Harga Plamir Tembok Per Sak


Harga Plamir Tembok Per Sak – Dalam mendirikan sebuah bangunan ada berbagai tahapan yang harus dilakukan sehingga bangunan tersebut selesai dengan sempurna. Tahap-tahap tersebut dikerjakan dengan teknik tertentu, dan material bangunan yang bisa berbeda-beda. Atas dasar hal tersebut kita perlu mengetahui harga pasaran dari berbagai bahan bangunan yang sering dipakai dalam konstruksi. Salah satunya adalah plamir tembok.

Anda masih asing dengan plamir tembok? Tidak perlu bingung, berikut kami jelaskan terlebih dahulu apa itu plamir, sehingga Anda familiar dengan bahan bangunan ini.

Apa itu Plamir

Perlu diketahui bahwa plamir sebenarnya berasal dari bahasa Belanda, plamur. Sedangkan artinya adalah dempul. Dari arti kata tersebut sudah dapat diketahui bahwa plamir berfungsi untuk menutupi keretakan ataupun meratakan permukaan tembok yang tidak rata. Plamir memiliki harga yang terjangkau dan dapat dikerjakan dengan cepat. Selain itu penggunaan plamir juga dinilai dapat menghemat pemakaian cat tembok.

Dalam penggunaannya plamir diaplikasikan sebelum proses pengecatan. Hanya saja pemakaian plamir tidak disarankan untuk menutupi seluruh permukaan dinding. Cukup bagian tembok yang berlubang, retak, atau tidak rata saja. Di samping itu plamir juga hanya untuk dinding interior saja, bukan untuk dinding eksterior.

Sebelum mengaplikasikan plamir tembok terlebih dahulu dibersihkan. Setelah plamir selesai diaplikasikan Anda perlu menunggunya sampai kering yang memerlukan waktu sekitar satu hari. Setelah itu tembok sudah siap untuk dicat.

Walaupun tidak sedikit orang yang menganggap plamir adalah cat dasar, sebenarnya keduanya berbeda. Pasalnya plamir berfungsi untuk meratakan dinding yang akan dicat. Untuk itu pengaplikasiannya terbatas pada area yang bermasalah atau cacat saja. Lain halnya dengan cat dasar yang diaplikasikan di seluruh dinding sebelum dicat.

Lalu apa bahan dasar dari plamir? Plamir dibuat dari campuran beberapa bahan, seperti campuran lem putih, kalsium, dan beberapa bahan lainnya. Seiring berjalannya waktu plamir dijual dalam versi instan untuk mempermudah para pembeli. Plamir instan bisa langsung digunakan pada tembok, sehingga pengerjaannya menjadi lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, plamir tembok instan diklaim dapat menghindari tembok mengalami retak rambut karena penyusutan. Plamir yang ada di toko-toko bangunan sangat beragam. Hal ini menguntungkan bagi pembeli karena tinggal menyesuaikan dengan dana maupun dengan produk yang diminati.

Baca juga: Merk Dempul Mobil Yang Bagus

Daftar Harga Plamir Tembok

Plamir untuk tembok dijual dalam satuan yang berbeda-beda. Ada yang menjualnya per kilogram, ada juga yang per 3-5 kg. Bahkan juga ada produsen yang menawarkan plamir dalam ukuran 20 kg. Perbedaan berat isi tersebut membuat harga plamir juga berbeda-beda. Agar Anda tidak pusing dan kebingungan, silakan simak daftar harga di bawah ini:

No. Merk Plamir Berat Harga
1 Propan Eco Emulsion Plamir 1 kg Rp 16.000
2 Afatex Plamir 20 kg Rp 300.000
3 Propan Eco Emulsion Plamir 5 kg Rp 55.000
4 Dulux Wall Filler Interior 3,5 kg Rp 88.000
5 Nippon Paint MATEX 1 kg Rp 19.000
6 Nippon Paint MATEX 20 kg Rp 250.000
7 Nippon Paint MATEX 4 kg Rp 57.500
8 Giant Mortar GM-220 20 kg Rp 120.000
9 Giant Mortar GM-220 5 kg Rp 25.000
10 Kuda Terbang Wall Putty 25 kg Rp 239.000
11 Sapporo Wall Putty 5 kg Rp 45.500
12 RJ London Wall Putty 5 kg Rp 64.000
13 Mowilex Alcasmooth 1 kg Rp 48.000
14 Afatex Plamir 4,5 kg Rp 80.000
15 Jaguar 20 kg Rp 68.000
16 Mowilex Alcasmooth 4 kg Rp 92.000
17 Sapporo Wall Putty 1 kg Rp 17.500
18 Jaguar 5 kg Rp 20.000
19 Kuda Terbang Wall Putty 1 kg Rp 16.000
20 Plamir Tembok & Kayu Damex – – Wall Putty 2in1 5 kg Rp 70.000
21 Dempul Tembok Rj Plamir Putty 1 kg Rp 20.000
22 Propan Plamir Tembok 5kg Rp 50.000
23 Plamir Tembok & Kayu Damex 1 kg Rp 20.000
24 Plamir Tembok Catylac Plamur 5 kg Rp 55.000
25 Plamir Tembok Catylac Plamur 20 kg Rp 267.000
26 Mowilex Alcasmooth Galon 3 kg Rp 95.000
27 Plamir Tembok / Manatex / Plamir Manatex 4 kg Rp 29.000
28 Plamir Tembok Dan Kayu Jadi Weber 5 kg Rp 40.000
29 Plamir Plamur Dempul Tembok Boyo Avian Brands 4 kg Rp 50.000
30 Plamir Tembok Instan Weber Plainst 1 kg Rp 40.000
21 Plamir Tembok / Instan Weber Plaints 5 kg Rp 22.000
32 Wall Putty Sapporo 1 kg Rp 15.000
33 Warna Agung Decofill Plamir Tembok 4 kg Rp 45.000

Harga di atas tidak mengikat, sebab harga bisa berbeda di masing-masing daerah. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan. Mulai dari biaya pengiriman, harga material bangunan yang cenderung naik dari waktu ke waktu, hingga penetapan harga dari toko penjual plamir.

Manfaat Plamir Tembok

Di atas sudah disinggung beberapa kegunaan dari plamir tembok. Akan tetapi selain apa yang sudah disebutkan di atas masih ada manfaat lain dari plamir. Berikut kami jelaskan apa saja manfaat plamir tembok yang bisa Anda pelajari.

Menutupi Celah Tembok

Sudah diketahui bahwa plamir bisa berfungsi untuk menutupi pori atau celah yang ada pada tembok bangunan. Di samping itu Anda juga bisa memakainya untuk meratakan plester, beton, atau tembok yang tidak rata atau retak. Dengan begitu permukaan tembok menjadi lebih rata dan halus.

Menutupi Warna Asli Tembok

Saat kita ingin mengecat tembok tanpa plamir, maka warna cat yang digunakan pada tembok nantinya akan terpengaruh oleh warna asli tembok. Sehingga hasil akhir cat nanti tampak kusam. Itulah mengapa kebanyakan orang memanfaatkan plamir untuk menutupi warna asli tembok.

Cat Lebih Awet

Plamir juga mempunyai manfaat lain, yakni untuk memperkuat lapisan finishing pada cat. Dengan begitu cat tembok akan menjadi tahan lama.

Warna Cat Lebih Bagus

Dengan plamir warna cat tembok yang Anda pakai bisa lebih indah dan menarik. Sebab stain atau cat warna yang diaplikasikan pada tembok tidak langsung bersentuhan dengan dinding yang warnanya bisa mempengaruhi cat.

Hasil Akhir Pengecatan Lebih Baik

Plamir bisa berfungsi sebagai dasar untuk stain. Dengan demikian permukaan pada tembok akan terlihat lebih halus dan rata. Akan tetapi Anda harus menyesuaikan warna plamir dengan warna cat tembok. Contohnya jika memilih warna gelap maka pilih plamir berwarna gelap.

Warna Cat Lebih Seragam

Tantangan dalam mengaplikasikan cat adalah warna yang tidak konsisten. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti teknik pengecatan atau kondisi tembok itu sendiri. Untuk mengatasinya kita bisa memakai plamir agar hasil akhir pengecatan lebih seragam.

Baca juga: Daftar Harga Cat Tembok

Cara Mengaplikasikan Plamir Tembok Yang Benar

Berikutnya kita bahas bagaimana teknik penggunaan plamir tembok. Kita harus memahami cara penggunaannya agar tidak salah dalam mengaplikasikannya nanti. Sehingga tidak terjadi cat tembok mengelupas atau retak di kemudian hari.

Membersihkan Tembok

Tahap pertama dimulai dengan membersihkan permukaan dinding terlebih dahulu. Sebab dinding yang kotor akan membuat plamir tidak dapat melekat dengan sempurna. Membersihkan dinding ini juga termasuk mengupas cat lama yang masih menempel pada tembok.

Menyiapkan Bahan Plamir

Tahap berikutnya adalah menyiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk plamir. Supaya kualitas plamir nantinya lebih baik, Anda bisa memanfaatkan plamir instan. Akan tetapi jika ingin membuat plamir tembok sendiri maka Anda harus menyiapkan beberapa bahan dan mengolahnya sendiri. Berikut bahan dan teknik yang dapat Anda pakai:

  1. 1,5 kg pengeras semen yang dicampur dengan 20 liter air.
  2. Kedua bahan tersebut diaduk dengan hati-hati agar dapat tercampur dengan merata.
  3. Tambahkan 1 kg semen putih, 1 kg lem, dan 2 kg kalsium.
  4. Aduk sampai merata.

Mengaplikasikan Plamir

Selanjutnya adalah mengaplikasikan plamir ke tembok. Untuk melakukannya siapkan wadah khusus yang dipakai untuk tepat plamir. Oleskan plamir ke permukaan tembok dengan alat khusus. Ingat, saat mengoleskan plamir gunakan pola dari atas ke bawah agar hasil akhir lebih rata dan halus. Selain itu pastikan pori-pori tembok tertutup dengan baik.

Proses Pengeringan

Jika tahap di atas sudah selesai, maka langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membiarkan plamir mengering dengan sempurna. Anda dapat membiarkan tembok selama 24 jam. Tidak perlu melakukan apapun dalam proses ini.

Amplas Dinding

Disarankan untuk mengamplas dinding setelah plamir kering dengan sempurna dan sebelum melakukan pengecatan. Untuk melakukan pengamplasan gunakan kertas amplas bertekstur halus dan gosok secara perlahan. Sehingga lapisan plamir tidak rusak ataupun terkelupas.

Cermati Hasil Akhir

Yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memperhatikan hasil akhirnya. Lihat dinding dan pastikan bahwa permukaan dinding halus dan tidak ada bagian yang bertekstur. Apabila Anda menjumpai salah satu bagian yang masih bertekstur maka Anda dapat mengulangi proses plamir di atas agar hasilnya lebih maksimal.


Loading...