Harga Satu Slab Marmer Lokal Dan Impor


Harga Satu Slab Marmer Lokal Dan Impor – Selama ini marmer masih menjadi salah satu batuan favorit untuk menunjang desain interior dan eksterior. Kesan natural dan alami yang diberikan mampu membuat ruang terlihat semakin indah.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis batu marmer yang bisa ditemukan dengan mudah. Sulawesi dan Tulungagung merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat industri batu marmer.

Selain batu lokal, marmer impor juga banyak diminati oleh masyarakat tanah air terutama impor dari Italia. Tekstur dan warna yang disediakan pun sangat beragam, sehingga bisa dipilih sesuai keinginan.

Baca juga: Cara Pasang Marmer Ukuran Slab

Jenis-Jenis Marmer Dipasaran

  1. Ruin Marble

Ruin marble merupakan salah satu jenis marmer dengan tekstur yang lebih halus. Jika dilihat sekilas, batu marmer ini memiliki banyak kristal yang abstrak sehingga cocok jika dijadikan sebagai elemen dekoratif. Tampilan kontras yang dihasilkan juga bisa nilai artistic yang sangat menarik jika diaplikasikan secara tepat.

  1. Travertine

Travertine merupakan salah satu jenis batu marmer yang memiliki tampilan khas berupa guratan cantik dan lubang-lubang alami di bagian permukaannya. Dalam proses pembuatannya, bagian permukaan lubang tersebut biasanya diisi oleh resin dengan tambahan campuran pigmen warna yang disesuaikan dengan warna dasarnya. Selanjutnya untuk bisa mendapatkan permukaan yang mengkilap maka akan dilakukan finishing.

Marmert travertine sejak dulu sampai sekarang ini sudah dipercaya untuk pembangunan rumah, kuil, monument dan bangunan lain. Warna yang disediakan juga cukup beragam, yaitu abu-abu, coklat atau krem. Keindahan warna dan seratnya bisa diaplikasikan di berbagai macam gaya desain sehingga dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan.

  1. Statuary Marble

Statuary marble adalah batu marmer halus yang memiliki warna putih bersih tanpa adanya pola yang mencolok. Jenis marmer yang satu ini cocok jika diaplikasikan pada ruangan yang menerapkan konsep minimalis dan elegan.

  1. Limestone

Limestone memiliki warna yang didominasi oleh tone beige dan kecokelatan yang natural. Marmer ini banyak dijumpai pada bekas-bekas area basah yang tergenang air seperti sungai dan danau pada masa lampau yang sudah mengering.

  1. Cipolin Marble

Cipolin marble merupakan salah satu jenis batu marmer yang memiliki tampilan seperti pola alur yang abstrak. Batuan marmer ini juga sudah digunakan sejak jaman dahulu pada bangunan-bangunan Yunani kuno.

Baca juga: Perbedaan Marmer Dan Granit

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Marmer

 

Sebelum membeli batu marmer, Anda harus mengetahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga marmer. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Merek

Merek merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi harga marmer. Semakin terkenal merek tersebut maka akan semakin mahal pula harganya. Meskipun harga yang ditawarkan mahal, usahakan untuk memperhatikan masalah kualitas. Namun bukan berarti jika merek yang dipilih kurang terkenal tidak mempunyai kualitas yang bagus.

  1. Warna Alami

Jika marmer yang dipilih memiliki warna menarik, maka harganya juga akan semakin tinggi. Apalagi jika warna tersebut termasuk dalam kategori warna alami. Hal ini tentu berbeda jauh dengan marmer yang memiliki warna buatan karena harganya cenderung lebih murah.

  1. Pola Marmer

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi harga marmer adalah pola yang ada pada bagian permukaan marmert itu sendiri. Jika polanya semakin cantik dan menarik maka harganya akan lebih mahal.