Harga Solder Listrik Yang Bagus (Tekiro, Dekko, Dll)


Harga Solder Listrik Tekiro, Dekko, Dll – Anda yang berkecimpung dalam dunia elektronika tentu sudah tidak asing dengan solder listrik. Alat yang satu ini bisa dibilang sangat familiar di tengah masyarakat, termasuk yang awam tentang listrik dan elektronika sekalipun. Sebab alat ini sering digunakan saat akan memperbaiki barang-barang elektronik yang ada di dalam rumah.

Solder listrik adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menempelkan timah pada papan PCB (Printed Circuit Board) atau rangkaian elektronik lainnya. Hasil soldering ini menjadi salah satu aspek penting dalam realisasi suatu rangkaian elektronika.



Jika diamati lebih dekat soldering ini dipakai untuk menghubungkan antara kaki-kaki komponen-komponen elektronika dengan sirkuit yang terdapat pada PCB. Oleh karenanya dapat diartikan bahwa soldering merupakan proses penyambungan antara komponen elektronika dengan sirkuit. Baik ataupun buruknya soldering yang dilakukan akan mempengaruhi baik-buruknya koneksi antar komponen di dalam sirkuit tersebut.

Baca juga: Mengenal Kode Kawat Las Listrik RB Dan LB

Komponen pada Solder Listrik

Secara singkat solder listrik bekerja dengan memanaskan elemen pemanas yang terdapat di dalam alat tersebut saat terhubung ke listrik. Selanjutnya panas tersebut dialirkan ke mata solder yang biasanya berujung lancip. Lewat komponen tersebut kita bisa melelehkan kawat timah untuk melakukan proses soldering pada sirkuit yang diinginkan.

Agar memahami cara kerja solder listrik, tidak ada salahnya untuk membahas apa saja yang ada pada alat tersebut. Kita awali dari elemen pemanasnya terlebih dahulu.

Elemen Pemanas

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, solder bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas atau juga disebut dengan istilah kalor. Maka dari itu di dalam alat ini Anda bisa menjumpai elemen solder atau elemen pemanas yang menjadi bagian utama. Elemen ini berfungsi sebagai penentu tinggi rendahnya suhu.



Apabila tegangan pada solder listrik besar, maka suhu yang dihasilkan elemen pemanas tersebut juga akan semakin tinggi. Selain itu elemen pemanas tersebut mempunyai daya tertentu yang pemakaiannya dipilih berdasarkan kebutuhannya. Sebagai contoh jika Anda ingin merangkai Integrated Circuit (IC) pada papan PCB, maka cukup menggunakan solder dengan elemen pemanas di bawah 30 watt. Jika lebih dari itu justru berisiko merusak komponen IC.

Mata Solder dan Besi Solder

Besi solder atau tip adalah bagian pada solder listrik yang bertugas mengalirkan panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas. Besi solder yang digunakan harus bersifat konduktor, sehingga harus terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik.