Harga Kayu Kaso Berbagai Ukuran


Baca juga: Biaya Bangun Rumah Minimalis Per Meter

Ciri – Ciri Kayu Kaso Yang Baik



Sebelum membeli kayu kaso sebaiknya anda mengetahui ciri – ciri dari kayu kaso tersebut. Berikut ini adalah ciri – ciri dari kayu kaso yang berkualitas yaitu:

  • Memiliki daya tahan yang baik. Dengan kayu yang berdaya tahan baik maka akan lebih awet dan tidak mudah terserang penyakit seperti halnya rayap dan jamur. Akan tetapi lebih baik apanila juga tahan terhadap cuaca dan tidak mudah lapuk bila terkena air atau udara lembab. Paling baik untuk memilih jenis kayu yang tidak menyerap lebih dari 12% air dari bobotnya saat ditempatkan didalam air.
  • Memiliki kekuatan yang baik. Hal tersebut dikarenakan kayu kaso akan digunakan sebagai penopang rumah. Jadi diharapkan untuk memilih jenis kayu yang kuat dan kokoh.
  • Tingkat kekerasan kayu cukup tinggi. Tingkat kekerasan kayu ini pada umumnya tergantung dari jenis kayu dan kepadatan kayu itu.
  • Tahan terhadap guncangan. Hal ini dikarenakan sebagai pencegahan gempa atau getaran secara tiba – tiba jadi disarankan menggunakan kayu yang memiliki daya redam yang baik terhadap guncangan atau getaran tersebut.
  • Berat kay harus sesuai. Kayu yang baik adalah kayu yang memiliki kepadatan yang tinggi. Karena hal tersebut kayu memiliki bobot yang cukup berat. Akan tetapi diantara semua jenis kayu yang kuat pilihlah yang memiliki bobot paling ringan.
  • Mudah dibentuk dan diolah. Hal itu disebabkan karena nantinya kayu akan dipaku, diskrup, digergaji maka diperlukan kayu yang mudah dibentuk dan diolah tersebut.
  • Tidak mudah berubah bentuk. Kayu yang mudah menyusut atau memuai sangat tidak cocok digunakan. hal tersebut dikarenakan kegunaan kayu tersebut sebagai rangka plafon yang mudah terpapar panas matahari dan rembesan air hujan.

Baca juga: Harga Dan Kualitas Kayu Nyatoh / Kayu Nantu

Baca juga: Harga Kayu Kamper Per Kubik Dan Batangan

Perbedaan Kayu Kaso dengan Balok Papan dan Reng

Perbedaan antara kayu kaso, balok papan, dan reng terletak pada karakteristik dan ukuran, fungsi kayu, serta harganya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan ketiga benda tersebut beserta penjelasannya yaitu:

Karakteristik dan Ukuran

Untuk kayu kaso sendiri terbuat dari kayu gergaian atau kayu potongan dengan dimensi ukuran 4×6 cm, 4×8 cm, dan 5×7 cm yang tersebar dipasaran. Dan untuk kayu balok atau biasa disebut dengan balok papan biasanya memiliki bentuk segi empat dengan ukuran yang lebih tebal dibandingkan dengan kayu kaso antara 6 sampai 8 cm dengan lebar kayunya antara 12 samapai 15 cm. Sedangkan untuk kayu reng memiliki bentuk kayu persegi yang paling kecil diantara ketiga kayu ini dengan ukurannya 2×3 cm dan 3×4 cm.



Fungsi Kayu Kaso

Perbedaan ketiga faktor ini terdapat pada fungsinya. Kayu kaso dapat digunakan untuk membuat plafon atau bahan pengecoran, dan untuk balok papan pada umumnya digunakan untuk kuda – kuda atap dan kusen. Sedangkan untuk kayu reng biasanya banyak digunakan untuk dudukan atap maupun genteng.

Harga Kayu

Kayu kaso memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kayu lainnya bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari harga kayu lainnya.

Harga Kayu Kaso

Berikut ini adalah beberapa list harga dari masing – masing ketiga macam kayu kaso tersebut yaitu:

Harga Kayu Kaso Meranti

Kayu jenis ini merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik. Anda dapat membelinya sesuai kebutuhan untuk proses pengecoran atau sebagai dudukan genteng. Pada umumnya kayu yang digunakan sebagai dudukan maupun pengecoran memang harus memiliki kualitas yang bagus seperti kayu jenis ini. Berikut adalah tabel harga dari kayu kaso meranti yaitu: