Harga Cat Genteng / Atap Ukuran 5-20 Kg


Cat Genteng – Salah satu bagian komponen dalam membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya yaitu cat atap rumah, cat menjadi bagian yang paling penting terutama dalam menentukan keindahan eksterior dari rumah tersebut.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merek cat khusus untuk atap rumah atau bangunan yang ada dipasaran. Anda cukup datang ke toko bangunan terdekat maka langsung ditawarkan berbagai jenis dengan mutu berbeda-beda.



Bahkan jika anda ingin harga yang lebih miring atau murah kini sudah ada versi KW dari merek cat tersebut namun sudah dipastikan secara kualitas sudah pasti jauh berbeda.

Tentunya setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga untuk membelinya anda harus benar-benar teliti serta waspada. Berbicara mengenai harga cat genteng rumah ada beberapa faktor yang menentukan mulai dari kualitas dan lain sebagainya, selain itu macam jenis dan juga warna ikut berperan dalam perbedaan dari cat tersebut.

Untuk jenisnya sendiri juga bisa disesuaikan apakah cat tersebut khusus untuk genteng atau atap beton, biasanya cat untuk beton atau semen bersifat waterprof atau tahan air sehingga tidak mudah berjamur dan tahan terhadap segala cuaca.

Sementara itu untuk cat genteng metal, seng, zincalum dan spandek biasanya lebih bersifat anti karat serta mampu menyerap panas dengan lebih baik.



Baca juga: Macam Macam Cat Genteng Dan Harganya

Fungsi Cat Genteng

Sebelum mengetahui harga cat genteng, yang juga cukup penting untuk diketahui adalah kegunaan dari cat genteng itu sendiri. Kenapa genteng harus dicat?

Cat genteng digunakan tidak semata-mata untuk mempercantik tampilan genteng saja. Cat tersebut diformulasikan secara khusus agar bisa menjadi pelapis genteng yang membuat genteng lebih tahan lama atau awet.

Cat untuk genteng memiliki kandungan yang bisa melindungi genteng rumah dari berbagai masalah. Mulai dari perubahan cuaca, cuaca ekstrem, panas, air hujan, hingga jamur. Di samping itu cat genteng juga berfungsi sebagai estetika. Artinya cat ini bisa menambah kecantikan genteng rumah agar tidak terlihat monoton.

Jenis Cat Genteng

Setelah mengetahui kegunaan cat genteng, berikutnya kita bahas apa saja macam-macam cat ini. Di pasaran memang tersedia beberapa jenis cat genteng yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda perlu mengenalinya sehingga nanti tidak sampai salah beli.



Alkyd Synthetic

Jenis cat pertama yang bisa dibeli adalah alkyd synthetic. Kelebihan dari cat genteng jenis ini adalah formula khususnya yang bisa membuat genteng tahan terhadap cuaca maupun jamur. Ciri-ciri dari cat genteng ini terlihat pada hasil akhirnya yang glossy atau mengkilap. Cat jenis ini cocok dipakai untuk atap rumah dari beton atau tanah liat.

Acrylic Resin

Cat selanjutnya ini terbuat dari resin akrilik. Cat ini diklaim bisa membuat genteng awet saat musim hujan sekali pun. Cat ini dapat digunakan untuk beberapa jenis genteng. Seperti asbes, beton, tanah lain. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk besi.

Styrene Acrylic

Cat jenis ini mempunyai kelebihan dapat melindungi atap rumah dari cuaca ekstrem. Di samping itu cat ini juga bisa melindungi genteng dari lumut maupun jamur. Cat dengan kandungan styrene acrylic ini cocok digunakan pada atap asbes ataupun beton.

Zinc Chromate Primer

Berbeda dengan jenis-jenis di atas, cat ini dibuat khusus untuk genteng berbahan metal saja. Cat ini memiliki kandungan logam yang bisa membuat genteng tersebut lebih tahan lama. Tidak hanya itu, cat ini juga bisa membuat genteng metal bebas dari korosi atau karat.



Cat Pernis Thinner

Cat ini dibuat dari thinner atau juga bisa disebut solvent base. Cat ini mempunyai ciri khas pada hasil akhir yang terlihat glossy dan tampak lebih tebal dari cat genteng lainnya.