Plafon Triplek, Cocok Untuk Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga


Plafon Triplek, Cocok Untuk Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga – Material plafon yang dijual di pasaran sekarang ini terbagi dalam berbagai macam jenis. Salah satu jenis plafon yang cukup populer dan banyak digunakan adalah plafon triplek.

Jenis plafon yang satu ini memiliki sifat lentur dan ringan sehingga mudah untuk dibentuk. Selain itu, tampilan dari plafon rumah ini bisa difinishing dengan berbagai macam cat dan warna alami kayu.

Baca juga: Tinggi Plafon Ideal Untuk Rumah Dan Ruko

Mengenal Plafon Triplek

Plafon triplek merupakan salah satu jenis plafon yang dibuat dari bahan kayu triplek dengan ukuran ketebalan yang beragam, mulai dari 3 mm, 4 mm, 5 mm sampai dengan 6 mm.

Plafon ini akan sangat cocok jika di instalasi dengan menggunakan rangka kayu dan kaso. Untuk pemasangan 1 meter persegi biasanya membutuhkan lembaran triplek sekitar 0,347 lembar, paku sekitar 0,220 kg dan juga kaso 5/7 atau 4/6 yang memiliki panjang 4 meter sebanyak 1.5 batang.

Dalam pemasangan plafon, triplek bisa dipasang secara utuh tanpa harus dilakukan pemotongan ataupun dibagi menjadi 4 bagian dengan ukuran 61 x 122 cm.

Baca juga: Harga Pasang Plafon Gypsum Per Meter

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Sama halnya dengan material lainnya, plafon triplek juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan Plafon Triplek

  • Banyak tersedia di toko bangunan
  • Mudah untuk dipasang dan diganti
  • Harga triplek relative murah
  • Memiliki bobot yang ringan

Kekurangan Plafon Triplek

  • Tidak tahan cuaca hujan jika dipakai untuk eksterior
  • Pada plafon mudah rusak, jika terkena air rembesan dari atap yang bocor
  • Terbuat dari bahan yang mudah terbakar

Baca juga: Harga Plafon Gypsum & GRC

Ide Desain Plafon Triplek

  1. Desain Plafon Triplek Minimalis

Ide desain plafon ini dibuat dengan menggunakan bahan triplek polos. Tetapi bahan tersebut sudah difinishing dengan warna netral sesuai dengan warna lantai parket dan dinding. Meskipun sederhana tetapi bisa menciptakan suasana yang hangat dan nyaman di dalam rumah.

  1. Plafon dengan Sentuhan Hangat dan Natural

Supaya ruangan mampu memberikan kesan yang hangat dan nyaman maka plafon bisa dicat dengan warna kayu natural. Tambahkan juga pencahayaan lampu semi kuning yang bisa menciptakan suasana yang semakin intim dan romantis.

Baca juga: Harga Kalsiboard Untuk Plafon Dan Dinding

Baca juga: Harga Plafon PVC Per Dus Dan Lembaran

  1. Desain Plafon yang Mewah dan Elegan

Plafon yang dicat dengan warna terang akan menciptakan kesan yang mewah dan elegan pada rumah. Apalagi jika ditambah dengan furniture mewah, dinding kayu, dan lantai kayu yang bisa membuat suasan semakin luxury. Tambahkan juga lampu gantung modern sebagai dekorasi.

  1. Plafon dengan Kesan Tradisional