Harga Spandek Per Meter


Harga Atap Spandek – Ada banyak sekali hal yang bisa diperhatikan saat akan membangun rumah atau merenovasi rumah. Contohnya adalah penentuan bahan bangunan yang akan dipakai, desain yang diinginkan, harga material bangunan di pasaran dan kondisi keuangan dari pemilik rumah. Dari beberapa pertimbangan yang ada, maka bisa diputuskan mana yang terbaik. Seperti yang diketahui bersama, ada banyak jenis material bangunan yang dijumpai di pasaran. Jika Anda sedang ingin merombak atap, Anda bisa mempertimbangkan atap spandek.

Atap spandek merupakan atap yang terbuat dari zincalume. Cara membuatnya plat zincalume yang masih berupa lembaran polos dibentuk dengan memakai mesin tekuk baja ringan. Di toko bangunan ada banyak sekali pilihan atap spandek yang bisa dibeli. Ukuran dan warnanya beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu, di mana atap spandek masih dijual dalam satu warna sesuai dengan warna aslinya, yakni zincalume silver.

Atap spandek memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 0,30 sampai 0,50 mm. Ketebalan atap jenis ini memang tidak setebal atap jenis lainnya yang bisa mencapai 1 mm atau bahkan ada yang mencapai 1 cm. Kendati demikian ketahanan dan kekuatan atap spandek tidak kalah dari jenis lain. Atap jenis ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain ringan, anti pecah, anti patah, tidak mudah keropos, anti rayap, tidak tembus sinar matahari dan tahan lama.

Baca juga: Harga Atap Sirap Terbaru

Namun bukan berarti atap ini tidak memiliki kelemahan. Kekurangan atap spandek adalah suara yang bising. Hal ini dikarenakan atap terbuat dari bahan dasar seng, sehingga tipis dan bisa menimbulkan suara. Di samping itu atap ini juga sedikit panas. Meskipun dapat menahan sinar matahari agar tidak tembus, namun suhu panas bisa menjalar di bawah atap. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memasang glass wool dan aluminium foil. Namun konsekuensinya Anda harus mengeluarkan dana tambahan.

Jenis-Jenis Atap Spandek

Ada banyak jenis atap spandek yang bisa kita jumpai di pasaran, diantaranya:

  1. Atap Spandek Zincalume

Atap Spandek Zincalume

Atap spandek zincalume merupakan sebuah merk dagang yang telah diproduksi oleh Bluescope. Proses produksinya menggunakan teknologi yang canggih sehingga menghasilkan atap spandek berkualitas. Atap spandek zincalume ini dibuat dari campuran 43,5% seng, 55% alumunium, dan sisanya 1,5%.

  1. Atap Spandek Warna

Atap Spandek Warna

Hampir sama dengan zincalume, proses pembuatan atap spandek warna sudah melalui proses coating atau pelapis. Pelapis yang pada umumnya digunakan adalah zat warna. Dengan menggunakan atap spandek warna tidak hanya sebagai pelindung saja tetapi juga dapat meningkatkan nilai estetika.

  1. Atap Spandek Pasir

Atap Spandek Pasir

Bahan dasar yang digunakan  untuk pembuatan atap spandek pasir adalah campuran alumunium dan seng. Pada akhir produksi, dilakukan pelapisan dengan menggunakan pasir. Dengan adanya lapisan pasir memiliki fungsi untuk dapat mengurangi suara yang tidak ditimbulkan oleh gesekan air ke atap saat hujan.

  1. Atap Spandek Lengkung

Atap Spandek Lengkung

Jenis atap spandek ini mempunyai bentuk yang melengkung. Memiliki kemampuan yang sangat kuat dan tahan terhadap karat. Anda bisa menggunakan atap spandek lengkung jika ingin membentuk kanopi pada bangunan.

  1. Atap Spandek Klipok

Atap Spandek Klipok

Atap spandek klipok dibuat dengan menggunakan teknologi profil kunci dan juga sistem pengikat yang akan terpasang di dalamnya. Teknologi inilah yang akan membuat atap spandek menjadi lebih kokoh dan tahan terhadap kebocoran.

  1. Atap Spandek Transparan

Atap Spandek Transparan

Selain menyediakan atap yang terbuat dari bahan alumunium dan seng, produsen atap spandek juga menyediakan atap spandek transparan. Atap spandek ini dibuat dari bahan dasar plastik atau kaca sehingga tampilannya sangat menarik.

  1. Atap Spandek Laminasi

Atap Spandek Laminasi

Atap spandek yang terbuat dari bahan dasar alumunium dan seng ini mempunyai kelebihan karena adanya pelapis. Pelapis atap spandek laminasi adalah menggunakan foil. Pemasangannya pun cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Langkah-Langkah Pemasangan Atap Spandek

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin melakukan pemasangan atap spandek. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan atap spandek yang baik dan benar.

Pemasangan Atap Spandek

  • Mengukur Jarak Tumpuan

Hal pertama kali yang harus anda perhatikan ketika ingin melakukan pemasangan atap spandek adalah mengukur jarak tumpuan. Lakukan pengukuran yang sesuai dan secara teliti.

  • Mendesain Kuda-Kuda Baja Ringan

Dalam deain kuda-kuda ini mempunyai beberapa tinjauan, yaitu kekuatannya dalam menopang beban atap, kemiringan atap (supaya air hujan bisa mengalir dengan lancar) dan juga menentukan ukuran panjang top chord. Usahakan untuk pakai jasa ahli yang sudah berpengalaman dalam pengerjaan konstruksi rangka atap supaya nantinya terhindar dari gagal struktur.

  • Pemasangan Kuda-Kuda

Jika dsain sudah selesai maka pengerjaan untuk pemasangan kuda-kuda sudah bisa mulai dilakukan.

  • Pemasangan Reng Baja Ringan

Pemasangan reng tergantung dari jenis penutup atap yang ingin digunakan. Penting diperhatikan bahwa reng harus sesuai dengan lebar daun dari atap. Jadi jarak antar reng tidak akan selalu sama, tergantung pada jenis penutup yang digunakan.

  • Pemasangan Seng Atau Atap

Pemaangan atap jenis ini sangat mudah sekali untuk dilakukan. Namun meskipun demikian pemasangan harus dilakukan secara rapi supaya nantinya tidak terjadi kebocoran pada saat hujan.

  • Pemasangan Rabung, Nok Pinggir, Flashing, Pemasangan

Pemasangan sangat mudah, tetapi harus dilakukan dengan rapi, kuat, dan juga teliti.

Harga Atap Spandek Terbaru

Jika Anda tertarik untuk memasang atap ini, berikut kami sajikan harga atap spandek murah terbaru per meter:

No Jenis Atap Spandek Lebar Harga
1 Atap Spandek Tebal 0.25 mm 1 m Rp50.000 per meter
2 Atap Spandek Tebal 0.30 mm 1 m Rp60.000 per meter
3 Atap Spandek Tebal 0.35 mm 1 m Rp70.000 per meter
4 Atap Spandek Tebal 0.40 mm 1 m Rp80.000 per meter
5 Atap Spandek Tebal 0.45 mm 1 m Rp95.000 per meter
6 Atap Spandek Tebal 0.50 mm 1 m Rp105.000 per meter
7 Atap Spandek Pasir 0.30 mm 1 m Rp80.000 per meter
8 Atap Spandek Pasir 0.35 mm 1 m Rp90.000 per meter
9 Atap Spandek Pasir 0.40 mm 1 m Rp100.000 per meter
10 Atap Spandek Pasir 0.45 mm 1 m Rp110.000 per meter
11 Atap Spandek Pasir 0.50 mm 1 m Rp115.000 per meter
12 Atap Spandek Warna 0.30 mm 750 mm Rp58.000 per meter
13 Atap Spandek Warna 0.35 mm 750 mm Rp68.000 per meter
14 Atap Spandek Warna 0.40 mm 750 mm Rp78.000 per meter
15 Atap Spandek Warna 0.45 mm 750 mm Rp88.000 per meter
16 Atap Spandek Warna 0.50 mm 750 mm Rp98.000 per meter
17 Atap Spandek Zincalume 0.25 mm 1 m Rp50.000 per meter
18 Atap Spandek Zincalume 0.30 mm 1 m Rp60.000 per meter
19 Atap Spandek Zincalume 0.35 mm 1 m Rp70.000 per meter
20 Atap Spandek Zincalume 0.40 mm 1 m Rp80.000 per meter
21 Atap Spandek Zincalume 0.45 mm 1 m Rp95.000 per meter

Demikian adalah daftar harga atap spandek murah yang bisa Anda jadikan referensi. Harga di tempat Anda bisa saja sedikit berbeda dengan harga di atas. Agar lebih yakin, tidak perlu ragu untuk bertanya kepada penjual.


Loading...