Harga, Jenis Dan Ukuran Rel Laci


Jenis Rel Laci Dan Harganya – Kita bisa menjumpai begitu banyak jenis furnitur di pasaran. Masing-masing perabotan rumah tangga mempunyai peran tersendiri untuk menunjang aktivitas kita selama ada di dalam rumah. Salah satunya adalah laci.

Laci menjadi salah satu furnitur yang paling sering kita jumpai. Fungsinya adalah untuk menyimpan barang-barang penggunanya. Mulai pakaian, peralatan makeup, peralatan makan, dan lain sebagainya. Dengan menyimpannya ke dalam laci rumah akan terlihat lebih rapi. Selain itu peralatan yang kita simpan di dalamnya juga akan terjaga kebersihannya.



Berbicara soal laci, jika Anda amati Anda bisa menjumpai beberapa bagian dari laci. Salah satu yang paling penting adalah rel laci. Salah satu bagian terpenting dari laci ini mempunyai sejarah panjang. Diawali dari bentuknya yang sederhana karena terbuat dari kayu. Awalnya sistem bukaan laci dibuat pas antara lubang laci dengan lacinya.

Kemudian seiring berjalannya waktu rel laci menjadi cukup beragam. Ada rel laci yang memakai ball bearing full extension, standard extension, atau under mount atau juga disebut dengan istilah tandem. Masing-masing jenis ini mempunyai karakteristik tersendiri. Sehingga ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kita pahami jika ingin membelinya.

Baca juga: Furniture Sistem Bongkar Pasang

Jenis dan Harga Rel Laci

Sebelum kami bahas tentang harga rel laci, mari kita bahas apa saja macam rel laci yang bisa kita beli di pasaran. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Rel Laci Kayu

Dari semua jenis yang ada, rel laci ini bisa dibilang menjadi pendahulunya. Di samping itu rel laci ini dibuat tanpa menggunakan material tambahan. Apabila dibuat dengan rapi rel laci kayu akan mempunyai masa pakai yang lama dan kuat. Penggunaan rel laci ini juga bisa membuat furnitur terkesan klasik.



Ada beberapa kelebihan yang dimiliki rel laci kayu. Selain tahan lama rel ini juga tidak akan mengalami karatan ataupun aus. Selain itu penggunaan rel laci kayu juga lebih hemat biaya lantaran tidak membutuhkan peralatan tambahan. Apabila dibuat dengan baik laci dapat ditarik maupun didorong dengan mudah.

Meskipun ada beberapa kelebihan, tetap ada beberapa kekurangan dari laci ini. Tampilannya yang cenderung klasik membuat rel laci kayu terlihat kurang modern. Umumnya rel laci ini mempunyai stopper sehingga tidak dapat dibuka secara penuh atau full extension. Dalam beberapa kondisi Anda membutuhkan pelicin atau wax agar laci bisa dibuka dan ditutup dengan mudah. Kekurangan terakhirnya adalah proses pembuatan yang membutuhkan ketelitian agar nantinya mudah untuk dibuka dan ditutup.

Rel Laci Sliding Model Samping

Jenis rel laci kedua ini populer dan banyak digunakan pada laci. Alasannya adalah harganya yang lebih murah dan ada cukup banyak pilihan yang bisa diambil. Rel sliding ini bisa dibagi lagi menjadi dua macam, yakni ball bearing full extension dan yang memakai bola.



Rel Laci Full Extension Ball Bearing