Produk Sika Untuk Beton Retak Dan Waterproofing


Produk Sika Untuk Beton Retak Dan Waterproofing – Saat ini ada cukup banyak produk yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan konstruksi. Mulai dari yang dijual murah sampai yang mahal. Salah satu produk yang biasa dipakai oleh sebagian orang adalah sika.

Perlu diketahui,Sika adalah salah satu produsen bahan bangunan yang cukup terkenal dan memasarkan produk kimia bangunan. Sika mempunyai cukup banyak varian produk dengan fungsi yang berbeda-beda. Saking banyaknya kebanyakan orang mungkin tidak benar-benar hafal kegunaan dari salah satu atau beberapa produk yang ditawarkan oleh Sika.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan lebih jauh seputar jajaran produk Sika, berikut kegunaannya. Sehingga Anda yang ingin membeli salah satu produk Sika nantinya bisa tahu mana yang perlu Anda pilih. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Sika Grout-215

SikaGrout-215 pada dasarnya adalah sebuah semen grouting siap pakai. Produk ini mempunyai karakteristik tidak menyusut dengan waktu kerja yang sesuai untuk temperatur lokal. Produk Sika ini berfungsi untuk pemasangan pondasi mesin atau alas plat, angkur, dudukan bearing pad jembatan, pengisi celah, pengisi rongga, beton pracetak, aplikasi dry pack, dan penghentian sementara.

Di samping itu SikaGrout-215 juga bisa dipakai untuk perbaikan beton yang memakai metode grourint maupun untuk struktur kelautan. Untuk harganya sendiri berkisar Rp 100 ribuan.

Fungsi SikaGrout-215

  • Pemasangan Angkur.
  • Pondasi Mesin / Alas Plat
  • Sebagai Dudukan Bearing Pad Jembatan
  • Beton Pracetak
  • Aplikasi Dry Pack
  • Pengisian Rongga, Celah dan penghentian sementara
  • Perbaikan Beton dengan Metode Grouting
  • Struktur Kelautan
  • Juga di rekomendasikan untuk perbaikan Struktur bawah tanah dan Grouting di area pasang surut
  • Aplikasi Perbaikan pada, Jembatan Dermaga, Tiang beton, Dinding pelabuhan, Tiang penyangga jetty

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh produk yang satu ini. Antara lain:

  1. Mudah digunakan karena hanya perlu menambahkan air
  2. Karakteristik produk mudah mengalir
  3. Konsistensi dapat diatur sesuai keinginan
  4. Tahan getaran maupun benturan
  5. Tahan terhadap penyusutan
  6. Tidak mengalami korosi
  7. Tidak beracun
  8. Mempunyai kekuatan tekan yang tinggi
  9. Kekuatan awal tergolong cepat

Pemakaian

Cara pemakaian produk ini sangat simpel, seperti yang sudah disinggung di atas. Untuk menggunakan SikaGrout-215 ini Anda perlu mencampurkan 1 pak dengan 4 liter air (16%), lalu tuangkan ke lubang angkur atau alat grout pump.

  • Hapus kotoran, minyak, lemak, bahan longgar, dan bahan penghambat ikatan lainnya.
  • Jangkar baut untuk grouting harus dibersihkan terlebih dahulu dari lemak atau minyak dengan pelarut yang sesuai.
  • Beton harus kuat dan dibuat kasar permukaannya untuk memudahkan adhesi mekanik.
  • Sebelum menuangkan, permukaan harus dibasahi sampai benar-benar basah.
  • Untuk nat yang dapat dituangkan, buat bentuk agar mempertahankan nat tanpa kebocoran. Bentuknya harus dikombinasikan atau dilapisi bond-breaker agar lebih mudah dihapus. Bentuknya harus cukup tinggi untuk menampung kepala nat.
  • Ukuran jumlah air tergantung pada konsistensi yang dibutuhkan, ke dalam bejana pencampuran. Tambahkan perlahan isi Sika Grout 215 ketika pencampuran. Campur secara terus-menerus selama 3 menit agar materialnya menjadi rata dan mencapai konsistensi yang dikehendaki. Anda bisa mencampur adonan menggunakan bor dengan kecepatan rendah (400-600 rpm) yang memiliki mixing paddle atau mortar mixer dengan ukuran yang tepat.
  • Dalam 25 menit setelah proses pencampuran atau mixing, tempatkan nat ke dalam bentuk dari satu sisi untuk menghindari adanya air yang terjebak. Jangan bergetar. Gunakan kepala nat yang sesuai berukuran 150-200 mm dan pertahankan kepala nat setiap saat untuk memastikan aliran yang kontinyu. Sentuhan yang lembut atau menarik simpul kawat dari satu sisi bisa membantu kelancaran aliran mortar dalam kondisi kerja yang sulit.
  • Biasanya, 1 pack Sika Grout 215 dapat dicampur dengan 4 liter air (16%), lalu dituangkan ke lubang angkur atau Anda bisa juga menggunakan alat grout pump untuk memudahkan aplikasi produksi. Pemakaian Sika Grout sekitar 1.920 kg dapat digunakan untuk per 1 meter kubik (m3) mortar. Anda bisa menghitung sendiri berapa kira-kira kebutuhan Sika Grout 215 yang Anda perlukan untuk proses grouting.

Sika Boom AP