah satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Salah satu yang harus diperhitungkan dengan baik adalah kebutuhan genteng. Genteng salah satu material yang tak bisa dipisahkan dari rumah atau beberapa bangunan lainnya. Maka dari itu perhitungan kebutuhan genteng harus diketahui dan dipahami. Sehingga nantinya genteng yang dibeli tidak sampai kurang, atau bahkan kelebihan terlalu banyak yang mengarah ke pemborosan.

kebutuhan genteng

Untuk itu pada artikel kali ini bagaimana cara menghitung kebutuhan genteng. Materi di bawah ini bisa Anda pelajari dan dijadikan sebagai wawasan baru jika memang Anda belum memahami bagaimana cara mengetahui seberapa banyak genteng yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan.

Baca juga: Menghitung Luas Atap Baja Ringan

Menghitung Luas Atap

Untuk mengetahui luas atap maka kita perlu mengetahui bentuknya terlebih dahulu. Dan mengukur berapa panjang, lebar, atau tingginya. Sebagai contoh atap rumah yang akan dikerjakan mempunyai panjang 15 meter dengan lebar 10 meter. Maka tinggal mengalikannya untuk mengetahui luasnya. Sehingga dapat diketahui luas atap salah satu sisi adalah 150 m2. Lalu kalikan 2 jika terdapat dua sisi sehingga hasilnya 300 m2.

Apabila genteng yang digunakan adalah genteng plentong atau kodok yang setiap meter perseginya berisi 25 buah genteng, maka agar luas atap tersebut tertutupi semuanya dibutuhkan genteng sebanyak 300 m2 x 25 = 7.500 buah.