Upah Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Upah Pasang Atap Baja Ringan – Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih jauh seputar harga kanopi minimalis. Sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, mari kita bahas apa yang dimaksud kanopi itu. Kanopi adalah salah satu pelengkap pada rumah yang biasanya terletak di bagian teras rumah. Kanopi biasanya digunakan untuk melindungi bagian di bawahnya dari terik sinar matahari ataupun siraman air hujan.

Seiring berjalannya waktu, kanopi yang digunakan pada rumah mengalami perkembangan. Sekarang ada banyak jenis kanopi yang bisa dibeli. Kanopi tidak hanya digunakan untuk melindungi saja, namun juga bisa mempercantik tampilan rumah kita. Bagi Anda yang ingin memasang kanopi, ada hal-hal yang patut diperhitungkan.

Memilih kanopi tidak harus terpaku pada keindahannya atau daya tariknya semata. Bentuk dan desain kanopi juga harus sesuai dengan kondisi teras rumah.

Hal ini dilakukan agar kanopi bisa tampil serasi dengan bagian depan rumah. Anda tentu ingin tampilan rumah menjadi lebih indah dan menarik bukan?

Baca juga: Ukuran Dan Harga Baja Ringan

Di toko, ada beragam jenis kanopi jika dilihat dari bahan bakunya. Misalnya dari bahan genting, kayu, polikarbonat, vinil, beton, seng, plastik ataupun kain. Dari beberapa jenis kanopi yang dijual di pasaran, Anda bisa memilih kanopi minimalis. Salah satu kelebihan kanopi ini adalah harganya yang terjangkau. Meskipun murah, kanopi minimalis juga memiliki kualitas yang tidak kalah baik.

Jika Anda tertarik dan ingin membeli kanopi minimalis, pertimbangan berikutnya adalah harga. Harga pasang atap baja ringan per meter bisa berbeda-beda, tergantung dari ukuran, kualitas bahan dan bentuknya.

Untuk itu sesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Jangan terlalu memaksakan membeli kanopi yang bagus namun harganya di luar kemampuan untuk membeli. Untuk bahan pertimbangan, dibawah ini ada daftar harga kanopi minimalis terbaru bulan September 2021.

Jenis Baja Ringan

Sama seperti beberapa material bangunan lainnya, baja ringan terbagi menjadi beberapa macam yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Agar lebih paham silakan simak penjelasan singkat berikut.

Baja Ringan Kaso

Baja ringan kaso atau juga disebut dengan truss menjadi jenis baja ringan yang cocok dipakai untuk kaki utama konstruksi atau tiang utama. Baja ringan ini memiliki dua profil, yakni W dan C. Yang membedakan adalah ukurannya, dimana profil W lebih besar dari C.

Pemasangan baja ringan truss ini dapat dilakukan dengan lebih cepat sehingga cenderung lebih simpel. Selain itu baja ringan ini juga memiliki daya tahan yang sangat baik. Kaso diklaim bisa awet sampai puluhan tahun.

Baja Ringan Reng

Sesuai dengan namanya, baja ringan ini dimanfaatkan untuk reng maupun penahan genteng. Baja ringan reng atau juga dinamakan profil B ini menggantikan material bambu yang banyak digunakan masyarakat dulu. Sebagai informasi, penggunaan bambu sebagai reng ini membutuhkan waktu yang lama karena harus direndam terlebih dahulu dalam air supaya bambu bisa tahan lama saat dipakai untuk reng.

Berbeda dengan baja ringan reng yang membuat proses pengerjaan bisa lebih singkat. Walaupun reng baja ringan terlihat lebih tipis, daya tahannya sangat baik. Tidak hanya itu, jenis baja ringan ini memiliki bentuk layaknya trapesium, sehingga memberikan kesan menarik pada rangka.

Baja Ringan Taso

Selain dua jenis di atas juga ada baja ringan taso. Taso merupakan baja ringan  yang memiliki bentuk seperti huruf A. Jika diamati bagian luarnya seperti balok kecil yang fungsinya untuk mengikat profil B.

Biasanya taso juga dipakai untuk mengikat atau memperkuat kuda-kuda. Material ini juga dapat digunakan untuk memperkuat gording, sehingga dapat meletakkan permukaan atap dengan baik.

Harga Kanopi Minimalis Terbaru

1. Harga Rp. 350.000/m2

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow Hitam 40×40 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

2. Harga Rp. 400.000/m2

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow galvanis anti karat 40×40 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

3. Harga Rp. 450.000/m2

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow 40×60 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

4. Harga Rp. 500.000/m

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow galvanis anti karat 40×60 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

Harga Borongan Atap Baja Ringan per Meter

No Deskripsi Spesifikasi Harga/m2
1 Jasa Bongkar Atap Lama Rp. 30.000
2 Borongan Pasang Rangka Baja Ringan Saja Rp. 40.000
3 Borongan Pasang Rangka Baja Ringan + Material Merek Standar SNI

Tebal 0.75 mm

Rp. 120.000
Merek Standar SNI

Tebal 1 mm

Rp. 150.000
Merek Bluescope

Tebal 0.75 mm

Rp. 130.000
Merek Bluescope

Tebal 1 mm

Rp. 160.000
Merek Taso

Tebal 0.75 mm

Rp. 150.000
Merek Taso

Tebal 1 mm

Rp. 190.000
4 Pasang Atap + Material Spandek Galvalum

0.35 mm

Rp. 60.000
Genteng Metal Polos Rp. 65.000
Genteng Metal Pasir Rp. 70.000

No Jasa Pemasangan Harga
1 pasang rangka baja ringan Rp. 52.000 / m2
2 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm Rp. 142.000 / m2
3 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm + material atap seng spandek Rp. 217.000 / m2
4 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm + material genteng metal polos Rp. 225.000 / m2
5 pasang rangka baja ringan + material cnp 0.75 mm + material genteng metal pasir Rp. 255.000 / m2

Biaya pemasangan di atas sebenarnya bisa beragam, tergantung jasa yang Anda pilih, material yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai jasa pemasangan rangka atap baja ringan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda untuk mengetahui kisaran biaya yang ada di kota Anda.

Tips Menghitung Biaya Pemasangan

Sebelum pemasangan dimulai atau sebelum Anda memilih jasa untuk melakukan pekerjaan pemasangan rangka atap baja ringan, Anda perlu memperkirakan seberapa besar dana yang harus dikeluarkan untuk pekerjaan tersebut.

Hal ini penting dan tidak boleh terlewatkan. Tujuannya agar nantinya Anda bisa memastikan bahwa dana yang Anda miliki cukup untuk menyelesaikan pemasangan rangka atap baja ringan.

Menghitung Luas Atap

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung luas atap. Dengan mengetahui luas atap Anda bisa mengetahui berapa dana yang diperlukan untuk membeli material baja ringan dan material lain.

Begitu juga dengan upah tenaga kerja yang perlu disiapkan. Anda bisa mengetahui luas atap dengan mencermati bentuknya, apakah segitiga, trapesium, atau persegi panjang.

Menghitung Biaya Pasang

Langkah berikutnya setelah selesai menghitung luas atap adalah menghitung biaya pemasangannya. Untuk pekerjaan borongan maka biaya pemasangan dihitung setiap meter persegi. Sehingga Anda hanya perlu mengalikan luas atap tersebut dengan biaya pemasangan setiap meter persegi.

Menghitung Biaya Lainnya

Jangan lupa untuk memperhatikan biaya lain yang bisa muncul saat proses pemasangan. Anda bisa menanyakannya kepada tukang untuk bisa memperkirakan besaran dana yang harus disiapkan untuk biaya lainnya.

Tips Sebelum Memasang Baja Ringan

Menentukan Bentuk Atap

Salah satu hal yang bisa dipertimbangkan adalah menentukan bentuk atap. Tidak hanya karena urusan estetika saja, menentukan bentuk atap juga berhubungan dengan teknik pemasangan atap dan rangkanya nanti.

Menentukan Material Atap

Jenis material atap juga menentukan seberapa rangka baja ringan yang dipakai. Khusus atap dari baja ringan, ketebalan minimal baja ringan yang direkomendasikan menurut ketentuan SNI adalah 0,25 mm untuk bangunan perumahan.

Kemiringan Rangka Atap

Ada ketentuan tersendiri mengenai derajat kemiringan atap baja ringan. Jika semakin miring maka luas atap yang dipakai akan semakin luas. Idealnya kemiringan atap berkisar 25-30 derajat.

Menentukan Jenis Baja Ringan

Anda juga perlu menentukan jenis baja ringan berikut ketebalannya yang akan dipakai. Misalnya untuk kanal C berdasarkan SNI harus memiliki ketebalan minimal 0,75 mm. Sedangkan reng ketebalannya minimal 0,45 mm.

Sistem Kesatuan Rangka

Kunci kekuatan rangka baja terletak pada integrasi setiap batang baja yang terhubung dengan sambungan secara utuh. Jika ada kesalahan kecil maka bisa mempengaruhi seluruh rangka atap. Maka dari itu hal ini harus diperhatikan dengan baik demi keamanan.

Baca juga: Harga Kanopi Baja Ringan

Demikian adalah ulasan harga kanopi minimalis terbaru yang bisa Anda simak. Dengan adanya informasi yang kami bagikan di website ini, semoga Anda memiliki gambaran dalam memilih kanopi untuk rumah Anda.

Perlu kami tekankan, harga upah pasang atap baja ringan di atas bisa berbeda dan berubah-ubah sewaktu-waktu. Agar terhindar dari pengeluaran yang membengkak, bertanyalah lebih dahulu berapa harga pasaran yang sudah umum di kota Anda.