Harga Kayu Usuk Berbagai Jenis Dan Ukuran


Harga Kayu Usuk, Jenis Dan Ukuran – Kayu masih menjadi primadona di dunia konstruksi. Walaupun berbagai material pengganti sudah hadir di pasaran akan tetapi eksistensi kayu masih bertahan sampai saat ini. Bukan tanpa sebab, materialnya mempunyai karakteristik khas yang sulit untuk ditiru material lainnya.

Di samping itu ada beberapa faktor lain yang juga ikut mempengaruhi keberadaan kayu yang masih langgeng hingga sekarang. Seperti harganya, kemudahan untuk didapat, multi fungsi, dan lain sebagainya.

Saat ini ada banyak sekali jenis kayu yang bisa kita dapatkan. Salah satu di antaranya adalah kayu usuk. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kayu ini. Kayu usuk adalah dudukan genteng pada atap suatu bangunan rumah.

Kebanyakan rumah zaman sekarang masih menggunakan kayu sebagai usuk. Dan kayu usuk sendiri cukup beragam jenisnya. Ada kayu mahoni, kayu glugu, kayu jati, dan lain sebagainya.

Sekilas Tentang Kayu Usuk

Pada dasarnya kayu usuk merupakan material yang dimanfaatkan untuk memperkuat konstruksi bangunan. Selain itu kayu ini juga sering dipakai untuk tatakan reng. Kayu usuk sampai saat ini masih digunakan oleh banyak orang untuk menahan beban reng dan penutup atap.

Kayu usuk ini juga bertugas meneruskan beban ke gording. Di pasaran kayu ini memiliki ukuran 5×7 cm. Sedangkan panjangnya bisa mencapai 4 meter.

Jika dipakai sebagai dudukan genteng, pemasangannya harus diberikan jarak yang cukup. Umumnya jarak yang digunakan sebagai acuan dalam memasang kayu usuk adalah 50 cm antara satu batang reng dengan batang reng lainnya. Pemasangannya juga harus tegak lurus pada arah gording.

Di pasaran sendiri kita bisa mendapatkan kayu usuk dalam berbagai ukuran. Anda bisa mendapatkannya dalam ukuran per meter, per batang, atau bahkan per ikat. Masing-masing toko biasanya memiliki ketetapan harga yang berbeda-beda. Akan tetapi umumnya selisih harga kayu usuk antara toko satu dengan toko lainnya tidak terpaut terlalu jauh.

Baca juga: Overstek Atap Bangunan

Jenis dan Harga Kayu Usuk

Kayu usuk cukup bervariasi jenisnya. Dan hal ini bisa mempengaruhi harga jualnya, selain ukuran. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami sampaikan beberapa macam kayu usuk yang ada di pasaran beserta harganya.

Harga Kayu Usuk Sengon

Kayu sengon sering dipakai sebagai material bangunan, tak terkecuali sebagai usuk. Kayu ini memiliki karakteristik lunak dan terlihat mudah patah. Hanya saja semakin tua usia kayu ini maka kekuatan kayunya juga akan semakin baik. Sehingga kayu ini bisa dipakai sebagai material bangunan.