Harga Hollow Galvanis Dan Galvalum Per Meter


Harga Hollow Galvanis Dan Galvalum Per Meter – Besi hollow atau yang biasa disebut dengan “besi holo” merupakan salah satu jenis besi berbentuk batangan dan memiliki rongga. Produk ini terkenal akan kualitasnya yang sangat kokoh sehingga penggunaannya sudah mulai menggantikan rangka kayu.



Selain bisa digunakan di area indoor, besi hollow juga bisa digunakan untuk area outoor. Biasanya digunakan dalam pembuatan kanopi carport, pintu pagar, teralis modern pada fasad rumah dan lain sebagainya.

Baca juga: Harga Hollow Aluminium Per Batang

Jika Anda berencana untuk membeli besi hollow, maka kali ini kami akan bagikan daftar harga terbarunya yang bisa Anda jadikan sebagai patokan. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu pembahasan mengenai jenis-jenis dan penggunaan besi hollow berikut ini.

Jenis-Jenis Besi Hollow

Sama halnya dengan material bangunan yang lainnya, besi hollow juga terbagi dalam beberapa jenis. Namun hanya ada dua jenis yang  biasa digunakan dalam konstruksi bangunan, yaitu hollow galvanis dan hollow galvalum. Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai kedua jenis besi hollow tersebut:

  1. Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis merupakan salah satu jenis besi hollow yang memiiki kandungan zinc coating sebesar 97%. Selain zinc coating, dalam besi hollow galvanis ini juga terdapat alumunium 1% dan 2% lainnya adalah bahan-bahan pendukung yang bisa membuat besi hollow menjadi kokoh dan mampu tahan lama.



Namun, beberapa produk tertentu ada yang menggunakan komposisi bahan 98% zinc dan 2% alumunium. Selain memiliki lapisan coating yang sangat kuat, besi ini juga dibentuk melalui proses galvanisasi supaya besi nantinya tidak mudah mengalami karat. Proses galvanisasi pada umumnya dilakukan dengan cara mencelupkan pipa besi ke dalam cairan timah dengan tujuan agar lapisan seng bisa menempel secara sempurna.

Besi hollow galvanis yang beredar di pasaran juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 0,3 cm sampai 0,5 cm. Jenis besi hollow yang satu ini biasa digunakan dalam pembuatan pagar rumah, kanopi, dan hasil bangunan yang lainnya.

Baca juga: Harga Besi Hollow

  1. Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum mempunyai lapisan alumunium yang lebih tinggi daripada hollow ggalvanis.  Adapun kandungan alumunium yang ada di dalamnya adalah sebesar 55% ditambahkan dengan kandungan zinc 45%. Dengan adanya kandungan alumunium yang lebih tinggi maka tak heran jika hollow galvalum tahan terhadap karat sehingga cocok sekali untuk digunakan pada area outdoor.



Namun ada satu hal penting yang harus diperhatikan, besi hollow galvalum akan mudah mengalami keropos jika bersentuhan secara langsung dengan semen. Jadi saat mengaplikasikan besi ini Anda harus lebih teliti dan hati-hati.

Baca juga: Harga Mesin Las Listrik, Mig, Argon Yang Bagus

Penggunaan Besi Hollow pada Bangunan

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan besi hollow pada konstruksi bangunan:

  1. Konstruksi Kanopi Sederhana