Cara Menghitung Ketinggian Atap Rumah


Sedangkan untuk kemiringan atap sendiri terdapat berbagai macam pilihan sesuai dengan material penutup atapnya. Pada penggunaan atap genteng keramik atau beton memiliki kemiringan harus agak curam dibandingkan dengan atap yang menggunakan bahan metal. Hal tersebut merupakan langkah pencegahan terjadinya kebocoran yang mungkin terjadi pada sambungan antar bahan penutup tersebut.

Untuk atap yang diaplikasikan pada penggunaan lapangan memiliki kemiringan antara 25 – 40 derajat. Akan tetapi kemiringan yang sering digunakan adalah 30 derajat. Sebelum menentukan kemiringan yang sesuai dengan keinginan, memerlukan langkah awal seperti menentukan tinggi dari kuda – kuda yang digunakan. Hal itu yang menjadi penyebab kendala utama bagi para tukang terlebih pada pekerjaan yang tidak menyediakan gambar kerja.



Dalam mengatasi masalah tersebut, berikut ini adalah salah satu contoh cara yang mudah dalam menentukan tinggi dari kuda – kuda dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Tinggi kuda kuda = ½ (panjang bentang) x Tangent (sudut kemiringan atap)

Contoh Soal

Diketahui panjang bentang atap rumah minimalis berukuran 8 meter dan memiliki sudut kemiringan 40 derajat. Maka tinggi dari kuda – kuda untuk rumah tersebut adalah:

Tinggi kuda – kuda atap = ½ panjang bentang X tan 40 derajat

Tinggi kuda – kuda atap = (8 / 2) X 0,84



Tinggi kuda – kuda atap = 4 X 0,58

Tinggi kuda kuda = 3,36 m

Dimana sesuai dengan rumus yang dicantumkan untuk tinggi dari kuda – kuda atap rumah minimalis tersebut adalah 3,36 meter. Untuk angka 0,84 sendiri merupakan hasil pembulatan dari tan(40). Agar gambang diingat rumus dari tinggi kuda – kuda atap dapat diganti dengan setengah panjang bentang atap dikali dengan tan sudutnya. Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah sudut tan yang dapat berubah – ubah sesuai dengan penutup atap yang digunakan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: Upah Pasang Rangka Atap Baja Ringan



Baca juga: Harga Cat Genteng / Atap Ukuran 5-20 Kg

Demikian artikel ini yang membahas mengenai atap, mulai dari penjelasan atap tersebut, bagian – bagian atam, beberapa bentuk atap, dan juga syarat – syarat dari pembuatan atam. Dan juga diinformasikan mengenai cara perhitungan dalam menentukan tinggi atap tersebut. semoga informasi kali ini dapat membantu anda dalam mengetahui slaah satu bagian konstruksi yaitu atap ini dan bagaimana cara menentukan tinggi atap dalam proses pembuatan atap tersebut.