Jenis – Jenis Serta Spesifikasi dan Material Bahan Utama Pipa HDPE

Candra Irawan

Jenis – Jenis Serta Spesifikasi dan Material Bahan Utama Pipa HDPE – HDPE merupakan singkatan dari High Density Polyethylene, dimana pipa ini merupakan produk pipa plastik bertekanan yang pada umumnya dapat digunakan untuk saluran air bersih dengan standar food grade. High Density Polyethylene atau dapat disebut dengan Polietilena berdensitas tinggi yang merupakan salah satu bahan baku dari meterial pembuatan pipa PE atau pipa HDPE ini.

Pipa ini juga sering disebut dengan pipa hitam. Dengan material HDPE yang dibuat dari bahan minyak bumi yang memiliki dua karakteristik yaitu Memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi sehingga tidak mudah rusak dan Ikatan antar molekul material yang terikat sangat kuat satu dengan yang lain sehingga tingkat keretakan sangat rendah. Dimana pipa ini sudah berstandar food grade dengan artian aman untuk peralatan makan dan minum.

Tidak hanya itu pipa ini juga anti karat, dimana masalah tersebut merupakan masalah yang sering dialami oleh pipa – pipa besi. Oleh karena itu pipa ini sangatlah cocok apabila dipasang pada kawasan tropis seperti di Indonesia ini. Hal itu dikarenakan adanya ketahanan terhadap pengaruh lingkungan sehingga membuat pipa ini tidak mudah rusak.

Jenis – Jenis Pipa HDPE

Jenis pipa HDPE ini dapat digolongkan menjadi beberapa varian dan jenis yang sesuai dengan kebutuhannya mulai dari berdasarkan penggunaan, kemasan produk dan bahkan untuk kebutuhan tekanan. Berikut ini adalah beberpaa jenis dari pipa HDPE ini yaitu:

Berdasarkan Penggunaan

– Pembangunan saluran air bersih

– Pembangunan saluran gas bertekanan

– Selongsong atau pelindung kabel

Berdasarkan Kemasan Produk

– Pipa PE Batang

Bagikan:

Tags