Harga Cat Genteng / Atap Ukuran 5-20 Kg

Cat Genteng – Salah satu bagian komponen dalam membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya yaitu cat atap rumah, cat menjadi bagian yang paling penting terutama dalam menentukan keindahan eksterior dari rumah tersebut.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merek cat khusus untuk atap rumah atau bangunan yang ada dipasaran. Anda cukup datang ke toko bangunan terdekat maka langsung ditawarkan berbagai jenis dengan mutu berbeda-beda.

Bahkan jika anda ingin harga yang lebih miring atau murah kini sudah ada versi KW dari merek cat tersebut namun sudah dipastikan secara kualitas sudah pasti jauh berbeda.

Tentunya setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga untuk membelinya anda harus benar-benar teliti serta waspada. Berbicara mengenai harga cat genteng rumah ada beberapa faktor yang menentukan mulai dari kualitas dan lain sebagainya, selain itu macam jenis dan juga warna ikut berperan dalam perbedaan dari cat tersebut.

Untuk jenisnya sendiri juga bisa disesuaikan apakah cat tersebut khusus untuk genteng atau atap beton, biasanya cat untuk beton atau semen bersifat waterprof atau tahan air sehingga tidak mudah berjamur dan tahan terhadap segala cuaca.

Sementara itu untuk cat genteng metal, seng, zincalum dan spandek biasanya lebih bersifat anti karat serta mampu menyerap panas dengan lebih baik.

Baca juga: Macam Macam Cat Genteng Dan Harganya

Fungsi Cat Genteng

Sebelum mengetahui harga cat genteng, yang juga cukup penting untuk diketahui adalah kegunaan dari cat genteng itu sendiri. Kenapa genteng harus dicat?

Cat genteng digunakan tidak semata-mata untuk mempercantik tampilan genteng saja. Cat tersebut diformulasikan secara khusus agar bisa menjadi pelapis genteng yang membuat genteng lebih tahan lama atau awet.

Cat untuk genteng memiliki kandungan yang bisa melindungi genteng rumah dari berbagai masalah. Mulai dari perubahan cuaca, cuaca ekstrem, panas, air hujan, hingga jamur. Di samping itu cat genteng juga berfungsi sebagai estetika. Artinya cat ini bisa menambah kecantikan genteng rumah agar tidak terlihat monoton.

Jenis Cat Genteng

Setelah mengetahui kegunaan cat genteng, berikutnya kita bahas apa saja macam-macam cat ini. Di pasaran memang tersedia beberapa jenis cat genteng yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda perlu mengenalinya sehingga nanti tidak sampai salah beli.

Alkyd Synthetic

Jenis cat pertama yang bisa dibeli adalah alkyd synthetic. Kelebihan dari cat genteng jenis ini adalah formula khususnya yang bisa membuat genteng tahan terhadap cuaca maupun jamur. Ciri-ciri dari cat genteng ini terlihat pada hasil akhirnya yang glossy atau mengkilap. Cat jenis ini cocok dipakai untuk atap rumah dari beton atau tanah liat.

Acrylic Resin

Cat selanjutnya ini terbuat dari resin akrilik. Cat ini diklaim bisa membuat genteng awet saat musim hujan sekali pun. Cat ini dapat digunakan untuk beberapa jenis genteng. Seperti asbes, beton, tanah lain. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk besi.

Styrene Acrylic

Cat jenis ini mempunyai kelebihan dapat melindungi atap rumah dari cuaca ekstrem. Di samping itu cat ini juga bisa melindungi genteng dari lumut maupun jamur. Cat dengan kandungan styrene acrylic ini cocok digunakan pada atap asbes ataupun beton.

Zinc Chromate Primer

Berbeda dengan jenis-jenis di atas, cat ini dibuat khusus untuk genteng berbahan metal saja. Cat ini memiliki kandungan logam yang bisa membuat genteng tersebut lebih tahan lama. Tidak hanya itu, cat ini juga bisa membuat genteng metal bebas dari korosi atau karat.

Cat Pernis Thinner

Cat ini dibuat dari thinner atau juga bisa disebut solvent base. Cat ini mempunyai ciri khas pada hasil akhir yang terlihat glossy dan tampak lebih tebal dari cat genteng lainnya.

Tidak hanya itu saja, cat pernis thinner ini juga mempunyai daya tahan yang baik terhadap cuaca panas. Bahkan cat ini dapat menangkal sinar matahari agar tidak masuk ke interior rumah.

Cat Genteng Waterproof

Sesuai dengan namanya, cat ini dibuat sedemikian rupa sehingga tahan terhadap air. Maka dari itu cat waterproof bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin rumah bebas bocor, terutama di saat musim hujan.

Menariknya lagi cat waterproof ini bisa dipakai pada berbagai jenis genteng. Mulai dari genteng tanah liat, kayu, beton, asbes, bahkan seng.

Ciri-Ciri Cat Genteng yang Berkualitas

Ada banyak merek cat genteng yang beredar di toko material bangunan di seluruh penjuru Nusantara. Yang menjadi pertanyaan bagaimana mengetahui cat genteng yang akan kita pilih benar-benar berkualitas. Mengenai hal tersebut kita bisa mengamatinya dari beberapa ciri-ciri. Berikut adalah beberapa hal yang menandakan sebuah cat genteng berkualitas:

  1. Mempunyai daya lekat yang baik.
  2. Cepat kering saat digunakan pada genteng.
  3. Mempunyai daya lapis atau tutup yang bagus.
  4. Tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem.
  5. Tahan air atau waterproof.
  6. Anti jamur.

Anda bisa memperhatikan keunggulan yang ditawarkan masing-masing produk Dan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Jika merasa kurang yakin Anda bisa bertanya-tanya kepada kerabat atau orang yang berkompeten di bidang pembangunan untuk meminta masukan mana produk cat genteng yang bagus.

Atau Anda bisa melihat review dari Youtube atau platform lainnya untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh terkait produk yang ingin Anda beli.

Rekomendasi Cat Genteng

Jika masih saja belum mendapat gambaran, kami memiliki beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Silakan simak beberapa produk pilihan berikut.

Dulux Weathershield Roof Paint

Siapa yang tak kenal Dulux. Merek yang gencar iklan di televisi dan media lainnya ini memang bukan sembarang merek. Dulux dikenal menawarkan produk cat yang berkualitas. Mulai dari cat tembok, hingga cat genteng. Dulux Weathershield Roof Paint hanyalah salah satu dari sekian jajaran produk kebanggaan Dulux.

Sesuai dengan namanya, cat ini menawarkan perlindungan ekstra pada atap rumah terhadap perubahan cuaca. Baik panas, dingin, atau bahkan cuaca yang ekstrem. Di samping itu cat ini juga waterproof, anti jamur, dan bisa melindungi atap dari udara lembap.

Jotun Jotaroof

Selain Dulux Jotun juga bisa dibilang populer di Indonesia. Cat ini juga menawarkan perlindungan lebih terhadap sinar matahari, air hujan, udara lembap, maupun jamur. Berkat formula khusus Jotun Jotaroof bisa melindungi genteng rumah agar risiko bocor atau air merembes dapat dihindari.

Nippon Paint Matex

Nippon juga merupakan merek ternama yang sudah memasarkan produknya di Indonesia cukup lama. Salah satu produk andalannya adalah Nippon Paint Matex. Cat ini memiliki kandungan Synthetic Emulsion Latex yang membuat cat bisa melindungi atap rumah dari perubahan cuaca.

Selain itu cat ini juga membuat genteng tahan terhadap air hujan, sinar matahari, maupun udara yang lembap. Sehingga atap rumah bisa lebih awet dan tahan lama.

Daftar Harga Cat Atap / Genteng

Merk Cat Berat Harga
Dulux –  Weathershield Roof Paint 2.5 liter 169.000,-
NoDrop 1 kg 46.200,-
Nippon Paint Matex – Cat Genteng 1 liter 47.500,-
Jotun – Jotaroof 2.5 liter 149.000,-
Mowilex – Roofpaint 2.5 liter 167.000,-
Sika – Raintite 1 kg 53.500,-
Avian Paint – Avitex Roof 4 kg 119.500,-
Merk Cat Berat Harga (Rp)
Avian Paint – Avitex Roof 4 kg 123.000
Avitex Roof 2,5 liter 220.500
Cat Atap Disnilux 2,5 liter 129.000
Cat Genteng Belazo 2,5 liter 166.000
Cat Genteng Express 1 kg 42.000
Disnilux Roof Paint 2,5 liter 120.000
Dulux  Weathershield Roof 2.5 liter 170.000
DTamitex Genteng 2,5 liter 160.000
Envi Roof 1 kg 46.000
Fuji Genteng 2,5 liter 189.500
Jotun – Jotaroof 2.5 liter 150.000
Mowilex – Roofpaint 2.5 liter 168.000
Nippon Paint Matex – Cat Genteng 1 liter 47.500
Nippon Matex Gold 2,5 liter 215.500
Nippon Roof Coating SB 2,5 liter 250.000
Nippon Weatherbod 2,5 liter 223.500
NoDrop 1 kg 46.200
Propan Glasskote Waterbase 2,5 liter 198.500
Sika – Raintite 1 kg 53.500
Yoko Roof 4kg 105.500

Cat Genteng Untuk Seng Galvalum Dan Spandek

Merk Berat. Harga (Rp)
Atalac Pro Primer Grey/Red Oxide 1 Kg 62.500
Atalac Marine Finish Std Colour 1 Kg 91.500
Atalac Marine PrimerGrey/Red Oxide 1 Kg 72.500
Alkyd Primer Grey/Red Oxide 1 Kg 72.500
FINISH: Top Guardian 80 Std Colour 1 Kg/Set 205.500
Metal Primer Coat Grey/Red Oxide 1 Kg 62.500
PRIMER: Atamine Mastic Grey 1 Kg 145.500

Selain dari fungsinya sebaiknya jika anda ingin membeli cat rumah pilihlah warna yang sesuai dengan eksterior rumah anda agar tetap indah jika dilihat. Selain itu untuk mengurangi pengeluaran yang lebih banyak perkirakan terlebih dulu luas atap yang akan dicat.

Jika hanya memiliki atap kecil lebih baik beli saja ukuran cat yang tanggung, namun jika luas atau panjang sebaiknya beli yang berukuran besar karena lebih efisien.

Tips Membeli Cat Genteng

Ketika Anda melihat langsung ke toko cat Anda akan menjumpai banyak sekali merek yang dapat dibawa pulang. Mungkin Anda akan bingung harus memulai dari yang mana dulu. Berikut beberapa tips memilih cat untuk genteng:

  1. Jika Anda memanfaatkan jasa tukang bangunan, silakan tanyakan pada tukang untuk mendapatkan masukan mengenai cat genteng yang cocok dengan atap rumah Anda.
  2. Anda juga bisa bertanya-tanya ke toko cat atau toko bangunan untuk mendapatkan referensi produk yang bagus. Kunjungi toko-toko terpercaya agar Anda nantinya tidak sampai salah pilih cat.
  3. Amati bahan dasar cat yang ada pada tabel spesifikasi dan bandingkan pula banderol harganya.
  4. Ada harga ada rupa, dan ini juga berlaku pada cat genteng. Maka dari itu jangan terlalu terpaku pada harganya saja, namun juga pada kualitasnya. Mengingat genteng menjadi area yang sering terpapar sinar matahari, hujan, hingga terkena perubahan cuaca yang mendadak.
  5. Anda juga bisa membandingkan harga di toko satu dengan toko lain untuk mendapatkan harga terbaik.