Harga Spandek Per Meter


Harga Atap Spandek – Ada banyak sekali hal yang bisa diperhatikan saat akan membangun rumah atau merenovasi rumah. Contohnya adalah penentuan bahan bangunan yang akan dipakai, desain yang diinginkan, harga material bangunan di pasaran dan kondisi keuangan dari pemilik rumah. Dari beberapa pertimbangan yang ada, maka bisa diputuskan mana yang terbaik. Seperti yang diketahui bersama, ada banyak jenis material bangunan yang dijumpai di pasaran. Jika Anda sedang ingin merombak atap, Anda bisa mempertimbangkan atap spandek.

Atap spandek merupakan atap yang terbuat dari zincalume. Cara membuatnya plat zincalume yang masih berupa lembaran polos dibentuk dengan memakai mesin tekuk baja ringan. Di toko bangunan ada banyak sekali pilihan atap spandek yang bisa dibeli. Ukuran dan warnanya beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu, di mana atap spandek masih dijual dalam satu warna sesuai dengan warna aslinya, yakni zincalume silver.

Atap spandek memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 0,30 sampai 0,50 mm. Ketebalan atap jenis ini memang tidak setebal atap jenis lainnya yang bisa mencapai 1 mm atau bahkan ada yang mencapai 1 cm. Kendati demikian ketahanan dan kekuatan atap spandek tidak kalah dari jenis lain. Atap jenis ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain ringan, anti pecah, anti patah, tidak mudah keropos, anti rayap, tidak tembus sinar matahari dan tahan lama.

Baca juga: Harga Atap Sirap Terbaru

Namun bukan berarti atap ini tidak memiliki kelemahan. Kekurangan atap spandek adalah suara yang bising. Hal ini dikarenakan atap terbuat dari bahan dasar seng, sehingga tipis dan bisa menimbulkan suara. Di samping itu atap ini juga sedikit panas. Meskipun dapat menahan sinar matahari agar tidak tembus, namun suhu panas bisa menjalar di bawah atap. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memasang glass wool dan aluminium foil. Namun konsekuensinya Anda harus mengeluarkan dana tambahan.

Jenis-Jenis Atap Spandek

Ada banyak jenis atap spandek yang bisa kita jumpai di pasaran, diantaranya:

  1. Atap Spandek Zincalume

Atap Spandek Zincalume

Atap spandek zincalume merupakan sebuah merk dagang yang telah diproduksi oleh Bluescope. Proses produksinya menggunakan teknologi yang canggih sehingga menghasilkan atap spandek berkualitas. Atap spandek zincalume ini dibuat dari campuran 43,5% seng, 55% alumunium, dan sisanya 1,5%.

  1. Atap Spandek Warna

Atap Spandek Warna

Hampir sama dengan zincalume, proses pembuatan atap spandek warna sudah melalui proses coating atau pelapis. Pelapis yang pada umumnya digunakan adalah zat warna. Dengan menggunakan atap spandek warna tidak hanya sebagai pelindung saja tetapi juga dapat meningkatkan nilai estetika.