Harga Cat Duco Kayu Per Kaleng Merk Terbaik

Harga Cat Duco – Cat banyak dipakai dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Salah satunya adalah dalam proses pembangunan maupun renovasi rumah. Maka dari itu saat ini kita mengenal cukup banyak jenis cat. Masing-masing cat ini memiliki karakteristik hingga fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah cat duco.

Apakah Anda sudah tahu apa itu cat duco? Cat ini merupakan jenis cat yang banyak dipakai dalam tahap finishing. Cat ini diaplikasikan pada media dengan teknik semprot. Cat duco seringkali dipakai untuk berbagai macam furnitur yang terbuat dari kayu. Seperti meja, kursi, lemari pakaian, rak, dan lain sebagainya.

Baca juga: Harga Cat Kayu Dan Besi

Akan tetapi kini cat duco tidak hanya dipakai untuk material kayu saja. Barang yang terbuat dari besi pun juga bisa ditambahkan sentuhan akhir dengan cat duco. Baik furnitur atau perabotan maupun bagian lain dari suatu bangunan, seperti pintu, jendela, atau bahkan dinding.

Cat duco dibuat dengan memanfaatkan bahan dasar Nitro cellulose (NC). Bahan ini biasa digunakan untuk pengecatan mobil ataupun alat berat lainnya. Akan tetapi seperti yang sudah disinggung di atas juga ada cat duco yang dipakai untuk mengecat kayu. Seiring berjalannya waktu ada pula produsen yang membuat cat ini dengan bahan acrylic.

Awalnya cat duco diaplikasikan dengan tambahan thinner. Akan tetapi saat ini juga tersedia versi water based yang bisa Anda pilih. Sehingga Anda tidak memerlukan thinner lagi.

Tertarik untuk menggunakan cat duco? Jika iya salah satu informasi yang Anda butuhkan tentu saja adalah harga jualnya. Meskipun di pasaran harga cat duco bisa bervariasi, akan tetapi ada patokan yang dapat Anda jadikan acuan ketika ingin memilih cat duco. Berikut adalah daftar harga yang dapat Anda simak.

Daftar Harga Cat Duco

Yang perlu diketahui seputar cat ini adalah harganya yang relatif lebih mahal dari cat biasa. Bahkan ada yang dibanderol ratusan ribu rupiah. Supaya lebih jelas silakan simak daftar di bawah ini.

Cat Duco Kayu Harga Per Kaleng
BioColours Bioduco Rp. 80.000
Nippe 2000 Rp. 69.000
Isamu Rp. 69.000
Dulux Rp. 40.000
Ftalit Rp. 48.000
Acryluc Multipurpose Rp. 68.000
Danagloss Rp. 94.000

Harga Cat Duco di Toko Online

Harga Propan Acrylux White TT Putih Cat Duco Besi Kayu Water Based Rp78.500
Harga propan acrylux primer water based cat dasar kayu duco Rp62.000
Harga Propan Acrylux Panama Green Hijau Cat Duco Besi Kayu Water Based Rp78.500
Harga bio colour bio duco white / biovarnish cat kayu duco putih Rp98.000
Harga bio duco water based 400 gr biovarnish cat kayu duco Rp51.000
Harga CAT DUCO NIPPE 2000 / CAT BESI DAN KAYU Rp68.500
Harga cat kayu cat dasar duco cat primer propan waterbase aap 950 putih Rp61.000
Harga Acrylux Clear Gloss Propan Cat Duco Besi Kayu Water Based Rp79.500
Harga NIPPE 2000 -1L- CAT DUCO BESI DAN KAYU NIPPON PAINT Rp75.300
Harga Acrylux Clear Doff Dof Propan Cat Duco Besi Kayu Water Based Rp79.500

Kisaran Biaya Pengecatan dengan Cat Duco

Sebenarnya berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan jika Anda ingin menggunakan cat duco sangat dipengaruhi oleh furnitur, barang, atau bidang yang ingin dicat. Sebagai gambaran berikut kami informasikan berapa dana yang harus disiapkan untuk mengecat 1 pintu kayu berukuran 80 x 210 cm:

  • Amplas (gritt 180, 240, 400, 600, 800): Rp 25.000
  • Dempul 1 Kg (impra, alfagloss, sanpolac, pe putty): Rp 35.000
  • Epoxy Filler Nippe 2000 1/2 Kg: Rp 28.000
  • Cat surfacer Nippe 2000 1 Kg: Rp 70.000
  • Thinner A Special 3 Liter: Rp 60.000
  • Nippe 2000 Auto Clear 1/2 Kg: Rp 35.000
  • Total Biaya: Rp 253.000

Biaya Cat Duco PU Acrylic 2 Komponen Propan

  • Amplas ( gritt 180, 240, 400, 600, 800) Rp. 25.000
  • Dempul 1 Kg Rp. 35.000
  • Cat Primer 2 Komponen Propan PU Acrylic 1 Kg Rp. 90.000
  • Cat Acrylic 2 Komponen Propan PU Acrylic 1/5 Kg Rp. 70.000
  • Clear Propan Acrylic 2 Komponen 1/2 Kg Rp. 70.000
  • Thinner PU 3 Liter Rp. 75.000
  • Total Biaya: Rp. 365.000

Di atas contohnya menggunakan cat duco Nippe 2000 dan Propan. Anda bisa menyesuaikan harga berdasarkan harga produk yang Anda beli. Selain itu perlu dicatat bahwa di atas hanya biaya untuk pembelian bahannya saja.

Belum termasuk jasa pengecatan jika Anda ingin memanfaatkan jasa tukang. Untuk informasi ini Anda bisa bertanya-tanya ke kerabat atau orang lain. Atau juga bisa mencarinya di internet.

Baca juga: Harga Kusen Pintu Dan Jendela

Kelebihan Cat Duco Kayu

Cat duco untuk kayu mempunyai sederet keunggulan  yang membuatnya menarik untuk dilirik. Apa saja kelebihan tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda perhatikan.

Dapat Dicampur

Cat duco terbilang fleksibel karena dapat dicampur dengan beragam warna. Sehingga Anda bisa memilih warna sesuai dengan keinginan.

Hasil Akhir Dapat Disesuaikan

Hasil akhir yang didapat dengan memakai cat duco bisa disesuaikan dengan keinginan. Misalnya ingin menjadi doff atau glossy. Tinggal sesuaikan mana yang lebih disukai.

Ekonomis

Beberapa jenis cat duco dibuat dengan memanfaatkan bahan water based dan solvent based. Memang harga cat duco water based akan lebih mahal dibandingkan dengan cat solvent. Hanya saja cat duco water based dapat diaplikasikan dengan mudah dan cepat kering sehingga akan membuat waktu pengerjaan menjadi lebih cepat.

Berbeda dengan cat minyak atau cat solvent yang bisa menguap jika terkena sinar matahari. Selain itu cat ini bisa menimbulkan efek putih lantaran bahan pelarut solvent yang tidak kering dengan baik.

Kekurangan Cat Duco Kayu

Walaupun mempunyai kelebihan, tentu saja juga ada kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari cat duco kayu.

Berpotensi Menimbulkan Penyakit

Biasanya cat memiliki kandungan kimia yang bisa mempengaruhi kesehatan orang yang ada di sekitarnya. Maka dari itu seringkali saat mengaplikasikan cat, terutama cat semprot orang akan menggunakan masker atau penutup hidung agar tidak menimbulkan masalah penyakit di kemudian hari.

Harus Diaplikasikan dengan Benar

Penggunaan cat duco pada bidang yang akan dicat juga harus dilakukan dengan hati-hati. Pengerjaannya harus tepat agar hasil akhirnya tidak mengecewakan. Jika salah akan bisa merusak pandangan. Misalnya adanya keretakan lantaran permukaan bidang yang dicat tidak rata atau bergelombang.

Baca juga: Harga Thinner Untuk Mengencerkan Cat

Cara Menggunakan Cat Duco Kayu

Cat duco diaplikasikan dengan menggunakan spray atau sistem semprot. Sehingga proses pengerjaannya lebih praktis dan tidak ada permasalahan seperti gelembung atau sagging pada hasil akhir pengecatan. Lalu bagaimana tahap-tahap mengaplikasikan cat duco? Berikut penjelasan yang dapat Anda pelajari.

Persiapan

Persiapan dimulai dengan membersihkan permukaan material dan memastikan kondisinya kering. Sehingga penyerapan warna cat duco bisa berlangsung dengan baik. Anda juga bisa memakai amplas halus untuk tahap pengamplasan nanti. Jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan agar terhindar dari cipratan dan aroma khas cat.

Pengamplasan

Untuk melakukan tahap ini pakai amplas halus untuk mengikis permukaan material yang masih kasar. Kemudian bersihkan dari sisa debu yang masih menempel. Lalu tutup warna alami dan pori-pori kayu dengan cairan dempul kayu. Caranya campur bahan tersebut dengan sedikit air, lalu usapkan dengan kain sambil ditekan-tekan secara perlahan. Diamkan sekitar 20 menit lalu haluskan kembali dengan amplas 240.

Mengaplikasikan Primer Coat

Semprotkan primer cat yang sudah dicampur dengan air memakai spray gun pada bidang yang ingin dicat. Lalu diamkan selama 60 menit sampai kering, lalu haluskan dengan amplas 400.

Finishing

Campurkan cat duco kayu dengan air sesuai takaran yang bisa Anda lihat pada kemasan. Setelah itu masukkan ke dalam spray gun. Aplikasikan cat secara merata ke seluruh permukaan bidang secara perlahan agar cat bisa menutup permukaan dengan sempurna. Diamkan sampai kering, lalu haluskan dengan amplas 400. Anda bisa mengulanginya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Memakai Top Coat

Anda bisa menambahkan finishing top coat. Tidak hanya untuk mempercantik tampilan, top coat juga berfungsi untuk melindungi lapisan cat duco yang ada di bawahnya supaya lebih tahan lama dan tidak mudah terkelupas.

Untuk memakainya Anda bisa mencampurkan top coat dengan air memakai perbandingan 2:1. Lalu biarkan mengering selama sekitar 24 jam. Terakhir, Anda hanya perlu memoles sisa kotoran atau bagian yang masih kasar dengan amplas dan kain lap.