Desain Ruang Kantor Minimalis

Desain Ruang Kantor Minimalis – Saat ini masih ada anggapan bahwa desain interior kantor atau ruang kerja harus terlihat formal dan monoton. Desain seperti ini masih bisa dijumpai dengan mudah di kantor-kantor yang ada di Indonesia. Padahal sebenarnya desain interior tidak harus terkesan kaku.

Kehadiran perusahaan besar seperti Apple, Google dan Facebook sukses menggeser hal tersebut. Mungkin Anda pernah melihat seperti apa sentuhan yang diberikan di ruang kerja perusahaan-perusahaan tersebut. Nuansa modern yang kreatif dan berwarna menjadi ciri khasnya. Sehingga membuat para karyawan lebih nyaman selama bekerja.

Desain ruang kerja yang tidak kaku justru bisa meningkatkan produktivitas dan mengubah cara pandang karyawan terhadap kantor. Oleh karenanya beberapa perusahaan di Indonesia juga mulai mengikuti langkah serupa dengan menghadirkan suasana interior kantor yang nyaman dan bahkan menyenangkan.

Tidak sulit untuk menghadirkan konsep minimalis di interior ruang kerja. Anda bisa memanfaatkan warna identik dengan kesan sederhana dan memberikan perabotan atau furnitur yang juga mengusung konsep modern minimalis. Sebagai referensi berikut adalah inspirasi desain interior ruang kerja yang bisa Anda lihat.

Baca juga: Desain Ruko Modern Minimalis

Inspirasi Desain Interior Kantor Minimalis

Ruang Kerja dengan Sentuhan Warna Cerah

Anda bisa memanfaatkan warna cerah di interior kantor. Warna-warna cerah tergolong mudah untuk dikombinasikan dengan warna-warna lainnya. Tidak hanya itu, warna cerah juga membuat ruangan terkesan lapang.

Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan logo atau bisnis Anda. Anda bisa mempelajari psikologi warna untuk memilih warna yang tepat.Selain di dinding, warna cerah juga bisa diaplikasikan pada perabotan.

Ruang Kerja dengan Cermin Besar

Menambahkan cermin berukuran besar di ruang kerja bukanlah sesuatu yang salah. Cermin bisa dibuat menempel di dinding. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai penyekat antara ruangan satu dengan lainnya. Hadirnya cermin bisa membuat ruangan terkesan lebih luas.

Kaca yang menempel di salah satu dinding ruangan juga bisa berfungsi sebagai pengganti papan tulis. Anda bisa memanfaatkannya untuk menunjang kegiatan presentasi atau rapat.

Ruang Kerja dengan Dekorasi Sederhana

Dekorasi menjadi salah satu unsur yang cukup penting di dalam ruang kerja. Sebab kehadirannya bisa memperindah tampilan interior kantor. Tidak perlu menambahkan dekorasi yang mahal. Anda bisa menambahkan poster kanvas dengan kata-kata motivasi atau hiasan dinding.

Atau Anda juga bisa menambahkan tanaman hias plastik yang menempel di salah satu dinding ruang kerja untuk memberikan kesan menyatu dengan alam pada kantor.

Ruang Kantor dengan Pencahayaan yang Memadai

Pencahayaan adalah hal yang penting dalam ruang kantor. Maka dari itu Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami. Caranya dengan memanfaatkan kaca yang dipasang di dalam ruangan. Serta memperhatikan penempatan dan pemilihan jendela sehingga cahaya bisa masuk dengan maksimal di dalam ruangan.

Penggunaan cermin ini nantinya akan memantulkan cahaya sehingga ruangan akan terlihat lebih terang, sekaligus lapang. Cahaya yang memadai tentu saja dapat meningkatkan produktivitas dan meminimalisir kemungkinan karyawan cepat lelah.

Anda juga bisa menambahkan lampu gantung dengan desain sederhana dan sesuai dengan konsep interior kantor. Lampu gantung yang menempel di langit-langit tidak hanya terlihat menarik namun juga tidak mengganggu pekerjaan di dalam ruangan.

Ruang Kerja yang Nyaman

Di samping desain interior yang menarik, suasana ruang kerja juga harus nyaman bagi para pekerja. Misalnya dengan mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dan juga panas. Selain itu pastikan sirkulasi udara dapat berlangsung dengan lancar.

Jangan lupa untuk memanfaatkan jendela sisi ruang sebaik-baiknya. Jendela ini bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan membuat suasana hati pekerja lebih baik. Sebagai tambahan Anda bisa memberikan pewangi ruangan dengan aromaterapi dan menambahkan tanaman hidup agar suasana di ruang kerja lebih nyaman.

Ruang Kerja dengan Tambahan Storage

Di meja kerja Anda bisa menambahkan beberapa storage. Sehingga meja terlihat lebih rapi dan tertata. Berkas-berkas atau dokumen penting Anda juga akan tersimpan dengan baik sehingga tidak sulit untuk mencarinya lagi di kemudian hari.

Ruang Kerja Serba Putih

Ruang kantor berwarna putih tidak selalu terlihat kaku dan monoton. Justru ruang kerja bisa terlihat menarik dengan memanfaatkan dominasi warna putih. Sebagai dekorasi Anda bisa meletakkan tanaman hijau di atas meja atau sudut rak kantor. Anda juga bisa meletakkan hiasan dinding dengan warna yang senada agar kesan minimalis tetap terjaga.

Ruang Kerja ‘Open Space’

Ruang kerja berkonsep open space dengan sentuhan tema industrialis juga tak kalah menarik untuk dilirik. Untuk memperkuat kesan industrial Anda bisa memanfaatkan tekstur mentah. Misalnya dengan menggunakan dinding bata terbuka, ruang kantor di dalam kontainer dan permainan material baja di beberapa bagian. Sumber pencahayaan juga tak boleh dilupakan agar suasana kerja tetap nyaman.

Ruang Kerja di Bawah Tangga

Jika Anda ingin menghadirkan ruang kerja di rumah, Anda bisa saja memanfaatkan area bawah tangga. Yang perlu dicermati adalah pemilihan furnitur dan dekorasi. Letakkan rak dinding sebagai pemanis dan juga tempat untuk menyimpan dokumen maupun peralatan kerja Anda. Peletakan lampu juga perlu diperhatikan supaya kegiatan kerja Anda lebih nyaman.

Interior Kantor yang Dibagi Menjadi Beberapa Ruang Kerja

Anda bisa membagi ruang kerja menjadi beberapa bagian. Selain itu Anda juga bisa memfungsikan masing-masing ruangan tersebut untuk beberapa keperluan. Misalnya untuk dokumen, fotokopi atau penyimpanan alat-alat kantor.

Anda juga bisa memanfaatkan area-area yang kosong, seperti bawah tangga untuk menempatkan lemari penyimpanan atau bahkan meja kerja. Tambahkan dekorasi yang menarik agar suasana ruangan tetap menarik dan indah.

Baca juga: Desain Ruang Makan

Tips Mendesain Ruang Kerja

Ada beberapa tips ketika Anda ingin mendesain ruang kerja. Tips-tips berikut akan memudahkan Anda untuk mendapatkan ruang kerja dengan tampilan  yang menarik dan nyaman.

Perhatikan Suasana yang Ingin Dicapai

Ketika ingin merenovasi ruang kantor, jangan lupa untuk memperhatikan apa yang sudah ada dan suasana seperti apa yang ingin Anda hadirkan pada ruang kerja. Anda bisa memanfaatkan warna monokromatik dengan furnitur geometris dalam mendesain ruang kerja Anda.

Di samping itu usahakan untuk tidak meletakkan perabotan secara berlebihan agar memudahkan penggunaan dan aliran ruang. Selain itu hindari pula meletakkan perabotan yang berat.

Konsisten

Jika Anda sudah menentukan konsep yang ingin diusung, maka Anda perlu konsisten dengan hal itu. Misalnya jika ingin menerapkan konsep minimalis, maka Anda tidak perlu meja kantor yang besar dan satu set sofa besar.

Pilih furnitur yang juga minimalis namun tetap memberikan kesan elegan. Konsep minimalis ini sangat cocok untuk beragam model bisnis.

Elemen Dekoratif

Jangan lupa untuk menyelaraskan dengan selera dan jenis model bisnis perusahaan. Contohnya untuk perusahan yang bergerak di bisnis alat tulis atau kertas bisa memilih suasana biru dan warna putih atau warna-warna pastel.