Perencanaan Dan Perhitungan Konstruksi Baja

Endah Wahyuni

Perhitungan Konstruksi Baja Untuk Bangunan – Dalam membangun sebuah konstruksi arsitek dan semua orang yang terlibat di dalam proyek tersebut harus membuat perencanaan yang matang dan benar-benar teliti. Pembangunan sebuah gedung, rumah, dan bangunan lainnya tentu tidak akan lepas dari perhitungan yang sangat detail.

Tujuannya sudah pasti, supaya bangunan tersebut dapat berdiri kokoh sesuai dengan kondisi tanah dan faktor-faktor lainnya. Maka dari itu dalam membuat desain bangunan kita perlu memperhatikan banyak hal. Tak terkecuali pada konstruksi baja. Konstruksi ini juga membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang benar-benar matang. Mengingat bangunan gedung, rumah, atau bangunan jenis lainnya akan dipakai oleh banyak orang dalam waktu yang panjang.

Kita harus mempunyai wawasan yang memadai sehingga bisa membuat konstruksi baja yang kuat, kokoh, dan aman untuk digunakan. Seperti apa perencanaan dan perhitungan konstruksi atau struktur baja? Berikut akan kami jabarkan untuk Anda.

Baca juga: Pengertian BIM Dan Fungsinya

Apa itu Perencanaan Struktur

Perencanaan struktur adalah perpaduan dari ilmu dan seni yang menggabungkan intuisi seorang insinyur berpengalaman ke dalam kelakuan struktur dengan pengetahuan mendalam mengenai prinsip dinamika, statistika, mekanika bahan dan analisis struktur. Sehingga bisa memperoleh struktur yang ekonomis, aman dan sesuai dengan tujuan pembangunannya.

Bagikan: