Pengertian Pintu Flush Door Dan Harganya


Pengertian Pintu Flush Door Dan Harganya –  Perkembangan dunia konstruksi seperti sekarang ini sudah memberikan banyak pilihan kepada konsumen untuk memilih material yang tepat termasuk pintu rumah.

Banyak sekali jenis pintu yang bisa dipilih, yaitu pintu kayu solid, pintu kayu solid engineering atau pintu kayu hollow atau flush door. Jenis-jenis pintu tersebut dibuat dengan material dengan proses pembuatan yang berbeda. Sehingga masing-masing memiliki perbedaan tersendiri.

Maka dari itu, bagi Anda yang bingung memilih maka kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan antara pintu flush door dan pintu kayu solid engineering yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Namun sebelum itu, mari simak lebih dahulu ulasan mengenai pintu flush door berikut ini.

Baca juga: Harga Handle Pintu Kupu Tarung, 2 Daun, Dll

Pengertian Pintu Hollow (Flush Door)

Pintu hollow atau yang biasa disebut dengan flush door merupakan salah satu jenis pintu kayu yang bagian dalamnya kosong (sebenarnya tidak selalu kosong karena terkadang disi oleh kertas honeycomb maupun gabus). Pintu ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1900-an, dimana pada waktu itu pintu flush door dibuat dari pintu kayu yang terdiri dari susunan kayu lunak dan dibagian pinggirnya ditambahkan dengan frame kayu solid yang lebih keras. Lalu ditutup dengan menggunakan veener atau plywood.

Seiring berjalannya waktu, bagian dalam flush door sudah diganti dengan material MDF dan partikel board. Meskipun bisa diandalkan dan stabil, namun untuk masalah kualitas masih kurang bagus dan tidak tahan terhadap kelembaban. Sehingga hal ini membuat industri pintur beralih pada laminasi dengan tekanan tinggi untuk dijadikan sebagai alternatif dari permukaan venner kayu yang tipis.

Laminasi memberikan warna secara konsisten pada seluruh bagian permukaan yang nampak lebih bersih dan terdiri dari berbagai macam motif. Meski demikian, laminasi terlihat mirip dengan plastik dan mudah mengelupas. Akhirnya pintu flush door yang terbaru sudah memiliki bagian isi (core) dari material yang lebih solid, mampu menghasilkan transmisi suara yang tidak terlalu banyak dan mampu meningkatkan sifat mekanik ataupun fisik secara menyeluruh.

Material ini juga ramah lingkungan dan tidak membutuhkan biaya tambahan dalam konstruksi pintu. Bahkan pintu ini menawarkan tampilan yang tampak menarik dengan berbagai macam bahan pelapis.

Baca juga: Jenis Pintu Enginering Dan Pintu Kayu Solid

Biaya Instalasi Pintu Flush Door Sangat Murah

Berbeda dengan sistem pintu pada umumnya, pintu flush door telah disetting dan siap dipasang secara langsung. Bahkan juga ada pintu hollow yang dilengkapi dengan optimas sehingga tidak perlu dilakukan pengecatan ataupun pelapisan lagi. Diamping itu, perkembangan pintu hollow telah memasuki ready to instal yang dimana untuk semua lubang kunci dan selot sudah diproses di pabrik.