Pengertian Dan Kegunaan Fiberglass Untuk Bangunan


Pengertian Dan Kegunaan Fiberglass Untuk Bangunan – Fiberglass adalah salah satu material yang memiliki banyak manfaat. Material ini di pasaran juga memiliki harga yang terbilang sangat murah dengan kualitas terbaik. Inilah yang membuatnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang material fiberglass untuk bangunan secara lengkap dan detail. Supaya lebih jelas mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Harga Dan Cara Pasang Genteng Aspal

Baca juga: Harga Dan Ukuran List Gypsum Per Meter

Pengertian Fiberglass

Fiberglass adalah suatu bahan anyaman yang tertanam dengan kaca yang berbentuk serat. Bahan ini selanjutnya dicetak dalam resin atau betuk lain dari bahan pengikat supaya bisa menghasilkan bahan komposit yang kuat. Penyusunan serat biasanya dilakukan secara acak yang kemudian diratakan hingga menjadi lembaran.

Material fiber ini terkenal akan kemampuannya yang mampu tahan lama. Untuk bahan plastik yang diperkuat dengan fiber bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini dipatenkan pertama kali pada tahun 1880 oleh Hermann Hammesfahr di Amerika Serikat. Namun produksinya mulai dilakukan pada tahun 1930-an yang dimana pada saat itu baru ditemukan untaian kaca oleh Games Slayter.

Fiber memang sangat populer di antara sekian banyaknya industri seperti industri penerbangan, mobil dan elektronik. Namun untuk sifat spesifiknya juga baik dalam industri bangunan ataupun struktural.

Perlu diketahui bahwa banyak sekali bahan komposit serat yang sudah dikembangkan pada tahun 1960-an sebagai pengganti baja supaya bisa digunakan untuk memperkuat pelat dan kolom beton. Biasanya serat uni-directional ini memiliki tekstur lembek, namun bisa dibuat menjadi batang. Caranya adalah dengan mengkompositkan bersama resin seperti epoksi atau vinil supaya lebih kuat.

Dengan sifatnya yang sangat ringan dan memiliki kekuatan tinggi maka tak heran jika bahan modern ini sering diaplikasikan untuk industri. Serat-serat ini juga memiliki banyak kelebihan, yaitu berkekuatan tinggi, berat rendah dan korosifitas yang bisa diabaikan. Bahkan juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap kerusakan UV.

Selain itu, juga tersedia dalam berbagai macam warna dan ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Harga bahan ini sendiri jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan baja konvensional, tetapi masih lebih murah ketimbang serat karbon.

Baca juga: Ukuran Ketebalan Dan Harga GRC Board

Baca juga: Harga Pintu Kawat Nyamuk Terbaru

Aplikasi Fiberglass untuk Industri Konstruksi

Material fiberglass bisa digunakan untuk berbagai produk pada industri bangunan. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Atap dan Dek Atap
  • Pintu Sliding
  • Form Deck
  • Louvers dan Ridge Vents
  • Talang dan Downspouts
  • Panel Penerangan Siang Hari
  • Panel Bangunan Pertanian
  • Panel Menara Pendingin
  • Dll

Baca juga: Wallplus Dinding Precast Ringan